Sabtu, 07 Maret 2020

Pengusaha Kerajinan Logam Melayani Konsumen Kabupaten Yalimo

Pengusaha Kerajinan Logam Melayani Konsumen Kabupaten Yalimo . Perkampungan Tumang, Jawa Tengah berlokasi di antara kaki gunung Merapi dan Merbabu yang terkenal . Perkampungan Tumang tersebut dikenal sbg pusat bisnis kerajinan tembaga. Seni tempa kerajinan berbahan logam sudah menyatu pd masyarakat Tumang, Jawa Tengah. Beberapa saudara di sana mendirikan usaha di rumah kerajinan tembaga untuk dijual ke bermacam pasar. Skill mengukir tembaga dipunyai secara turun-temurun dari nenek moyangnya. Tidak sedikit yang menyampaikan bahwa masyarakat Tumang mengawali usaha kerajinannya dgn sekadar membuat alat kebutuhan rumah tangga contohnya alat menanak nasi, panci, alat merebus air, and lain-lain walau demikian saat ini sudah berubah haluan ke kerajinan logam untuk keperluan dekorasi restoran, gedung, and lainnya.





Kerajinan ukir tembaga and kuningan di desa Tumang, Jawa Tengah, baru-baru ini, mulai menggeliat dgn naiknya orderan, baik orderan lokal ataupun luar negeri. Bisnis kerajinan ukir tembaga terus berkembang cepat. Banyak orderan datang dari bermacam wilayah di Indonesia and manca negara. Permintaan kerajinan logam semakin begitu signifikan ini karena oleh banyak parameter, diantaranya ialah hadirnya teknologi cyber. Dgn hadirnya teknologi internet maka akan memudahkan para pengrajin kerajinan tembaga untuk mengenalkan kerajinan kuningannya ke seluruh wilayah and banyak negara. Teknologi internet begitu memudahkan para pengrajin kerajinan tembaga. Salah satu pengrajin kerajinan tembaga yang tertolong ialah AA Gallery. Masa Ini AA Gallery dpt mengenalkan produk kerajinan tembaga ke kediri. Tak sekadar tersebut saja, AA Gallery juga mengenalkan produk kerajinan tembaga ke kutai kartanegara.



Contoh Kerajinan Tembaga ialah kerajinan kaligrafi, robyong, relief, lampu stand, lampu dinding, logo, kubah masjid, bak mandi, and lain-lain. Customer juga dpt memesan kerajinan logam kuningan sesuai dgn seleranya. Mereka dapat memiliki design sendiri setelah itu AA Gallery yang mengerjakannya.


Mungkin sahaja tidak sedikit yang menanyakan harga kerajinan tembaga tersebut. Harga kerajinan logam kuningan begitu bermacam-macam walau demikian AA Gallery akan berusaha menawarkan harga yang menarik. Harga kerajinan logam kuningan dipengaruhi oleh banyak parameter. Dibawah ini ini ialah banyak parameter yang menyebabkan harga kerajinan tembaga : kualitas bahan kerajinan, besaran kerajinan tembaga ( bertambah besar besaran kerajinan tembaga tentu harganya bertambah mahal karena bahan yang dimanfaatkan semakin banyak, demikian juga sebaliknya bertambah mungil tentu harganya semakin murah karena bahan yang dimanfaatkan semakin sedikit), level kerumitan pembuatan ( bertambah sulit maka bertambah mahal harganya, demikian juga sebaliknya bertambah tidak sulit, harga juga semakin murah), jumlah pembelian ( bertambah banyak orderan tentu semakin murah), untuk orderan dari wilayah lainnya tentu secara otomatis dikenai biaya kirim.

Permasalahan para pengrajin kerajinan tembaga tidak sedikit. Kondisi ekonomi yang tidak stabil dpt memengaruhi jumlah orderan. Harga bahan juga memengaruhi harga kerajinan tembaga. Jika harga lempengan tembaga mahal maka harga kerajinan tembaga jg mahal. Problem lainnya, pengrajin Boyolali masih tergantung pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga akan berdampak pada harga kerajinan tembaga. Walau Demikian selama customer dpt mendapatkan harga yang sudah ditentukan pengrajin tembaga maka pengrajin tembaga dpt eksis walau minim untung. Oleh karena tersebut, perajin kerajinan tembaga kontinyu menginginkan kondisi ekonomi kontinyu stabil jadi tidak mengganggu usaha usaha kerajinan tembaga.

Sebagai perajin kerajinan tembaga wajib kreatif and wajib menyesuaikan permintaan konsumen. Saat ini AA Gallery tidak sekadar mendapatkan orderan kerajinan tembaga yang dibutuhkan untuk keperluan dekorasi hotel tetapi sudah merambah pd pengerjaan kubah masjid. Sehubungan kubah masjid umumnya berukuran besar maka harga kubah masjid juga dapat dikatakan besar. Mengenai hiasan kubah dpt menyesuaikan keinginan customer.

Pada Ferbuari 2018 yang lalu, Islamic Center Padang Panjang sudah dibuka. Salah satu hal yang membanggakan ialah AA Gallery mendapatkan kepercayaan untuk membuat and memasang kubah masjid tembaga pada Masjid di Islamic Center tersebut. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery selesaikan tidak sekadar satu saja tetapi banyak.

Islamic Center Padang Panjang tersebut sudah diresmikan oleh Bp. Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia pada waktu itu. Semenjak dibukanya Islamic Center Padang Panjang tersebut maka setelah itu mjd pusat kegiatan and ibadah buat umat Islam di Padang Panjang. Masjid tersebut mjd kebanggaan bagi khalayak Padang Panjang.

Setelah memiliki pengalaman semenjak tahun 1990-an, saat ini AA Gallery bertambah percaya diri untuk mendapatkan orderan kerajinan kuningan dari sukabumi. Dengan bekal pengalaman berpuluh tahun tahun berkarya seni tembaga, AA Gallery bertambah paham cara guna membuat seni tembaga yang bermutu and sesuai yang diharapkan oleh seluruh customer. Berkaitan dengan harga, AA Gallery berprinsip walau untung sedikit yang urgen customer terpuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar