Sabtu, 07 Maret 2020

Perajin Kerajinan Tembaga Melayani Pelanggan Kabupaten Langkat

Perajin Kerajinan Tembaga Melayani Pelanggan Kabupaten Langkat . Kampung Tumang, Cepogo-Boyolali lokasinya diapit lereng gunung Merapi dan Merbabu yang banyak dikenal . Kampung tersebut disebut sbg sentra produsen kerajinan kuningan. Keindahan ukir kerajinan berbahan logam telah mendarah daging pada publik Tumang, Cepogo-Boyolali. Banyak keluarga Cepogo-Boyolali membangun bisnis rumahan kerajinan kuningan buat dipasarkan ke berbagai pasar. Skill mengolah kuningan diwarisi secara turun-temurun dari sesepuhnya. Tidak sedikit yang menyampaikan bahwa publik Tumang mengawali bisnis kerajinannya dgn cuma memproduksi alat kebutuhan rumah tangga seperti alat menanak nasi, panci, alat merebus air, dan sebagainya walau demikian kini telah berubah haluan ke kerajinan logam buat kebutuhan ornamen cafe, kantor, dan lainnya.





Kerajinan ukir tembaga dan kuningan di kampung Tumang, Cepogo-Boyolali, masa ini, mulai menarik dgn meningkatnya jumlah orderan, baik orderan nasional ataupun luar negeri. Bisnis kerajinan ukir kuningan selalu tumbuh tak terelakan. Banyak orderan datang dari berbagai daerah di Negara Tercinta dan manca negara. Pesanan kerajinan logam tembaga bertambah sangat signifikan ini dikarenakan oleh banyak parameter, contohnya merupakan munculnya teknologi dunia maya. Dg munculnya teknologi internet maka ingin memudahkan para produsen kerajinan kuningan buat mempromosikan produknya ke seluruh daerah dan manca negara. Teknologi internet begitu memudahkan para produsen kerajinan kuningan. Salah satu produsen kerajinan kuningan yang tertolong merupakan AA Gallery. Saat ini AA Gallery dapat mempromosikan produk kerajinan tembaga ke tidore kepulauan. Tidak cuma itu saja, AA Gallery jg mempromosikan produk kerajinan tembaga ke sorong.



Contoh Kerajinan Logam merupakan lampu gantung, relief, bowl, lampu dinding, ornamen masjid, air mancur, dan lain-lain. Pelanggan jg dapat memesan kerajinan kuningan sesuai dgn seleranya. Mereka dapat punya rancangan pribadi kemudian AA Gallery yang membuatnya.


Mungkin tidak sedikit yang ingin tahu harga kerajinan logam kuningan itu. Harga kerajinan kuningan begitu bervariasi walau demikian AA Gallery ingin berusaha memberikan harga yang pas. Harga kerajinan kuningan disebabkan oleh banyak parameter. Dibawah ini ini merupakan beberapa parameter yang memengaruhi harga kerajinan tembaga : mutu bahan baku kerajinan, size kerajinan tembaga ( bertambah besar size kerajinan tembaga semestinya harganya bertambah mahal dikarenakan bahan yang dipakai bertambah banyak, demikian sebaliknya bertambah mini semestinya harganya jg murah dikarenakan bahan yang dipakai jg sedikit), tingkat kesulitan produksi ( bertambah rumit maka bertambah mahal harganya, demikian sebaliknya bertambah tidak sulit, harganya jg juga murah), kuantitas ( bertambah banyak orderan semestinya juga murah), jika orderan dari daerah lain di luar Tumang semestinya akan ditambah biaya kirim.

Problem para produsen kerajinan logam kuningan tidak sedikit. Kondisi ekonomi yang tidak stabil dapat memengaruhi banyaknya orderan. Harga bahan jg memengaruhi harga kerajinan logam kuningan. Disaat harga lempengan kuningan naik maka harga kerajinan logam kuningan juga naik. Permasalahan lainnya, produsen Cepogo masih pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga ingin berdampak pada harga kerajinan tembaga. Walaupun Demikian selama pelanggan dapat mendapatkan harga yang telah diputuskan pengrajin tembaga maka produsen tembaga dapat eksis walau demikian minim untung. Oleh dikarenakan itu, produsen kerajinan tembaga selalu berharap stabilitas ekonomi selalu stabil sehingga tidak mengganggu bisnis bisnis kerajinan logam kuningan.

Sebagai produsen kerajinan logam kuningan harus inovatif dan harus menyesuaikan selera prospek. Sekarang AA Gallery tidak cuma mendapatkan orderan kerajinan logam kuningan yang dibutuhkan buat kebutuhan eksterior rumah namun telah merambah pada pembuatan kubah masjid. Sehubungan kubah masjid biasanya berukuran besar maka nilai projek kubah masjid jg dapat dikatakan besar. Berhubungan dengan design kubah dapat mengikuti kemauan pelanggan.

Pada bulan Ferbuari 2018 yang lalu, Islamic Center Padang Panjang telah dibuka. Salah satu hal yang keren merupakan AA Gallery mendapatkan kepercayaan buat memproduksi dan memasang kubah masjid tembaga untuk Masjid di Islamic Center itu. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery produksi tidak cuma satu saja tetapi banyak.

Islamic Center Padang Panjang itu telah dibuka oleh Bapak Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia masa itu. Sejak dibukanya Islamic Center Padang Panjang itu maka setelah itu mjd sentra aktivitas dan ibadah umat Islam di Padang Panjang. Masjid itu mjd kebanggaan bagi khalayak Padang Panjang.

Sesudah memiliki pengalaman semenjak tahun 1990-an, kini AA Gallery meningkat percaya diri untuk mendapatkan orderan kerajinan tembaga dari subulussalam. Berbekal pengalaman berpuluh tahun tahun membuat kerajinan logam, AA Gallery bertambah mengetahui metode untuk memproduksi kerajinan logam yang memiliki kualitas dan cocok yang diinginkan oleh seluruh pelanggan. Berhubungan dengan harga, AA Gallery berprinsip walaupun laba sedikit yang urgen pelanggan puas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar