Sabtu, 07 Maret 2020

Pengrajin Kerajinan Logam Kuningan Melayani Konsumen Kabupaten Indragiri Hulu

Pengrajin Kerajinan Logam Kuningan Melayani Konsumen Kabupaten Indragiri Hulu . Perkampungan Tumang, Jateng berlokasi diapit kaki gunung Merapi and Merbabu yang banyak dikenal itu. Perkampungan Tumang tsb dikenal sebagai pusat ahli seni tembaga. Keindahan ukir kerajinan berbahan logam tembaga telah mendarah daging pada khalayak Tumang, Jateng. Lebih dari satu saudara Boyolali-Jateng membangun bisnis di rumah kerajinan kuningan buat dipasarkan ke banyak pasar. Ketrampilan mengukir kuningan diwarisi secara turun-temurun dari kakek-neneknya. Banyak yang bercerita bahwa khalayak Tumang mengawali bisnis kerajinannya dengan sekadar menghasilkan alat perkakas rumah tangga seperti dandang, panci, ceret, dan lain-lain walau demikian kini telah bertolak ke kerajinan logam tembaga buat keperluan eksterior restoran, rumah, dan lainnya.





Kerajinan ukir tembaga dan kuningan di desa Tumang, Jateng, saat ini, mulai memberi harapan dengan meningkatnya permintaan, baik permintaan lokal atau manca negara. Kerja kerajinan ukir tembaga tetap tumbuh tak terelakan. Banyak permintaan berdatangan dari banyak wilayah di Indonesia dan manca negara. Permintaan kerajinan tembaga bertambah begitu signifikan ini dikarenakan oleh banyak faktor, contohnya yakni munculnya teknologi cyber. Dgn munculnya teknologi website maka ingin memudahkan para pengrajin kerajinan kuningan buat mengiklankan kerajinan tembaganya ke seluruh wilayah dan banyak negara. Teknologi website memudahkan para pengrajin kerajinan kuningan. Salah satu pengrajin kerajinan kuningan yang terbantu yakni AA Gallery. Masa Ini AA Gallery dpt mengiklankan produk kerajinan kuningan ke serang. Tidak sekadar tsb saja, AA Gallery jg mengiklankan produk kerajinan tembaga ke jakarta.



Contoh Kerajinan Kuningan yakni lampu gantung, kerajinan relief, bowl, lampu dinding, ornamen masjid, bak mandi, dan lain-lain. Customer jg dpt mengorder kerajinan kuningan sesuai dengan kemauannya. Mereka dapat punya desain sendiri lalu AA Gallery yang mengerjakannya.


Mungkin saja banyak yang ingin tahu harga kerajinan tembaga tsb. Harga kerajinan kuningan beragam walau demikian AA Gallery ingin berupaya memberikan harga yang pas. Harga kerajinan kuningan disebabkan oleh banyak faktor. Diantaranya sbb ini yakni beberapa faktor yang mempengaruhi harga kerajinan tembaga : kualiti bahan kerajinan, size kerajinan tembaga ( semakin besar size kerajinan tembaga sudah sewajarnya harganya semakin mahal dikarenakan bahan yang dipakai juga banyak, demikian jg sebaliknya semakin mungil sudah sewajarnya harganya semakin murah dikarenakan bahan yang dipakai semakin sedikit), tingkat kerumitan pembuatan ( semakin sulit maka semakin mahal harganya, demikian jg sebaliknya semakin gampang, harga jg menjadi murah), jumlah pembelian ( semakin banyak permintaan sudah sewajarnya semakin murah), untuk permintaan dari wilayah lainnya sudah sewajarnya akan dikenai biaya kirim.

Kendala para pebisnis kerajinan tembaga tdk sedikit. Kondisi ekonomi yang tdk stabil dpt memengaruhi banyaknya permintaan. Harga bahan jg memengaruhi harga kerajinan tembaga. Jikalau harga lempengan kuningan mahal maka harga kerajinan tembaga akan mahal. Permasalahan lainnya, pebisnis Jateng masih tergantung pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga ingin berdampak pada harga kerajinan tembaga. Namun selama konsumen dpt menerima harga yang telah diambil pengrajin tembaga maka pebisnis tembaga dpt eksis walau demikian minim untung. Oleh dikarenakan tsb, produsen kerajinan tembaga kontinyu berharap kondisi ekonomi kontinyu stabil sehingga tdk mengganggu bisnis bisnis kerajinan tembaga.

Sebagai produsen kerajinan tembaga wajib kreatif dan wajib menyesuaikan selera masyarakat. Sekarang ini AA Gallery tdk sekadar menerima permintaan kerajinan tembaga yang dibutuhkan buat keperluan dekorasi hotel tetapi telah bertambah pada pengerjaan kubah masjid. Mengingat kubah masjid pada umumnya berukuran besar maka nilai projek kubah masjid jg bernilai besar. Tentang desain kubah dpt mengikuti kemauan konsumen.

Pada bln Ferbuari 2018 yang lalu, Islamic Center Padang Panjang telah diresmikan. Salah satu hal yang keren yakni AA Gallery menerima kepercayaan buat menghasilkan dan memasang kubah masjid tembaga untuk Masjid di Padang Panjang tsb. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery buat tdk sekadar satu sahaja akan tetapi cukup banyak.

Islamic Center tsb telah diresmikan oleh Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia pada waktu itu. Sejak diresmikannya Islamic Center tsb maka setelah itu mjd pusat kegiatan dan ibadah umat Islam di Padang Panjang. Masjid tsb mjd kebanggaan bagi masyarakat Indonesia.

Setelah berpengalaman semenjak tahun 1990-an, kini AA Gallery bertambah percaya diri untuk menerima permintaan kerajinan kuningan dari tangerang selatan. Berbekal pengalaman berpuluh tahun tahun berkarya kerajinan tembaga, AA Gallery semakin mengerti cara untuk menghasilkan kerajinan tembaga yang berkelas dan cocok yang diharapkan oleh seluruh konsumen. Berhubungan dengan harga, AA Gallery berprinsip tidak masalah laba sedikit yang urgen konsumen puas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar