Sabtu, 07 Maret 2020

Ahli Seni Ukir Tembaga Melayani Prospek Kabupaten Way Kanan

Ahli Seni Ukir Tembaga Melayani Prospek Kabupaten Way Kanan . Desa Tumang, Cepogo-Boyolali terletak di antara lereng gunung Merapi & Merbabu yang termahsyur . Desa tsb diketahui sebagai sentra perajin seni kuningan. Keindahan tempa kerajinan berbahan tembaga telah mendarah daging pada publik Tumang, Cepogo-Boyolali. Banyak family Jateng membangun usaha rumahan kerajinan logam untuk dijual ke berbagai pasar. Keahlian menempa logam dimiliki secara turun-temurun dari para pendahulunya. Banyak yang menyampaikan bahwa publik Tumang mengawali usaha kerajinannya dg hanya menghasilkan alat perkakas rumah tangga contohnya dandang, panci, teko, and sebagainya tetapi kini telah bertolak ke kerajinan tembaga untuk kebutuhan dekorasi hotel, gedung, and lain-lain.





Seni ukir tembaga and kuningan di kampung Tumang, Cepogo-Boyolali, saat ini, mulai bergairah dg naiknya orderan, baik orderan lokal maupun luar negeri. Kerja kerajinan ukir kuningan terus berkembang cepat. Banyak orderan berdatangan dari berbagai wilayah di Indonesia and luar negeri. Pesanan kerajinan kuningan meningkat cukup signifikan ini karena oleh banyak parameter, diantaranya yaitu munculnya teknologi cyber. Dengan munculnya teknologi internet maka mau membantu para industri kerajinan logam untuk menawarkan kerajinan tembaganya ke seluruh wilayah and manca negara. Teknologi internet cukup membantu para industri kerajinan logam. Salah satu industri kerajinan logam yang terbantu yaitu AA Gallery. Masa Ini AA Gallery dpt menawarkan produk kerajinan tembaga ke bekasi. Tidak hanya tersebut saja, AA Gallery juga menawarkan produk kerajinan kuningan ke semarang.



Contoh Seni Kuningan yaitu kerajinan kaligrafi, lampu gantung, kerajinan relief, lampu stand, lampu dinding, kubah masjid, air mancur, and lainnya. Konsumen juga dpt memesan kerajinan logam kuningan sesuai dg keinginannya. Mereka bisa punya design pribadi lalu AA Gallery yang membuatnya.


Mungkin saja tidak sedikit yang menanyakan harga kerajinan tembaga tersebut. Harga kerajinan logam kuningan cukup beraneka ragam tetapi AA Gallery mau berusaha menawarkan harga yang sesuai. Harga kerajinan logam kuningan disebabkan oleh banyak parameter. Berikut ini yaitu beberapa parameter yang memengaruhi harga kerajinan tembaga : kualiti bahan kerajinan, besarnya kerajinan tembaga ( semakin besar besarnya kerajinan tembaga sudah sewajarnya harganya semakin tinggi karena bahan yang dimanfaatkan semakin banyak, demikian jg sebaliknya semakin kecil sudah sewajarnya harganya jg murah karena bahan yang dimanfaatkan jg sedikit), level kesulitan produksi ( semakin sulit maka semakin tinggi harganya, demikian jg sebaliknya semakin gampang, harga juga juga murah), jumlah pembelian ( semakin banyak orderan sudah sewajarnya juga murah), untuk orderan dari wilayah lain di luar Tumang sudah sewajarnya otomatis ditambah biaya kirim.

Kendala para pengusaha kerajinan tembaga tidak sedikit. Stabilitas ekonomi yang tidak stabil dpt mempengaruhi banyaknya orderan. Harga bahan juga mempengaruhi harga kerajinan tembaga. Kalau harga lempengan logam naik maka harga kerajinan tembaga akan naik. Permasalahan lain-lain, pengusaha Cepogo masih pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga mau berdampak pada harga kerajinan tembaga. Walau Demikian selama customer dpt mendapat harga yang telah ditentukan pengrajin tembaga maka pengusaha tembaga dpt eksis walau demikian minim untung. Oleh karena tersebut, produsen kerajinan tembaga kontinyu menginginkan kondisi ekonomi kontinyu stabil sehingga tidak mengganggu usaha usaha kerajinan tembaga.

Sebagai produsen kerajinan tembaga wajib inovatif and wajib menyesuaikan permintaan prospek. Kini AA Gallery tidak hanya mendapat orderan kerajinan tembaga yang dibutuhkan untuk kebutuhan asesoris kantor tetapi telah merambah pada pengerjaan kubah masjid. Berhubung kubah masjid pada umumnya berukuran besar maka nilai projek kubah masjid juga terbilang besar. Mengenai hiasan kubah dpt menyesuaikan kemauan customer.

Pd bln Ferbuari 2018 yang lalu, Islamic Center Padang Panjang telah dibuka. Salah satu hal yang menarik yaitu AA Gallery mendapat kepercayaan untuk menghasilkan and memasang kubah masjid tembaga pd Masjid di Padang Panjang tersebut. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery produksi tidak hanya satu sahaja akan tetapi sangat banyak.

Islamic Center Padang Panjang tersebut telah diresmikan oleh Bapak Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia pada waktu itu. Semenjak diresmikannya Islamic Center Padang Panjang tersebut maka setelah itu menjadi sentra aktivitas and ibadah umat Islam di Padang Panjang. Masjid tersebut menjadi kebanggaan bagi khalayak Sumatera Barat.

Setelah memiliki pengalaman semenjak th 1990-an, kini AA Gallery bertambah percaya diri untuk mendapat orderan kerajinan tembaga dari subulussalam. Bermodal pengalaman berpuluh tahun th berkarya seni kuningan, AA Gallery semakin paham teknik untuk menghasilkan seni kuningan yang ber-quality and cocok yang diinginkan oleh semua customer. Berkaitan dengan harga, AA Gallery berprinsip meski untung sedikit yang penting customer terpuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar