Sabtu, 07 Maret 2020

Perajin Seni Logam Melayani Pasar Kabupaten Sidenreng Rappang

Perajin Seni Logam Melayani Pasar Kabupaten Sidenreng Rappang . Kampung Tumang, Jateng posisinya di antara lereng pegunungan Merapi & Merbabu yg termahsyur . Kampung Tumang tersebut dikenal sbg sentra industri kerajinan kuningan. Seni tempa kerajinan berbahan logam tembaga sudah menyatu pd orang Tumang, Jateng. Banyak keluarga Boyolali-Jateng membangun usaha di rumah kerajinan kuningan untuk ditawarkan ke bermacam konsumen. Skill menempa kuningan didapatkan secara turun-temurun dari orang tuanya. Tidak sedikit yg bercerita bahwa orang Tumang memulai usaha kerajinannya dgn cuma membuat alat perkakas rumah tangga misalnya alat menanak nasi, wajan, baskom, dan lain-lain namun saat ini sudah berganti ke kerajinan logam tembaga untuk keperluan dekorasi hotel, gedung, dan lainnya.





Seni ukir tembaga dan kuningan di desa Tumang, Jateng, saat ini, mulai memberi harapan dgn meningkatnya orderan, baik orderan daerah ataupun internasional. Kerja kerajinan ukir kuningan selalu berkembang pesat. Banyak orderan datang dari bermacam wilayah di Negeri Kita dan luar negeri. Pesanan kerajinan logam tembaga mengalami kenaikan cukup signifikan ini karena oleh banyak variabel, contohnya yaitu munculnya teknologi website. Dgn munculnya teknologi website maka akan menolong para produsen kerajinan kuningan untuk mengiklankan kerajinan kuningannya ke seluruh wilayah dan manca negara. Teknologi website begitu menolong para produsen kerajinan kuningan. Salah satu produsen kerajinan kuningan yg terbantu yaitu AA Gallery. Sekarang ini AA Gallery dpt mengiklankan produk kerajinan tembaga ke ambon. Tdk cuma itu saja, AA Gallery jg mengiklankan produk kerajinan tembaga ke tomohon.



Contoh Seni Logam Tembaga yaitu kerajinan kaligrafi, robyong, relief, lampu stand, lampu dinding, lampu meja, ornamen masjid, bak mandi, dan lain-lain. Pembeli jg dpt mengorder kerajinan kuningan sesuai dgn keinginannya. Mereka bisa mempunyai desain sendiri kemudian AA Gallery yg membuatnya.


Mungkin tidak sedikit yg ingin tahu harga kerajinan logam itu. Harga kerajinan kuningan begitu bervariasi namun AA Gallery akan berusaha memberikan harga yg menarik. Harga kerajinan kuningan ditentukan oleh banyak variabel. Diantaranya sebagai berikut ini yaitu lebih dari satu variabel yg menyebabkan harga kerajinan tembaga : kualiti bahan baku kerajinan, besarnya kerajinan tembaga ( semakin besar besarnya kerajinan tembaga sudah sewajarnya harganya semakin tinggi karena bahan baku yg dipakai bertambah banyak, demikian sebaliknya semakin kecil sudah sewajarnya harganya juga murah karena bahan yg dipakai juga sedikit), level kerumitan pembuatan ( semakin rumit maka semakin tinggi harganya, demikian sebaliknya semakin tak sulit, harganya jg juga murah), kuantitas ( semakin banyak orderan sudah sewajarnya juga murah), jika orderan dari wilayah lainnya di luar Tumang sudah sewajarnya auto ditambah ongkir.

Problem para ahli kerajinan logam tidak sedikit. Stabilitas ekonomi yg tidak stabil dpt memengaruhi jumlah orderan. Harga bahan baku jg memengaruhi harga kerajinan logam. Ketika harga lempengan kuningan naik maka harga kerajinan logam juga naik. Permasalahan lainnya, ahli Jawa Tengah masih pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga akan berdampak pada harga kerajinan tembaga. Walau Demikian selama customer dpt menerima harga yg sudah diambil pengrajin tembaga maka ahli tembaga dpt eksis meski minim untung. Oleh karena itu, ahli kerajinan tembaga kontinyu bermimpi kondisi ekonomi kontinyu stabil jadi tidak mengganggu usaha usaha kerajinan logam.

Sebagai ahli kerajinan logam diharuskan inovatif dan diharuskan menyesuaikan selera masyarakat. Sekarang AA Gallery tidak cuma menerima orderan kerajinan logam yg dibutuhkan untuk keperluan dekorasi rumah namun sudah bertambah pd pengerjaan kubah masjid. Berhubung kubah masjid pada umumnya berukuran besar maka harga kubah masjid jg terbilang besar. Tentang ukiran kubah dpt mengikuti keinginan customer.

Pd Ferbuari 2018 yg lalu, Islamic Center Padang Panjang sudah dibuka. Salah satu hal yg menarik yaitu AA Gallery menerima kepercayaan untuk membuat dan memasang kubah masjid tembaga pd Masjid di Islamic Center itu. Kubah masjid tembaga yg AA Gallery kerjakan tidak cuma satu sahaja akan tetapi banyak.

Islamic Center di Padang Panjang itu sudah dibuka oleh Bapak Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia saat itu. Semenjak dibukanya Islamic Center di Padang Panjang itu maka kemudian mjd sentra kegiatan dan ibadah bagi umat Islam di Padang Panjang. Masjid itu mjd kebanggaan bagi khalayak Indonesia.

Sesudah berpengalaman sejak tahun 1990-an, saat ini AA Gallery semakin percaya diri untuk menerima orderan kerajinan tembaga dari pangkal pinang. Dengan bekal pengalaman puluhan tahun menghasilkan seni tembaga, AA Gallery semakin paham metode untuk membuat seni tembaga yg memiliki kualitas dan cocok yg diinginkan oleh semua customer. Berkaitan dengan harga, AA Gallery berprinsip tidak mengapa laba sedikit yg urgen customer terpuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar