Sabtu, 07 Maret 2020

Produsen Seni Ukir Tembaga Melayani Pelanggan Kabupaten Maros

Produsen Seni Ukir Tembaga Melayani Pelanggan Kabupaten Maros . Kampung Tumang, Cepogo-Jawa Tengah terletak di antara lereng pegunungan Merapi dan Merbabu yg banyak dikenal . Kampung Tumang tsb dikenal sbg pusat ahli kerajinan kuningan. Keindahan tempa kerajinan berbahan tembaga telah mendarah daging pada masyarakat Tumang, Cepogo-Jawa Tengah. Beberapa keluarga di sana memilih kerja di rumah kerajinan logam untuk dipasarkan ke banyak konsumen. Ketrampilan mengukir logam diwarisi secara turun-temurun dari sesepuhnya. Banyak yg menyampaikan bahwa masyarakat Tumang memulai kerja kerajinannya dgn sekadar membuat alat kebutuhan rumah tangga seperti alat menanak nasi, wajan, baskom, juga sebagainya namun sekarang telah mengubah haluan ke kerajinan tembaga untuk keperluan interior restoran, rumah, juga lain.





Kerajinan ukir tembaga juga kuningan di perkampungan Tumang, Cepogo-Jawa Tengah, baru-baru ini, mulai bergairah dgn meningkatnya pesanan, baik pesanan nasional atau manca negara. Bisnis kerajinan ukir kuningan selalu tumbuh tak terelakan. Banyak pesanan berdatangan dari banyak wilayah di Indonesia juga luar negeri. Permintaan kerajinan logam kuningan semakin signifikan ini sebab oleh banyak parameter, contohnya yakni hadirnya teknologi internet. Dgn hadirnya teknologi website maka ingin menolong para ahli kerajinan logam untuk mengiklankan kerajinan kuningannya ke semua wilayah juga manca negara. Teknologi website sangat menolong para ahli kerajinan logam. Salah satu ahli kerajinan logam yg tertolong yakni AA Gallery. Sekarang ini AA Gallery dpt mengiklankan produk kerajinan tembaga ke magelang. Tdk sekadar itu saja, AA Gallery juga mengiklankan produk kerajinan kuningan ke surabaya.



Contoh Kerajinan Kuningan yakni lampu gantung, kerajinan relief, lampu stand, lampu dinding, lampu meja, logo, kubah masjid, air mancur, juga lainnya. Konsumen juga dpt memesan kerajinan logam tembaga sesuai dgn keinginannya. Mereka dapat memiliki design sendiri lalu AA Gallery yg meujudkannya.


Mgkn sahaja banyak yg ingin tahu harga kerajinan kuningan itu. Harga kerajinan logam tembaga sangat bervariasi namun AA Gallery ingin berupaya menawarkan harga yg menarik. Harga kerajinan logam tembaga dipengaruhi oleh banyak parameter. Antara lain ini yakni banyak parameter yg mempengaruhi harga kerajinan tembaga : kualitas bahan kerajinan, ukuran kerajinan tembaga ( bertambah besar ukuran kerajinan tembaga semestinya harganya bertambah tinggi sebab bahan yg dipakai juga banyak, demikian sebaliknya bertambah kecil semestinya harganya juga murah sebab bahan yg dipakai juga sedikit), level kesulitan pembuatan ( bertambah sulit maka bertambah tinggi harganya, demikian sebaliknya bertambah tidak sulit, harga juga juga murah), jumlah pembelian ( bertambah banyak pesanan semestinya juga murah), untuk pesanan dari wilayah lainnya di luar Tumang semestinya mau-tidak mau dikenai ongkir.

Kendala para pengusaha kerajinan kuningan nggak sedikit. Kondisi ekonomi yg nggak stabil dpt memengaruhi banyaknya pesanan. Harga bahan juga memengaruhi harga kerajinan kuningan. Disaat harga lempengan logam naik maka harga kerajinan kuningan akan naik. Permasalahan lain, pengusaha Boyolali-Jawa Tengah masih tergantung pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga ingin berdampak pada harga kerajinan tembaga. Walaupun Demikian selama pelanggan dpt menerima harga yg telah ditentukan pengrajin tembaga maka pengusaha tembaga dpt eksis meski minim untung. Oleh sebab itu, pengrajin kerajinan tembaga selalu ingin kondisi ekonomi selalu stabil sehingga nggak mengganggu kerja kerja kerajinan kuningan.

Sebagai pengrajin kerajinan kuningan diwajibkan kreatif juga diwajibkan menyesuaikan keinginan konsumen. Sekarang ini AA Gallery nggak sekadar menerima pesanan kerajinan kuningan yg dibutuhkan untuk keperluan hiasan kantor tetapi telah merambah pada produksi kubah masjid. Mengingat kubah masjid pada umumnya ukurannya besar maka harga kubah masjid juga terbilang besar. Mengenai hiasan kubah dpt menyesuaikan keinginan pelanggan.

Pd bln Ferbuari 2018 yg lalu, Islamic Center Padang Panjang telah dibuka. Salah satu hal yg menyenangkan yakni AA Gallery menerima kepercayaan untuk membuat juga memasang kubah masjid tembaga pada Masjid di Padang Panjang itu. Kubah masjid tembaga yg AA Gallery kerjakan nggak sekadar satu saja tetapi banyak.

Islamic Center itu telah dibuka oleh Bapak Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia masa itu. Semenjak dibukanya Islamic Center itu maka selanjutnya mjd pusat aktivitas juga ibadah umat Islam di Sumatera Barat. Masjid itu mjd kebanggaan bagi masyarakat Padang Panjang.

Sesudah berpengalaman sejak th 1990-an, sekarang AA Gallery semakin percaya diri untuk menerima pesanan kerajinan kuningan dari sabang. Dengan bekal pengalaman berpuluh tahun th membuat seni tembaga, AA Gallery bertambah tahu cara guna membuat seni tembaga yg berkualitas juga sesuai yg diharapkan oleh seluruh pelanggan. Mengenai harga, AA Gallery berprinsip tidak mengapa untung sedikit yg urgen pelanggan puas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar