Sabtu, 07 Maret 2020

Ahli Seni Ukir Tembaga Melayani Prospek Kabupaten Aceh Selatan

Ahli Seni Ukir Tembaga Melayani Prospek Kabupaten Aceh Selatan . Desa Tumang, Jawa Tengah lokasinya diapit lereng gunung Merapi & Merbabu yang banyak dikenal . Desa Tumang tsb diketahui sebagai sentra ahli seni kuningan. Seni ukir kerajinan berbahan logam tembaga sudah menyatu pd orang Tumang, Jawa Tengah. Beberapa saudara Boyolali-Jawa Tengah mendirikan usaha di rumah kerajinan tembaga buat dijual ke beragam pasar. Skill mengukir tembaga dipunyai secara turun-temurun dari para sesepuhnya. Banyak yang menyampaikan bahwa orang Tumang mengawali usaha kerajinannya dgn hanya memproduksi alat perkakas rumah tangga seperti dandang, wajan, ceret, & sebagainya tetapi sekarang sudah berubah haluan ke kerajinan logam tembaga buat keperluan eksterior cafe, gedung, & lainnya.





Kerajinan ukir tembaga & kuningan di kampung Tumang, Jawa Tengah, baru-baru ini, mulai menarik dgn meningkatnya pesanan, baik pesanan nasional atau luar negeri. Kerja kerajinan ukir kuningan semakin tumbuh tak terkendali. Banyak pesanan berdatangan dari beragam wilayah di Negara Tercinta & luar negeri. Orderan kerajinan tembaga meningkat signifikan ini dikarenakan oleh banyak variabel, contohnya adalah hadirnya teknologi dunia maya. Dengan hadirnya teknologi internet maka ingin memudahkan para industri kerajinan tembaga buat menawarkan kerajinan tembaganya ke semua wilayah & banyak negara. Teknologi internet begitu memudahkan para industri kerajinan tembaga. Salah satu industri kerajinan tembaga yang tertolong adalah AA Gallery. Masa Ini AA Gallery dpt menawarkan produk kerajinan tembaga ke blitar. Tidak hanya tersebut saja, AA Gallery jg menawarkan produk kerajinan tembaga ke jakarta.



Contoh Kerajinan Logam Tembaga adalah kerajinan kaligrafi, lampu gantung, kerajinan relief, bowl, lampu dinding, logo, ornamen masjid, air mancur, & lainnya. Pelanggan jg dpt memesan kerajinan logam sesuai dgn seleranya. Mereka dapat memiliki design pribadi AA Gallery yang membuatnya.


Mgkn sahaja banyak yang ingin tahu harga kerajinan tembaga tersebut. Harga kerajinan logam begitu bermacam-macam tetapi AA Gallery ingin berusaha memberikan harga yang sesuai. Harga kerajinan logam dipengaruhi oleh banyak variabel. Contohnya berikut ini ini adalah lebih dari satu variabel yang menyebabkan harga kerajinan tembaga : kualiti bahan kerajinan, ukuran kerajinan tembaga ( semakin besar ukuran kerajinan tembaga sudah sewajarnya harganya semakin tinggi dikarenakan bahan baku yang digunakan semakin banyak, demikian sebaliknya semakin mungil sudah sewajarnya harganya semakin murah dikarenakan bahan yang digunakan semakin sedikit), level kerumitan pembuatan ( semakin rumit maka semakin tinggi harganya, demikian sebaliknya semakin mudah, harganya jg juga murah), jumlah pembelian ( semakin banyak pesanan sudah sewajarnya juga murah), jika pesanan dari wilayah lainnya di luar Tumang sudah sewajarnya mau-tidak mau ditambah ongkir.

Problem para perajin kerajinan tembaga tdk sedikit. Stabilitas ekonomi yang tdk stabil dpt mempengaruhi jumlah pesanan. Harga bahan baku jg mempengaruhi harga kerajinan tembaga. Kalau harga lempengan tembaga mahal maka harga kerajinan tembaga juga mahal. Problem lainnya, perajin Cepogo-Boyolali masih pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga ingin berdampak pada harga kerajinan tembaga. Walau Demikian selama konsumen dpt meraih harga yang sudah ditetapkan pengrajin tembaga maka perajin tembaga dpt eksis walaupun demikian minim untung. Oleh dikarenakan tersebut, pengrajin kerajinan tembaga kontinyu bermimpi stabilitas ekonomi kontinyu stabil jadi tdk mengganggu usaha usaha kerajinan tembaga.

Sebagai pengrajin kerajinan tembaga harus inovatif & harus memantau permintaan konsumen. Sekarang ini AA Gallery tdk hanya meraih pesanan kerajinan tembaga yang dibutuhkan buat keperluan hiasan hotel namun sudah bertambah pd pembuatan kubah masjid. Mengingat kubah masjid biasanya ukurannya besar maka nilai proyek kubah masjid jg bernilai besar. Berhubungan dengan design kubah dpt menyesuaikan kemauan konsumen.

Pada bulan Ferbuari 2018 yang lampau, Islamic Center Padang Panjang sudah diresmikan. Salah satu hal yang menyenangkan adalah AA Gallery meraih kepercayaan buat memproduksi & memasang kubah masjid tembaga pd Masjid di Padang Panjang tersebut. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery buat tdk hanya satu sahaja tapi begitu banyak.

Islamic Center di Padang Panjang tersebut sudah diresmikan oleh Bp. Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia pada waktu itu. Semenjak diresmikannya Islamic Center di Padang Panjang tersebut maka selanjutnya menjadi sentra aktivitas & ibadah buat umat Islam di Padang Panjang. Masjid tersebut menjadi kebanggaan bagi masyarakat Padang Panjang.

Sesudah berpengalaman semenjak thn 1990-an, sekarang AA Gallery bertambah percaya diri untuk meraih pesanan kerajinan tembaga dari jakarta utara. Bermodalkan pengalaman berpuluh tahun thn berkarya kerajinan kuningan, AA Gallery semakin mengerti cara untuk memproduksi kerajinan kuningan yang memiliki kualitas & cocok yang diharapkan oleh seluruh konsumen. Berkaitan dengan harga, AA Gallery berprinsip meskipun untung sedikit yang penting konsumen puas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar