Sabtu, 07 Maret 2020

Perajin Seni Logam Melayani Konsumen Kabupaten Blora

Perajin Seni Logam Melayani Konsumen Kabupaten Blora . Perkampungan Tumang, Cepogo-Jawa Tengah terletak di antara lereng gunung Merapi & Merbabu yang terkenal itu. Perkampungan tsb disebut sebagai pusat perajin kerajinan kuningan. Estetika ukir kerajinan berbahan logam kuningan telah mendarah daging pada publik Tumang, Cepogo-Jawa Tengah. Beberapa keluarga Boyolali membangun usaha di rumah kerajinan kuningan untuk dipasarkan ke berbagai konsumen. Ketrampilan menempa kuningan dimiliki secara turun-temurun dari kakek-neneknya. Banyak yang bercerita bahwa publik Tumang mengawali usaha kerajinannya dg sekadar membuat alat kebutuhan rumah tangga misalnya alat menanak nasi, wajan, ceret, serta lain-lain namun sekarang telah beralih ke kerajinan logam kuningan untuk keperluan ornamen cafe, rumah, serta lainnya.





Seni ukir tembaga serta kuningan di desa Tumang, Cepogo-Jawa Tengah, sekarang, mulai menggeliat dg meningkatnya orderan, baik orderan lokal maupun luar negeri. Kerja kerajinan ukir kuningan semakin tumbuh tak terelakan. Banyak orderan datang dari berbagai daerah di Negara Kita serta manca negara. Permintaan kerajinan logam bertambah begitu signifikan ini sebab oleh banyak parameter, contohnya ialah adanya teknologi internet. Dg adanya teknologi internet maka akan memudahkan para perajin kerajinan kuningan untuk mengiklankan produknya ke seluruh daerah serta banyak negara. Teknologi internet sangat memudahkan para perajin kerajinan kuningan. Salah satu perajin kerajinan kuningan yang terbantu ialah AA Gallery. Sekarang ini AA Gallery bisa mengiklankan produk kerajinan tembaga ke semarang. Tidak sekadar tersebut saja, AA Gallery jg mengiklankan produk kerajinan tembaga ke pekanbaru.



Contoh Seni Logam Kuningan ialah kerajinan kaligrafi, lampu gantung, relief, lampu stand, lampu dinding, logo, kubah masjid, air mancur, serta lainnya. Customer jg bisa memesan kerajinan logam sesuai dg seleranya. Mereka dapat mempunyai desain pribadi selanjutnya AA Gallery yang mengerjakannya.


Mgkn banyak yang bertanya-tanya harga kerajinan kuningan tersebut. Harga kerajinan logam sangat bermacam-macam namun AA Gallery akan berusaha memberikan harga yang sesuai. Harga kerajinan logam dipengaruhi oleh banyak parameter. Dibawah ini ini ialah banyak parameter yang memengaruhi harga kerajinan tembaga : mutu bahan kerajinan, ukuran kerajinan tembaga ( bertambah besar ukuran kerajinan tembaga tentu harganya bertambah mahal sebab bahan baku yang dipakai jg banyak, demikian juga sebaliknya bertambah kecil tentu harganya semakin murah sebab bahan yang dipakai semakin sedikit), level kesulitan pembuatan ( bertambah rumit maka bertambah mahal harganya, demikian juga sebaliknya bertambah gampang, harga jg semakin murah), kuantitas ( bertambah banyak orderan tentu semakin murah), jika orderan dari daerah lainnya di luar Tumang tentu akan ditambah ongkir.

Permasalahan para pengrajin kerajinan kuningan tidak sedikit. Kondisi ekonomi yang tidak stabil bisa mempengaruhi jumlah orderan. Harga bahan baku jg mempengaruhi harga kerajinan kuningan. Jika harga lempengan kuningan naik maka harga kerajinan kuningan jg naik. Permasalahan lainnya, pengrajin Boyolali-Jateng masih pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga akan berdampak pada harga kerajinan tembaga. Walaupun Demikian selama customer bisa memperoleh harga yang telah ditentukan pengrajin tembaga maka pengrajin tembaga bisa eksis meskipun minim untung. Oleh sebab tersebut, produsen kerajinan tembaga tetap berdoa kondisi ekonomi tetap stabil sehingga tidak mengganggu usaha usaha kerajinan kuningan.

Sebagai produsen kerajinan kuningan diharuskan inovatif serta diharuskan menyesuaikan permintaan masyarakat. Sekarang ini AA Gallery tidak sekadar memperoleh orderan kerajinan kuningan yang dibutuhkan untuk keperluan interior kantor tapi telah merambah pada projek kubah masjid. Berhubung kubah masjid pada umumnya berukuran besar maka nilai projek kubah masjid jg bernilai besar. Tentang desain kubah bisa mengikuti kemauan customer.

Pd bulan Ferbuari 2018 yang lalu, Islamic Center Padang Panjang telah diresmikan. Salah satu hal yang menarik ialah AA Gallery memperoleh kepercayaan untuk membuat serta memasang kubah masjid tembaga pada Masjid di Padang Panjang tersebut. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery selesaikan tidak sekadar satu saja melainkan begitu banyak.

Islamic Center Padang Panjang tersebut telah dibuka secara resmi oleh Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia pada waktu itu. Sejak dibukanya Islamic Center Padang Panjang tersebut maka setelah itu mjd pusat kegiatan serta ibadah buat umat Islam di Padang Panjang. Masjid tersebut mjd kebanggaan bagi khalayak Sumatera Barat.

Sesudah berpengalaman semenjak th 1990-an, sekarang AA Gallery semakin percaya diri untuk memperoleh orderan kerajinan kuningan dari langsa. Berbekal pengalaman berpuluh tahun th memproduksi seni kuningan, AA Gallery bertambah mengetahui cara guna membuat seni kuningan yang memiliki kualitas serta sesuai yang diharapkan oleh semua customer. Berhubungan dengan harga, AA Gallery berprinsip walau untung sedikit yang urgen customer terpuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar