Sabtu, 07 Maret 2020

Ahli Seni Ukir Kuningan Melayani Pelanggan Kabupaten Siau Tagulandang Biaro

Ahli Seni Ukir Kuningan Melayani Pelanggan Kabupaten Siau Tagulandang Biaro . Perkampungan Tumang, Boyolali posisinya di antara lereng pegunungan Merapi dan Merbabu yg termahsyur itu. Perkampungan tsb disebut sbg pusat ahli kerajinan kuningan. Estetika tempa kerajinan berbahan logam tembaga sudah menyatu pada publik Tumang, Boyolali. Lebih dari satu family Cepogo membangun bisnis di rumah kerajinan kuningan untuk dijual ke beragam konsumen. Keahlian menempa kuningan didapatkan secara turun-temurun dari para pendahulunya. Tidak sedikit yg menjelaskan bahwa publik Tumang memulai bisnis kerajinannya dgn hanya menghasilkan alat keperluan rumah tangga contohnya alat menanak nasi, wajan, ceret, juga lainnya walau demikian masa ini sudah berubah haluan ke kerajinan logam tembaga untuk keperluan dekorasi restoran, gedung, juga lain-lain.





Seni ukir tembaga juga kuningan di perkampungan Tumang, Boyolali, kini, mulai memberi harapan dgn naiknya jumlah pesanan, baik pesanan daerah maupun internasional. Bisnis kerajinan ukir kuningan terus tumbuh tak terelakan. Banyak pesanan berdatangan dari beragam daerah di Indonesia juga manca negara. Orderan kerajinan logam mengalami penambahan signifikan ini dikarenakan oleh banyak faktor, contohnya yaitu hadirnya teknologi website. Dengan hadirnya teknologi internet maka mau membantu para perajin kerajinan kuningan untuk mempromosikan produknya ke seluruh daerah juga berbagai negara. Teknologi internet cukup membantu para perajin kerajinan kuningan. Salah satu perajin kerajinan kuningan yg tertolong yaitu AA Gallery. Sekarang ini AA Gallery dapat mempromosikan produk kerajinan tembaga ke banjarmasin. Tidak hanya tersebut saja, AA Gallery jg mempromosikan produk kerajinan tembaga ke banjarmasin.



Contoh Seni Logam yaitu robyong, kerajinan relief, lampu stand, lampu dinding, lampu meja, ornamen masjid, bak mandi, juga lain-lain. Customer jg dapat memesan kerajinan sesuai dgn keinginannya. Mereka bisa memiliki rancangan pribadi setelah itu AA Gallery yg membuatnya.


Mungkin sahaja tidak sedikit yg ingin tahu harga kerajinan kuningan tersebut. Harga kerajinan cukup beragam walau demikian AA Gallery mau berusaha memberikan harga yg sesuai. Harga kerajinan ditentukan oleh banyak faktor. Berikut ini ini yaitu beberapa faktor yg memengaruhi harga kerajinan tembaga : kualiti bahan kerajinan, besaran kerajinan tembaga ( semakin besar besaran kerajinan tembaga tentu harganya semakin tinggi dikarenakan bahan baku yg dimanfaatkan juga banyak, demikian juga sebaliknya semakin kecil tentu harganya jg murah dikarenakan bahan yg dimanfaatkan jg sedikit), tingkat kerumitan pembuatan ( semakin rumit maka semakin tinggi harganya, demikian juga sebaliknya semakin mudah, harganya jg menjadi murah), jumlah pembelian ( semakin banyak pesanan tentu juga murah), jika pesanan dari daerah lainnya tentu otomatis dikenai biaya kirim.

Problem para pebisnis kerajinan kuningan tak sedikit. Stabilitas ekonomi yg tak stabil dapat memengaruhi jumlah pesanan. Harga bahan baku jg memengaruhi harga kerajinan kuningan. Jika harga lempengan kuningan mahal maka harga kerajinan kuningan jg mahal. Permasalahan lain-lain, pebisnis Cepogo-Boyolali masih pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga mau berdampak pada harga kerajinan tembaga. Namun selama customer dapat mendapat harga yg sudah ditetapkan pengrajin tembaga maka pebisnis tembaga dapat eksis walau demikian minim untung. Oleh dikarenakan tersebut, ahli kerajinan tembaga tetap menginginkan stabilitas ekonomi tetap stabil shngg tak mengganggu bisnis bisnis kerajinan kuningan.

Sebagai ahli kerajinan kuningan wajib kreatif juga wajib memantau selera pasar. Sekarang ini AA Gallery tak hanya mendapat pesanan kerajinan kuningan yg dibutuhkan untuk keperluan eksterior rumah tetapi sudah merambah pada pengerjaan kubah masjid. Mengingat kubah masjid pada umumnya berukuran besar maka nilai proyek kubah masjid jg terbilang besar. Mengenai desain kubah dapat mengikuti keinginan customer.

Pada Ferbuari 2018 yg lalu, Islamic Center Padang Panjang sudah dibuka. Salah satu hal yg menarik yaitu AA Gallery mendapat kepercayaan untuk menghasilkan juga memasang kubah masjid tembaga buat Masjid di Padang Panjang tersebut. Kubah masjid tembaga yg AA Gallery produksi tak hanya satu sahaja tetapi begitu banyak.

Islamic Center Padang Panjang tersebut sudah dibuka oleh ketua MPR Indonesia saat itu. Semenjak dibukanya Islamic Center Padang Panjang tersebut maka kemudian mjd pusat kegiatan juga ibadah buat umat Islam di Padang Panjang. Masjid tersebut mjd kebanggaan bagi khalayak Sumatera Barat.

Sesudah berpengalaman sejak tahun 1990-an, masa ini AA Gallery bertambah percaya diri untuk mendapat pesanan kerajinan kuningan dari tanjung pinang. Bermodal pengalaman puluhan tahun menghasilkan seni tembaga, AA Gallery semakin mengetahui teknik untuk menghasilkan seni tembaga yg berkualiti juga cocok yg diharapkan oleh seluruh customer. Berkaitan dengan harga, AA Gallery berprinsip walaupun laba sedikit yg urgen customer puas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar