Sabtu, 07 Maret 2020

Ahli Seni Logam Tembaga Melayani Konsumen Kabupaten Seram Bagian Barat

Ahli Seni Logam Tembaga Melayani Konsumen Kabupaten Seram Bagian Barat . Perkampungan Tumang, Boyolali-Jawa Tengah posisinya diapit kaki gunung Merapi & Merbabu yg termahsyur itu. Perkampungan tersebut disebut sebagai sentra bisnis seni tembaga. Estetika tempa kerajinan berbahan logam tembaga telah mendarah daging pada khalayak Tumang, Boyolali-Jawa Tengah. Banyak keluarga Jawa Tengah memilih usaha rumahan kerajinan logam untuk ditawarkan ke banyak konsumen. Skill menempa logam diwarisi secara turun-temurun dari pendahulunya. Banyak yg menceritakan bahwa khalayak Tumang mengawali usaha kerajinannya dengan cuma menghasilkan alat keperluan rumah tangga seperti dandang, wajan, alat merebus air, juga lainnya tetapi sekarang telah berganti ke kerajinan logam tembaga untuk kebutuhan ornamen masjid, kantor, juga lainnya.





Seni ukir tembaga juga kuningan di kampung Tumang, Boyolali-Jawa Tengah, baru-baru ini, mulai menggeliat dengan naiknya jumlah pesanan, baik pesanan daerah dan juga luar negeri. Kerja kerajinan ukir tembaga terus berkembang tak terelakan. Banyak pesanan datang dari banyak daerah di Indonesia juga manca negara. Permintaan kerajinan tembaga mengalami penambahan begitu signifikan ini dikarenakan oleh banyak variabel, diantaranya ialah hadirnya teknologi dunia maya. Dg hadirnya teknologi website maka ingin membantu para produsen kerajinan logam untuk mempromosikan kerajinan kuningannya ke seluruh daerah juga berbagai negara. Teknologi website amat membantu para produsen kerajinan logam. Salah satu produsen kerajinan logam yg tertolong ialah AA Gallery. Masa Ini AA Gallery bisa mempromosikan produk kerajinan kuningan ke pasuruan. Tidak cuma tersebut saja, AA Gallery jg mempromosikan produk kerajinan kuningan ke jakarta barat.



Contoh Seni Tembaga ialah kerajinan kaligrafi, robyong, kerajinan relief, lampu stand, lampu dinding, ornamen masjid, air mancur, juga lain-lain. Pelanggan jg bisa memesan kerajinan kuningan sesuai dengan keinginannya. Mereka dpt punya design pribadi selanjutnya AA Gallery yg meujudkannya.


Mgkn banyak yg ingin tahu harga kerajinan logam tersebut. Harga kerajinan kuningan amat bervariasi tetapi AA Gallery ingin berusaha memberikan harga yg pas. Harga kerajinan kuningan ditentukan oleh banyak variabel. Antara lain ini ialah lebih dari satu variabel yg menyebabkan harga kerajinan tembaga : mutu bahan kerajinan, size kerajinan tembaga ( semakin besar size kerajinan tembaga tentu harganya semakin mahal dikarenakan bahan yg dimanfaatkan juga banyak, demikian sebaliknya semakin kecil tentu harganya semakin murah dikarenakan bahan yg dimanfaatkan semakin sedikit), level kesulitan pembuatan ( semakin rumit maka semakin mahal harganya, demikian sebaliknya semakin gampang, harga jg juga murah), jumlah pembelian ( semakin banyak pesanan tentu semakin murah), jika pesanan dari daerah lainnya di luar Tumang tentu otomatis dikenai ongkir.

Kendala para produsen kerajinan logam tdk sedikit. Stabilitas ekonomi yg tdk stabil bisa memengaruhi jumlah pesanan. Harga bahan jg memengaruhi harga kerajinan logam. Jika harga lempengan logam naik maka harga kerajinan logam jg naik. Permasalahan lainnya, produsen Jawa Tengah masih tergantung pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga ingin berdampak pada harga kerajinan tembaga. Akan Tetapi selama pelanggan bisa menerima harga yg telah diambil pengrajin tembaga maka produsen tembaga bisa eksis walau minim untung. Oleh dikarenakan tersebut, pengrajin kerajinan tembaga kontinyu ingin stabilitas ekonomi kontinyu stabil shngg tdk mengganggu usaha usaha kerajinan logam.

Sebagai pengrajin kerajinan logam harus kreatif juga harus memantau permintaan konsumen. Masa ini AA Gallery tdk cuma menerima pesanan kerajinan logam yg dibutuhkan untuk kebutuhan asesoris rumah tetapi telah bertambah pada proyek kubah masjid. Mengingat kubah masjid pada umumnya berukuran besar maka nilai proyek kubah masjid jg dapat dikatakan besar. Berkaitan dengan design kubah bisa menyesuaikan keinginan pelanggan.

Pd Ferbuari 2018 yg lalu, Islamic Center Padang Panjang telah dibuka. Salah satu hal yg membanggakan ialah AA Gallery menerima kepercayaan untuk menghasilkan juga memasang kubah masjid tembaga pada Masjid di Islamic Center tersebut. Kubah masjid tembaga yg AA Gallery selesaikan tdk cuma satu saja tapi banyak.

Islamic Center Padang Panjang tersebut telah dibuka oleh Bp. Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia masa itu. Semenjak diresmikannya Islamic Center Padang Panjang tersebut maka kemudian menjadi sentra aktivitas juga ibadah umat Islam di Padang Panjang. Masjid tersebut menjadi kebanggaan bagi warga Indonesia.

Sesudah berpengalaman semenjak thn 1990-an, sekarang AA Gallery bertambah percaya diri untuk menerima pesanan kerajinan tembaga dari blitar. Bermodal pengalaman berpuluh tahun thn memproduksi kerajinan tembaga, AA Gallery semakin paham metode untuk menghasilkan kerajinan tembaga yg berkelas juga sesuai yg diharapkan oleh seluruh pelanggan. Berhubungan dengan harga, AA Gallery berprinsip tidak mengapa laba sedikit yg penting pelanggan terpuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar