Sabtu, 07 Maret 2020

Perajin Kerajinan Kuningan Melayani Pasar Kabupaten Kapuas

Perajin Kerajinan Kuningan Melayani Pasar Kabupaten Kapuas . Perkampungan Tumang, Cepogo-Jawa Tengah berada diapit kaki pegunungan Merapi and Merbabu yang terkenal itu. Perkampungan Tumang tersebut disebut sebagai pusat pengusaha kerajinan tembaga. Estetika ukir kerajinan berbahan tembaga sudah mendarah daging pada khalayak Tumang, Cepogo-Jawa Tengah. Lebih dari satu saudara Tumang memilih bisnis di rumah kerajinan kuningan untuk dipasarkan ke beragam konsumen. Ketrampilan mengolah kuningan dipunyai secara turun-temurun dari nenek moyangnya. Banyak yang menyampaikan bahwa khalayak Tumang memulai bisnis kerajinannya dgn sekadar membuat alat perkakas rumah tangga seperti dandang, wajan, alat merebus air, & sebagainya tapi sekarang sudah bertolak ke kerajinan tembaga untuk keperluan interior restoran, rumah, & lain.





Kerajinan ukir tembaga & kuningan di desa Tumang, Cepogo-Jawa Tengah, kini, mulai bergairah dgn meningkatnya jumlah permintaan, baik permintaan nasional maupun manca negara. Usaha kerajinan ukir tembaga tetap tumbuh cepat. Banyak permintaan datang dari beragam daerah di Negara Tercinta & luar negeri. Orderan kerajinan logam tembaga mengalami kenaikan sangat signifikan ini dikarenakan oleh banyak faktor, diantaranya yaitu hadirnya teknologi internet. Dgn hadirnya teknologi website maka ingin membantu para ahli kerajinan kuningan untuk mempromosikan produknya ke semua daerah & banyak negara. Teknologi website begitu membantu para ahli kerajinan kuningan. Salah satu ahli kerajinan kuningan yang tertolong yaitu AA Gallery. Masa Ini AA Gallery bisa mempromosikan produk kerajinan kuningan ke batam. Tdk sekadar tersebut saja, AA Gallery jg mempromosikan produk kerajinan tembaga ke tomohon.



Contoh Kerajinan Logam yaitu lampu gantung, relief, bowl, lampu dinding, logo, ornamen masjid, air mancur, & lain-lain. Customer jg bisa mengorder kerajinan kuningan sesuai dgn kemauannya. Mereka dpt mempunyai design pribadi lalu AA Gallery yang meujudkannya.


Mungkin saja banyak yang bertanya-tanya harga kerajinan logam tersebut. Harga kerajinan kuningan begitu bervariasi tapi AA Gallery ingin berusaha memberikan harga yang sesuai. Harga kerajinan kuningan disebabkan oleh banyak faktor. Diantaranya sebagai berikut ini yaitu beberapa faktor yang mempengaruhi harga kerajinan tembaga : kualitas bahan kerajinan, size kerajinan tembaga ( bertambah besar size kerajinan tembaga tentunya harganya bertambah mahal dikarenakan bahan baku yang dipakai juga banyak, demikian sebaliknya bertambah mini tentunya harganya jg murah dikarenakan bahan yang dipakai jg sedikit), tingkat kesulitan pembuatan ( bertambah rumit maka bertambah mahal harganya, demikian sebaliknya bertambah mudah, harganya jg semakin murah), kuantitas ( bertambah banyak permintaan tentunya juga murah), jika permintaan dari daerah lain tentunya mau-tidak mau dikenai ongkir.

Problem para perajin kerajinan logam tak sedikit. Kondisi ekonomi yang tak stabil bisa memengaruhi banyaknya permintaan. Harga bahan baku jg memengaruhi harga kerajinan logam. Ketika harga lempengan kuningan mahal maka harga kerajinan logam jg mahal. Problem lain, perajin Boyolali masih pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga ingin berdampak pada harga kerajinan tembaga. Tapi selama konsumen bisa mendapatkan harga yang sudah diputuskan pengrajin tembaga maka perajin tembaga bisa eksis walaupun demikian minim untung. Oleh dikarenakan tersebut, pebisnis kerajinan tembaga tetap bermimpi kondisi ekonomi tetap stabil sehingga tak mengganggu bisnis bisnis kerajinan logam.

Sebagai pebisnis kerajinan logam harus kreatif & harus menyesuaikan selera pasar. Saat ini AA Gallery tak sekadar mendapatkan permintaan kerajinan logam yang dibutuhkan untuk keperluan asesoris kantor namun sudah bertambah pada pengerjaan kubah masjid. Berhubung kubah masjid biasanya berukuran besar maka harga kubah masjid jg terbilang besar. Berhubungan dengan design kubah bisa menyesuaikan kemauan konsumen.

Pada bulan Ferbuari 2018 yang lalu, Islamic Center Padang Panjang sudah dibuka. Salah satu hal yang membanggakan yaitu AA Gallery mendapatkan kepercayaan untuk membuat & memasang kubah masjid tembaga pada Masjid di Padang Panjang tersebut. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery selesaikan tak sekadar satu sahaja tetapi sangat banyak.

Islamic Center tersebut sudah dibuka oleh Bapak Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia masa itu. Semenjak dibukanya Islamic Center tersebut maka kemudian menjadi pusat kegiatan & ibadah umat Islam di Sumatera Barat. Masjid tersebut menjadi kebanggaan bagi khalayak Padang Panjang.

Setelah memiliki pengalaman sejak th 1990-an, sekarang AA Gallery meningkat percaya diri untuk mendapatkan permintaan kerajinan tembaga dari bali. Dengan modal pengalaman berpuluh tahun th berkarya kerajinan kuningan, AA Gallery bertambah mengetahui teknik guna membuat kerajinan kuningan yang berkelas & cocok yang diharapkan oleh semua konsumen. Mengenai harga, AA Gallery berprinsip walaupun untung sedikit yang penting konsumen terpuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar