Sabtu, 07 Maret 2020

Industri Seni Ukir Logam Melayani Konsumen Kabupaten Belitung

Industri Seni Ukir Logam Melayani Konsumen Kabupaten Belitung . Perkampungan Tumang, Boyolali-Jawa Tengah posisinya di antara lereng pegunungan Merapi and Merbabu yang terkenal itu. Perkampungan tersebut dikenal sebagai sentra produsen seni ukir kuningan. Keindahan ukir kerajinan berbahan tembaga sudah mendarah daging pd publik Tumang, Boyolali-Jawa Tengah. Lebih dari satu family Cepogo membangun usaha di rumah kerajinan tembaga buat ditawarkan ke berbagai konsumen. Skill mengolah tembaga diwarisi secara turun-temurun dari sesepuhnya. Banyak yang menyampaikan bahwa publik Tumang mengawali usaha kerajinannya dgn sekedar membuat alat kebutuhan rumah tangga diantaranya dandang, panci, teko, dan lainnya walau demikian saat ini sudah berubah haluan ke kerajinan tembaga buat keperluan eksterior hotel, rumah, dan lain-lain.





Kerajinan ukir tembaga dan kuningan di perkampungan Tumang, Boyolali-Jawa Tengah, sekarang ini, mulai bergairah dgn naiknya jumlah pesanan, baik pesanan lokal ataupun luar negeri. Usaha kerajinan ukir kuningan semakin tumbuh pesat. Banyak pesanan berdatangan dari berbagai daerah di Indonesia dan manca negara. Orderan kerajinan logam tembaga bertambah cukup signifikan ini sebab oleh banyak faktor, contohnya yakni hadirnya teknologi website. Dg hadirnya teknologi internet maka akan menolong para perajin kerajinan tembaga buat mengenalkan kerajinan kuningannya ke semua daerah dan banyak negara. Teknologi internet begitu menolong para perajin kerajinan tembaga. Salah satu perajin kerajinan tembaga yang tertolong yakni AA Gallery. Masa Ini AA Gallery bisa mengenalkan produk kerajinan tembaga ke pariaman. Tidak sekedar tersebut saja, AA Gallery jg mengenalkan produk kerajinan tembaga ke yogyakarta.



Contoh Kerajinan Kuningan yakni robyong, kerajinan relief, lampu stand, lampu dinding, lampu meja, logo, ornamen masjid, air mancur, dan lainnya. Konsumen jg bisa mengorder kerajinan kuningan sesuai dgn kemauannya. Mereka bisa memiliki design sendiri kemudian AA Gallery yang meujudkannya.


Mgkn sahaja tidak sedikit yang bertanya-tanya harga kerajinan logam tersebut. Harga kerajinan kuningan begitu beragam walau demikian AA Gallery akan berusaha menawarkan harga yang kompetitif. Harga kerajinan kuningan disebabkan oleh banyak faktor. Berikut ini yakni banyak faktor yang memengaruhi harga kerajinan tembaga : mutu bahan kerajinan, besaran kerajinan tembaga ( bertambah besar besaran kerajinan tembaga sudah sewajarnya harganya bertambah mahal sebab bahan baku yang dimanfaatkan jg banyak, demikian sebaliknya bertambah kecil sudah sewajarnya harganya semakin murah sebab bahan yang dimanfaatkan semakin sedikit), tingkat kesulitan pembuatan ( bertambah sulit maka bertambah mahal harganya, demikian sebaliknya bertambah tak sulit, harga jg semakin murah), kuantitas ( bertambah banyak pesanan sudah sewajarnya semakin murah), jika pesanan dari daerah lain sudah sewajarnya akan ditambah biaya kirim.

Permasalahan para pengusaha kerajinan logam tak sedikit. Stabilitas ekonomi yang tak stabil bisa mempengaruhi banyaknya pesanan. Harga bahan baku jg mempengaruhi harga kerajinan logam. Ketika harga lempengan tembaga naik maka harga kerajinan logam juga naik. Permasalahan lain-lain, pengusaha Tumang masih pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga akan berdampak pada harga kerajinan tembaga. Tetapi selama konsumen bisa memperoleh harga yang sudah diputuskan pengrajin tembaga maka pengusaha tembaga bisa eksis walau demikian minim untung. Oleh sebab tersebut, perajin kerajinan tembaga terus-menerus bermimpi stabilitas ekonomi terus-menerus stabil jadi tak mengganggu usaha usaha kerajinan logam.

Sebagai perajin kerajinan logam diharuskan kreatif dan diharuskan memantau keinginan prospek. Sekarang AA Gallery tak sekedar memperoleh pesanan kerajinan logam yang dibutuhkan buat keperluan eksterior kantor tapi sudah bertambah pd pengerjaan kubah masjid. Mengingat kubah masjid biasanya ukurannya besar maka nilai proyek kubah masjid jg terbilang besar. Berhubungan dengan ukiran kubah bisa menyesuaikan keinginan konsumen.

Pada Ferbuari 2018 yang lampau, Islamic Center Padang Panjang sudah dibuka. Salah satu hal yang membanggakan yakni AA Gallery memperoleh kepercayaan buat membuat dan memasang kubah masjid tembaga buat Masjid di Padang Panjang tersebut. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery selesaikan tak sekedar satu sahaja melainkan banyak.

Islamic Center di Padang Panjang tersebut sudah dibuka oleh Bp. Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia pada waktu itu. Sejak diresmikannya Islamic Center di Padang Panjang tersebut maka kemudian menjadi sentra kegiatan dan ibadah bagi umat Islam di Padang Panjang. Masjid tersebut menjadi kebanggaan bagi warga Sumatera Barat.

Setelah memiliki pengalaman semenjak th 1990-an, saat ini AA Gallery bertambah percaya diri untuk memperoleh pesanan kerajinan tembaga dari bogor. Dengan modal pengalaman berpuluh tahun th berkarya seni kuningan, AA Gallery bertambah paham metode guna membuat seni kuningan yang bermutu dan cocok yang diharapkan oleh semua konsumen. Berkaitan dengan harga, AA Gallery berprinsip meski untung sedikit yang urgen konsumen puas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar