Sabtu, 07 Maret 2020

Pengusaha Seni Ukir Logam Melayani Konsumen Kabupaten Asahan

Pengusaha Seni Ukir Logam Melayani Konsumen Kabupaten Asahan . Kampung Tumang, Boyolali-Jateng berada diapit kaki pegunungan Merapi dan Merbabu yang termahsyur . Kampung tsb diketahui sebagai sentra ahli seni kuningan. Seni ukir kerajinan berbahan logam telah menyatu pd publik Tumang, Boyolali-Jateng. Beberapa saudara di sana memilih usaha di rumah kerajinan logam buat dijual ke berbagai konsumen. Skill menempa logam dipunyai secara turun-temurun dari para sesepuhnya. Tidak sedikit yang menjelaskan bahwa publik Tumang memulai usaha kerajinannya dgn hanya memproduksi alat keperluan rumah tangga seperti alat menanak nasi, panci, ceret, dan sebagainya tetapi sekarang telah bertolak ke kerajinan logam buat keperluan dekorasi cafe, kantor, dan lainnya.





Kerajinan ukir tembaga dan kuningan di kampung Tumang, Boyolali-Jateng, saat ini, mulai menarik dgn naiknya permintaan, baik permintaan lokal atau manca negara. Kerja kerajinan ukir kuningan tetap tumbuh tak terkendali. Banyak permintaan berdatangan dari berbagai wilayah di Republik Indonesia dan luar negeri. Permintaan kerajinan logam mengalami penambahan signifikan ini sebab oleh banyak variabel, contohnya yakni adanya teknologi cyber. Dg adanya teknologi internet maka akan membantu para industri kerajinan logam buat mengiklankan produknya ke semua wilayah dan berbagai negara. Teknologi internet amat membantu para industri kerajinan logam. Salah satu industri kerajinan logam yang tertolong yakni AA Gallery. Kini AA Gallery dpt mengiklankan produk kerajinan kuningan ke sukabumi. Nggak hanya itu saja, AA Gallery jg mengiklankan produk kerajinan tembaga ke banten.



Contoh Kerajinan Logam Kuningan yakni kerajinan kaligrafi, lampu gantung, relief, lampu stand, lampu dinding, kubah masjid, bak mandi, dan lainnya. Customer jg dpt memesan kerajinan logam kuningan sesuai dgn seleranya. Mereka bisa punya design sendiri selanjutnya AA Gallery yang meujudkannya.


Mungkin sahaja tidak sedikit yang menanyakan harga kerajinan kuningan itu. Harga kerajinan logam kuningan amat beraneka ragam tetapi AA Gallery akan berusaha memberikan harga yang kompetitif. Harga kerajinan logam kuningan disebabkan oleh banyak variabel. Berikut ini ini yakni beberapa variabel yang mempengaruhi harga kerajinan tembaga : mutu bahan kerajinan, size kerajinan tembaga ( semakin besar size kerajinan tembaga sudah sewajarnya harganya semakin tinggi sebab bahan baku yang dipakai jg banyak, demikian juga sebaliknya semakin mungil sudah sewajarnya harganya semakin murah sebab bahan yang dipakai semakin sedikit), tingkat kerumitan pembuatan ( semakin rumit maka semakin tinggi harganya, demikian juga sebaliknya semakin tidak sulit, harga jg semakin murah), jumlah pembelian ( semakin banyak permintaan sudah sewajarnya juga murah), untuk permintaan dari wilayah lain sudah sewajarnya auto ditambah biaya kirim.

Permasalahan para pebisnis kerajinan kuningan tdk sedikit. Kondisi ekonomi yang tdk stabil dpt mempengaruhi banyaknya permintaan. Harga bahan baku jg mempengaruhi harga kerajinan kuningan. Jika harga lempengan logam mahal maka harga kerajinan kuningan akan mahal. Problem lainnya, pebisnis Boyolali-Jawa Tengah masih tergantung pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga akan berdampak pada harga kerajinan tembaga. Akan Tetapi selama konsumen dpt menerima harga yang telah ditetapkan pengrajin tembaga maka pebisnis tembaga dpt eksis walau minim untung. Oleh sebab itu, pebisnis kerajinan tembaga terus-menerus menginginkan kondisi ekonomi terus-menerus stabil jadi tdk mengganggu usaha usaha kerajinan kuningan.

Sebagai pebisnis kerajinan kuningan diharuskan inovatif dan diharuskan memantau permintaan pasar. Saat ini AA Gallery tdk hanya menerima permintaan kerajinan kuningan yang dibutuhkan buat keperluan asesoris rumah tapi telah bertambah pd pembuatan kubah masjid. Berhubung kubah masjid umumnya ukurannya besar maka nilai proyek kubah masjid jg dapat dikatakan besar. Tentang desain kubah dpt mengikuti kemauan konsumen.

Pd Ferbuari 2018 yang lalu, Islamic Center Padang Panjang telah dibuka. Salah satu hal yang membanggakan yakni AA Gallery menerima kepercayaan buat memproduksi dan memasang kubah masjid tembaga pd Masjid di Padang Panjang itu. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery produksi tdk hanya satu sahaja tetapi sangat banyak.

Islamic Center itu telah dibuka secara resmi oleh ketua MPR Indonesia masa itu. Sejak diresmikannya Islamic Center itu maka selanjutnya mjd sentra aktivitas dan ibadah umat Islam di Sumatera Barat. Masjid itu mjd kebanggaan bagi khalayak Indonesia.

Sesudah memiliki pengalaman semenjak thn 1990-an, sekarang AA Gallery meningkat percaya diri untuk menerima permintaan kerajinan kuningan dari tanjung pinang. Bermodalkan pengalaman puluhan thn berkarya seni kuningan, AA Gallery semakin tahu cara guna memproduksi seni kuningan yang berkualiti dan cocok yang diharapkan oleh seluruh konsumen. Berhubungan dengan harga, AA Gallery berprinsip walau laba sedikit yang penting konsumen terpuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar