Rabu, 16 Oktober 2019

Perbedaan kubah masjid diberbagai wilayah justru semakin memperkaya khasanah

perkiraan beda dgn kubah masjid di Kabupaten Waropen meski mempunyai desain yg serupa. Hal itu tdk mengapa karena dipakainya kubah masjid yaitu untuk memperindah bangunan masjid. Perbedaan kubah masjid diberbagai wilayah justru semakin memperkaya khasanah Negara Kita . Kubah masjid yaitu salah satu unsur arsitektur yg selalu dimanfaatkan pada pada umumnya bangunan masjid. Kubah terawal kemungkinan besar yaitu atap pondok primitif, yg diproduksi dari dahan kayu sbg rangka dan dipadatkan dgn selut dan lumpur. Ataupun memanfaatkan batu sbg sangga. Contoh kubah tak jauh beda ini bisa ditemui di dlm kubur Mikene di Yunani dan dlm arsitektur Sisilia di Italia. Kubah-kubah itu sekadar dimanfaatkan untuk bangunan-bangunan yg kecil. Pada Abad Pertengahan pada pemerintahan kerajaan Romawi, singgah kubah telah diciptakan untuk memungkinkan bentuk kubah yg bulat dipasang di atas bangunan berbentuk segi empat. Itu menjadikan pembangunan kubah semakin meluas. Tampilan awal Masjid Madinah simple dan berdasar Prof K Cresswell, dlm Early Muslim Architecture kesempatan itu kubah belum dikenal oleh umat Islam sehingga. Lambat-laun kubah mjd simbol arsitektur Islam paling modern, yg seakan-akan wajib ada pada masjid-masjid aktual di Asia Tenggara. Sekarang Ini kubah masjid bisa kalian saksikan pd atas suatu masjid hampir di semua Indonesia. Kubah masjid ber-arsitektur tak jauh beda separuh bola besar dgn terdapat kerucut yg permukaannya melengkung keluar. Disamping itu juga ada kubah masjid yg berbentuk pring sehingga disebut dgn 'kubah piring'. Kubah masjid yg dinamakan 'kubah piring' karena oleh puncak kubah masjid yg rendah dan dasar yg besar. Disamping itu juga dikenal kubah masjid 'kubah bawang'. Disebut kubah bawang karena desain kubah masjid itu hampir menyerupai wujud bawang.

Sebagaimana kalian jumpai di banyak masjid di kebanyakan dunia bahwa kubah diletakkan di tempat tertinggi di atas bangunan suatu masjid. Kubah masjid diletakkan di atas rangka bangunan petak dgn memanfaatkan singgah kubah (pendentive). Kubah masjid pada umumnya tak jauh beda suatu gerbang yg diputarkan pada rangka penyangganya. Maksudnya kubah masjid mempunyai kekuatan struktur yg besar. Kubah masjid tdk sekadar bisa diproduksi dari batu bata atau beton saja, walau demikian kubah masjid bisa diproduksi dari kuningan atau tembaga. Kubah masjid dari tembaga kini banyak disenangi banyak umum karena mempunyai banyak ketangguhan. Apa saja ketangguhan kubah masjid tembaga ? Kubah masjid tembaga lebih awet karena bebas korosi. Kubah masjid tembaga juga bebas panas, bebas dingin bebas hujan. Kubah masjid tembaga terlihat lebih indah. Kubah masjid tembaga bebas bocor. Kubah masjid tembaga bebas lumut shngg lebih gampang untuk dibersihkan.

Wujud kubah masjid terkadang tak jauh beda di banyak tempat, walau demikian kadang-kadang beda antara satu wilayah dgn wilayah yg lain-lain tergantung budaya setempat, tergantung kemampuan finansial sendiri takmir masjid, tergantung harapan jamaah suatu masjid. Kalian bisa menjumpai desain kubah masjid yg berbeda-beda di kebanyakan dunia. Walaupun Demikian pada umumnya meski beda, secara publik bentuknya tak jauh beda . Tampilan kubah masjid terbilang berbagai karena sesuai dgn budaya dan tempat kalian Muslim berdomisili. Hampir di masing-masing negara berpenduduk Muslim mempunyai masjid berkubah. Seumpamanya kalian kepingin membuat kubah masjid yg beda dgn yg lain-lain, maka AA Gallery kesempatan ini juga siap mjd mitra kalian. Sebagai salah satu komponen arsitektur masjid, sejatinya kubah tdk sekadar menampilkan kemegahan dan estetika belaka. Lebih dari itu, kubah juga mempunyai kemanfaatan sbg penanda arah kiblat dari bagian luar dan menerangi bagian interior masjid.
Pada abad kedua belas M, kubah mjd laiknya lambang arsitektur nasional Mesir dlm struktur kalian Islam. Dari masa ke masa, desain kubah pada masjid juga terus perubahan meramaikan perkembangan teknologi. Kubah mjd ornamen yg identik dgn bangunan masjid atau tempat ibadah umat Islam. Walau Demikian telah mjd hal yg identik dgn masjid, walau demikian bukan artinya kubah mjd aturan mendasar untuk mendirikan sebuah tempat sholat. Nggak sedikit pula masjid-masjid yg tdk memanfaatkan kubah. Sekarang Ini kubah tembaga bisa di pesan kpd suplier logam tembaga laiknya http://www.aagallery.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar