Sabtu, 07 Maret 2020

Pengrajin Kerajinan Logam Tembaga Melayani Pasar Kabupaten Tegal

Pengrajin Kerajinan Logam Tembaga Melayani Pasar Kabupaten Tegal . Kampung Tumang, Cepogo-Boyolali posisinya diapit kaki pegunungan Merapi and Merbabu yang terkenal itu. Kampung tersebut dikenal sbg sentra industri kerajinan tembaga. Keindahan tempa kerajinan berbahan kuningan telah mendarah daging pd orang Tumang, Cepogo-Boyolali. Banyak keluarga Cepogo membangun usaha di rumah kerajinan kuningan buat ditawarkan ke beragam konsumen. Ketrampilan mengolah kuningan diwarisi secara turun-temurun dari sesepuhnya. Tidak sedikit yang menyampaikan bahwa orang Tumang mengawali usaha kerajinannya dgn hanya menghasilkan alat perkakas rumah tangga seperti dandang, panci, ceret, serta lainnya namun kini telah beralih ke kerajinan kuningan buat kebutuhan eksterior masjid, gedung, serta lain-lain.





Kerajinan ukir tembaga serta kuningan di kampung Tumang, Cepogo-Boyolali, kini, mulai menggeliat dgn meningkatnya jumlah permintaan, baik permintaan lokal ataupun internasional. Bisnis kerajinan ukir tembaga tetap tumbuh pesat. Banyak permintaan berdatangan dari beragam daerah di Republik Indonesia serta manca negara. Permintaan kerajinan logam mengalami kenaikan begitu signifikan ini dikarenakan oleh banyak variabel, contohnya merupakan munculnya teknologi internet. Dgn munculnya teknologi website maka ingin memudahkan para perajin kerajinan kuningan buat mengenalkan produknya ke seluruh daerah serta manca negara. Teknologi website amat memudahkan para perajin kerajinan kuningan. Salah satu perajin kerajinan kuningan yang terbantu merupakan AA Gallery. Kini AA Gallery bisa mengenalkan produk kerajinan tembaga ke depok. Tidak hanya tsb saja, AA Gallery jg mengenalkan produk kerajinan tembaga ke gorontalo.



Contoh Kerajinan Kuningan merupakan lampu gantung, kerajinan relief, bowl, lampu dinding, lampu meja, logo, kubah masjid, bak mandi, serta lainnya. Pelanggan jg bisa mengorder kerajinan logam tembaga sesuai dgn kemauannya. Mereka bisa memiliki desain pribadi selanjutnya AA Gallery yang memproduksinya.


Mgkn banyak yang menanyakan harga kerajinan logam tembaga tsb. Harga kerajinan logam tembaga amat bervariasi namun AA Gallery ingin berusaha menawarkan harga yang menarik. Harga kerajinan logam tembaga disebabkan oleh banyak variabel. Diantaranya sbb ini merupakan banyak variabel yang mempengaruhi harga kerajinan tembaga : kualitas bahan kerajinan, besarnya kerajinan tembaga ( bertambah besar besarnya kerajinan tembaga sudah sewajarnya harganya bertambah mahal dikarenakan bahan yang digunakan jg banyak, demikian sebaliknya bertambah mini sudah sewajarnya harganya juga murah dikarenakan bahan yang digunakan juga sedikit), tingkat kerumitan produksi ( bertambah rumit maka bertambah mahal harganya, demikian sebaliknya bertambah mudah, harganya jg juga murah), jumlah pembelian ( bertambah banyak permintaan sudah sewajarnya juga murah), untuk permintaan dari daerah lainnya sudah sewajarnya mau-tidak mau ditambah biaya kirim.

Permasalahan para ahli kerajinan logam tembaga nggak sedikit. Kondisi ekonomi yang nggak stabil bisa memengaruhi banyaknya permintaan. Harga bahan jg memengaruhi harga kerajinan logam tembaga. Jikalau harga lempengan kuningan naik maka harga kerajinan logam tembaga jg naik. Permasalahan lain-lain, ahli Boyolali-Jawa Tengah masih pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga ingin berdampak pada harga kerajinan tembaga. Walau Demikian selama customer bisa mendapat harga yang telah diputuskan pengrajin tembaga maka ahli tembaga bisa eksis meski minim untung. Oleh dikarenakan tsb, produsen kerajinan tembaga selalu menginginkan kondisi ekonomi selalu stabil sehingga nggak mengganggu usaha usaha kerajinan logam tembaga.

Sebagai produsen kerajinan logam tembaga harus inovatif serta harus menyesuaikan selera prospek. Sekarang AA Gallery nggak hanya mendapat permintaan kerajinan logam tembaga yang dibutuhkan buat kebutuhan eksterior hotel tapi telah merambah pd projek kubah masjid. Berhubung kubah masjid pada umumnya berukuran besar maka nilai projek kubah masjid jg terbilang besar. Berkaitan dengan ukiran kubah bisa mengikuti kemauan customer.

Pada bulan Ferbuari 2018 yang lalu, Islamic Center Padang Panjang telah diresmikan. Salah satu hal yang menarik merupakan AA Gallery mendapat kepercayaan buat menghasilkan serta memasang kubah masjid tembaga buat Masjid di Islamic Center tsb. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery selesaikan nggak hanya satu saja tetapi sangat banyak.

Islamic Center di Padang Panjang tsb telah dibuka secara resmi oleh ketua MPR Indonesia masa itu. Sejak dibukanya Islamic Center di Padang Panjang tsb maka selanjutnya menjadi sentra aktivitas serta ibadah umat Islam di Padang Panjang. Masjid tsb menjadi kebanggaan bagi khalayak Sumatera Barat.

Setelah berpengalaman sejak th 1990-an, kini AA Gallery bertambah percaya diri untuk mendapat permintaan kerajinan tembaga dari banjarbaru. Dengan bekal pengalaman berpuluh tahun th memproduksi seni tembaga, AA Gallery bertambah tahu teknik guna menghasilkan seni tembaga yang bermutu serta sesuai yang diharapkan oleh semua customer. Berhubungan dengan harga, AA Gallery berprinsip walau laba sedikit yang urgen customer terpuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar