Sabtu, 07 Maret 2020

Ahli Seni Ukir Logam Melayani Prospek Kabupaten Kendal

Ahli Seni Ukir Logam Melayani Prospek Kabupaten Kendal . Kampung Tumang, Cepogo posisinya di antara lereng gunung Merapi dan Merbabu yang terkenal . Kampung tsb disebut sebagai sentra perajin kerajinan kuningan. Seni tempa kerajinan berbahan logam kuningan telah mendarah daging pada publik Tumang, Cepogo. Lebih dari satu saudara Cepogo-Jawa Tengah mendirikan usaha rumahan kerajinan logam untuk dijual ke beragam konsumen. Keahlian mengolah logam dipunyai secara turun-temurun dari sesepuhnya. Banyak yang menjelaskan bahwa publik Tumang memulai usaha kerajinannya dgn sekadar membuat alat keperluan rumah tangga seperti alat menanak nasi, wajan, alat merebus air, and sebagainya walau demikian sekarang ini telah berganti ke kerajinan logam kuningan untuk kebutuhan asesoris restoran, kantor, and lainnya.





Kerajinan ukir tembaga and kuningan di kampung Tumang, Cepogo, baru-baru ini, mulai memberi harapan dgn naiknya orderan, baik orderan daerah atau luar negeri. Kerja kerajinan ukir kuningan tetap tumbuh tak terkendali. Banyak orderan berdatangan dari beragam daerah di Negara Tercinta and manca negara. Orderan kerajinan logam tembaga meningkat signifikan ini disebabkan oleh banyak variabel, contohnya ialah adanya teknologi dunia maya. Dgn adanya teknologi internet maka mau menolong para pengrajin kerajinan logam untuk menawarkan kerajinan tembaganya ke seluruh daerah and banyak negara. Teknologi internet cukup menolong para pengrajin kerajinan logam. Salah satu pengrajin kerajinan logam yang terbantu ialah AA Gallery. Kini AA Gallery dpt menawarkan produk kerajinan tembaga ke jakarta timur. Tdk sekadar tsb saja, AA Gallery jg menawarkan produk kerajinan tembaga ke pontianak.



Contoh Kerajinan Logam Kuningan ialah kerajinan kaligrafi, robyong, relief, bowl, lampu dinding, logo, ornamen masjid, air mancur, and lain-lain. Pelanggan jg dpt memesan kerajinan sesuai dgn keinginannya. Mereka bisa punya desain pribadi setelah itu AA Gallery yang memproduksinya.


Mgkn saja tidak sedikit yang menanyakan harga kerajinan tembaga tsb. Harga kerajinan cukup beraneka ragam walau demikian AA Gallery mau berupaya menawarkan harga yang sesuai. Harga kerajinan disebabkan oleh banyak variabel. Antara lain ini ialah lebih dari satu variabel yang memengaruhi harga kerajinan tembaga : mutu bahan kerajinan, besarnya kerajinan tembaga ( bertambah besar besarnya kerajinan tembaga tentunya harganya bertambah mahal disebabkan bahan yang dimanfaatkan juga banyak, demikian jg sebaliknya bertambah mungil tentunya harganya semakin murah disebabkan bahan yang dimanfaatkan semakin sedikit), tingkat kesulitan pembuatan ( bertambah sulit maka bertambah mahal harganya, demikian jg sebaliknya bertambah mudah, harga jg juga murah), jumlah pembelian ( bertambah banyak orderan tentunya juga murah), jika orderan dari daerah lain di luar Tumang tentunya akan ditambah biaya kirim.

Kendala para perajin kerajinan tembaga tak sedikit. Stabilitas ekonomi yang tak stabil dpt memengaruhi banyaknya orderan. Harga bahan jg memengaruhi harga kerajinan tembaga. Kalau harga lempengan logam naik maka harga kerajinan tembaga jg naik. Problem lainnya, perajin Cepogo-Boyolali masih tergantung pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga mau berdampak pada harga kerajinan tembaga. Walaupun Demikian selama pelanggan dpt mendapatkan harga yang telah diambil pengrajin tembaga maka perajin tembaga dpt eksis walau demikian minim untung. Oleh disebabkan tsb, ahli kerajinan tembaga kontinyu ingin stabilitas ekonomi kontinyu stabil sehingga tak mengganggu usaha usaha kerajinan tembaga.

Sebagai ahli kerajinan tembaga diharuskan inovatif and diharuskan menyesuaikan selera masyarakat. Saat ini AA Gallery tak sekadar mendapatkan orderan kerajinan tembaga yang dibutuhkan untuk kebutuhan asesoris hotel tapi telah merambah pada proyek kubah masjid. Mengingat kubah masjid pada umumnya ukurannya besar maka nilai proyek kubah masjid jg dapat dikatakan besar. Mengenai design kubah dpt menyesuaikan kemauan pelanggan.

Pd bln Ferbuari 2018 yang lalu, Islamic Center Padang Panjang telah diresmikan. Salah satu hal yang menarik ialah AA Gallery mendapatkan kepercayaan untuk membuat and memasang kubah masjid tembaga pada Masjid di Islamic Center tsb. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery kerjakan tak sekadar satu sahaja tetapi cukup banyak.

Islamic Center tsb telah diresmikan oleh Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia saat itu. Sejak dibukanya Islamic Center tsb maka kemudian menjadi sentra kegiatan and ibadah umat Islam di Padang Panjang. Masjid tsb menjadi kebanggaan bagi warga Padang Panjang.

Sesudah memiliki pengalaman semenjak tahun 1990-an, sekarang ini AA Gallery meningkat percaya diri untuk mendapatkan orderan kerajinan kuningan dari bandaaceh. Dengan modal pengalaman berpuluh tahun tahun memproduksi seni tembaga, AA Gallery bertambah paham cara untuk membuat seni tembaga yang ber-quality and cocok yang diinginkan oleh semua pelanggan. Mengenai harga, AA Gallery berprinsip meskipun untung sedikit yang penting pelanggan puas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar