Sabtu, 07 Maret 2020

Ahli Seni Ukir Kuningan Melayani Prospek Kabupaten Keerom

Ahli Seni Ukir Kuningan Melayani Prospek Kabupaten Keerom . Kampung Tumang, Jawa Tengah posisinya diapit kaki pegunungan Merapi & Merbabu yang banyak dikenal . Kampung tsb diketahui sbg pusat bisnis seni tembaga. Seni tempa kerajinan berbahan logam kuningan sudah menyatu pd publik Tumang, Jawa Tengah. Lebih dari satu saudara Boyolali membangun bisnis di rumah kerajinan kuningan buat dipasarkan ke banyak pasar. Skill menempa kuningan didapati secara turun-temurun dari nenek-kakeknya. Banyak yang menyampaikan bahwa publik Tumang mengawali bisnis kerajinannya dengan cuma membuat alat keperluan rumah tangga diantaranya alat menanak nasi, wajan, alat merebus air, dan sebagainya walaupun demikian masa ini sudah berubah haluan ke kerajinan logam kuningan buat kebutuhan ornamen hotel, rumah, dan lainnya.





Seni ukir tembaga dan kuningan di desa Tumang, Jawa Tengah, akhir-akhir ini, mulai menarik dengan naiknya orderan, baik orderan lokal ataupun manca negara. Usaha kerajinan ukir tembaga semakin tumbuh pesat. Banyak orderan datang dari banyak wilayah di Republik Indonesia dan manca negara. Pesanan kerajinan logam mengalami penambahan sangat signifikan ini sebab oleh banyak variabel, diantaranya yaitu munculnya teknologi internet. Dgn munculnya teknologi internet maka akan menolong para ahli kerajinan kuningan buat mempromosikan kerajinan tembaganya ke semua wilayah dan berbagai negara. Teknologi internet cukup menolong para ahli kerajinan kuningan. Salah satu ahli kerajinan kuningan yang terbantu yaitu AA Gallery. Saat ini AA Gallery bisa mempromosikan produk kerajinan kuningan ke padang. Tak cuma tersebut saja, AA Gallery jg mempromosikan produk kerajinan tembaga ke batam.



Contoh Seni Logam yaitu lampu gantung, kerajinan relief, bowl, lampu dinding, lampu meja, ornamen masjid, air mancur, dan lainnya. Customer jg bisa memesan kerajinan kuningan sesuai dengan seleranya. Mereka bisa memiliki design sendiri AA Gallery yang membuatnya.


Mungkin sahaja banyak yang menanyakan harga kerajinan logam tersebut. Harga kerajinan kuningan cukup beragam walaupun demikian AA Gallery akan berupaya memberikan harga yang kompetitif. Harga kerajinan kuningan dipengaruhi oleh banyak variabel. Berikut ini yaitu lebih dari satu variabel yang mempengaruhi harga kerajinan tembaga : kualitas bahan kerajinan, ukuran kerajinan tembaga ( semakin besar ukuran kerajinan tembaga sudah sewajarnya harganya semakin mahal sebab bahan yang dimanfaatkan jg banyak, demikian sebaliknya semakin mini sudah sewajarnya harganya semakin murah sebab bahan yang dimanfaatkan semakin sedikit), level kerumitan pembuatan ( semakin rumit maka semakin mahal harganya, demikian sebaliknya semakin mudah, harganya jg semakin murah), kuantitas ( semakin banyak orderan sudah sewajarnya juga murah), jika orderan dari wilayah lainnya di luar Tumang sudah sewajarnya auto dikenai ongkir.

Kendala para pengusaha kerajinan logam tidak sedikit. Stabilitas ekonomi yang tidak stabil bisa mempengaruhi jumlah orderan. Harga bahan jg mempengaruhi harga kerajinan logam. Jika harga lempengan kuningan naik maka harga kerajinan logam akan naik. Problem lainnya, pengusaha Cepogo masih tergantung pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga akan berdampak pada harga kerajinan tembaga. Tapi selama customer bisa mendapatkan harga yang sudah ditetapkan pengrajin tembaga maka pengusaha tembaga bisa eksis walaupun minim untung. Oleh sebab tersebut, pebisnis kerajinan tembaga kontinyu berdoa kondisi ekonomi kontinyu stabil sehingga tidak mengganggu bisnis bisnis kerajinan logam.

Sebagai pebisnis kerajinan logam diharuskan inovatif dan diharuskan memantau selera prospek. Saat ini AA Gallery tidak cuma mendapatkan orderan kerajinan logam yang dibutuhkan buat kebutuhan dekorasi hotel tetapi sudah bertambah pd pembuatan kubah masjid. Sehubungan kubah masjid biasanya berukuran besar maka nilai projek kubah masjid jg bernilai besar. Mengenai design kubah bisa menyesuaikan kemauan customer.

Pd Ferbuari 2018 yang lampau, Islamic Center Padang Panjang sudah diresmikan. Salah satu hal yang membanggakan yaitu AA Gallery mendapatkan kepercayaan buat membuat dan memasang kubah masjid tembaga pd Masjid di Padang Panjang tersebut. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery buat tidak cuma satu saja tapi begitu banyak.

Islamic Center tersebut sudah diresmikan oleh Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia pada waktu itu. Sejak diresmikannya Islamic Center tersebut maka setelah itu mjd pusat aktivitas dan ibadah umat Islam di Padang Panjang. Masjid tersebut mjd kebanggaan bagi khalayak Sumatera Barat.

Setelah berpengalaman sejak th 1990-an, masa ini AA Gallery bertambah percaya diri untuk mendapatkan orderan kerajinan kuningan dari parepare. Berbekal pengalaman berpuluh tahun th berkarya seni kuningan, AA Gallery semakin mengerti metode guna membuat seni kuningan yang ber-quality dan cocok yang diinginkan oleh seluruh customer. Berhubungan dengan harga, AA Gallery berprinsip tidak masalah laba sedikit yang urgen customer puas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar