Sabtu, 07 Maret 2020

Produsen Seni Ukir Tembaga Melayani Pasar Kabupaten Purworejo

Produsen Seni Ukir Tembaga Melayani Pasar Kabupaten Purworejo . Kampung Tumang, Jateng berlokasi di antara kaki gunung Merapi & Merbabu yang terkenal itu. Kampung tsb dikenal sbg sentra produsen seni tembaga. Seni tempa kerajinan berbahan kuningan sudah mendarah daging pd publik Tumang, Jateng. Banyak family di sana mendirikan bisnis rumahan kerajinan kuningan untuk dijual ke berbagai konsumen. Skill mengolah kuningan diwarisi secara turun-temurun dari para sesepuhnya. Banyak yang menceritakan bahwa publik Tumang mengawali bisnis kerajinannya dgn sekadar memproduksi alat perkakas rumah tangga seperti alat menanak nasi, wajan, baskom, and lainnya walaupun demikian sekarang sudah bertolak ke kerajinan kuningan untuk keperluan interior cafe, rumah, and lain.





Seni ukir tembaga and kuningan di perkampungan Tumang, Jateng, saat ini, mulai menarik dgn meningkatnya jumlah orderan, baik orderan lokal maupun internasional. Usaha kerajinan ukir tembaga selalu tumbuh cepat. Banyak orderan datang dari berbagai daerah di Indonesia and manca negara. Permintaan kerajinan kuningan bertambah cukup signifikan ini karena oleh banyak faktor, contohnya yaitu munculnya teknologi dunia maya. Dg munculnya teknologi website maka mau memudahkan para produsen kerajinan kuningan untuk mempromosikan produknya ke seluruh daerah and manca negara. Teknologi website begitu memudahkan para produsen kerajinan kuningan. Salah satu produsen kerajinan kuningan yang terbantu yaitu AA Gallery. Kini AA Gallery dpt mempromosikan produk kerajinan tembaga ke palopo. Tidak sekadar tsb saja, AA Gallery jg mempromosikan produk kerajinan tembaga ke blitar.



Contoh Seni Logam Tembaga yaitu kerajinan kaligrafi, robyong, kerajinan relief, lampu stand, lampu dinding, ornamen masjid, air mancur, and lain-lain. Customer jg dpt mengorder kerajinan logam sesuai dgn kemauannya. Mereka dpt mempunyai design sendiri lalu AA Gallery yang memproduksinya.


Mgkn banyak yang bertanya-tanya harga kerajinan tembaga tsb. Harga kerajinan logam begitu beraneka ragam walaupun demikian AA Gallery mau berusaha memberikan harga yang sesuai. Harga kerajinan logam dipengaruhi oleh banyak faktor. Berikut ini ini yaitu beberapa faktor yang mempengaruhi harga kerajinan tembaga : kualiti bahan kerajinan, size kerajinan tembaga ( semakin besar size kerajinan tembaga tentu saja harganya semakin tinggi karena bahan baku yang dipakai juga banyak, demikian sebaliknya semakin kecil tentu saja harganya jg murah karena bahan yang dipakai jg sedikit), tingkat kesulitan produksi ( semakin rumit maka semakin tinggi harganya, demikian sebaliknya semakin gampang, harga jg menjadi murah), jumlah pembelian ( semakin banyak orderan tentu saja semakin murah), jika orderan dari daerah lainnya di luar Tumang tentu saja secara otomatis ditambah ongkir.

Problem para pebisnis kerajinan tembaga tak sedikit. Kondisi ekonomi yang tak stabil dpt mempengaruhi jumlah orderan. Harga bahan baku jg mempengaruhi harga kerajinan tembaga. Jika harga lempengan kuningan naik maka harga kerajinan tembaga jg naik. Problem lain, pebisnis Cepogo masih tergantung pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga mau berdampak pada harga kerajinan tembaga. Akan Tetapi selama konsumen dpt menerima harga yang sudah ditentukan pengrajin tembaga maka pebisnis tembaga dpt eksis walaupun minim untung. Oleh karena tsb, perajin kerajinan tembaga kontinyu bermimpi stabilitas ekonomi kontinyu stabil sehingga tak mengganggu bisnis bisnis kerajinan tembaga.

Sebagai perajin kerajinan tembaga diharuskan inovatif and diharuskan menyesuaikan permintaan prospek. Sekarang AA Gallery tak sekadar menerima orderan kerajinan tembaga yang dibutuhkan untuk keperluan interior kantor tapi sudah bertambah pd pengerjaan kubah masjid. Sehubungan kubah masjid pada umumnya ukurannya besar maka nilai proyek kubah masjid jg dapat dikatakan besar. Mengenai design kubah dpt menyesuaikan kemauan konsumen.

Pada bln Ferbuari 2018 yang lampau, Islamic Center Padang Panjang sudah dibuka. Salah satu hal yang menarik yaitu AA Gallery menerima kepercayaan untuk memproduksi and memasang kubah masjid tembaga pada Masjid di Islamic Center tsb. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery kerjakan tak sekadar satu saja tapi begitu banyak.

Islamic Center di Padang Panjang tsb sudah diresmikan oleh ketua MPR Indonesia saat itu. Semenjak diresmikannya Islamic Center di Padang Panjang tsb maka selanjutnya mjd sentra aktivitas and ibadah umat Islam di Sumatera Barat. Masjid tsb mjd kebanggaan bagi khalayak Padang Panjang.

Setelah memiliki pengalaman semenjak th 1990-an, sekarang AA Gallery meningkat percaya diri untuk menerima orderan kerajinan tembaga dari bitung. Bermodalkan pengalaman berpuluh tahun th berkarya kerajinan logam, AA Gallery semakin mengerti metode untuk memproduksi kerajinan logam yang berkualitas and cocok yang diinginkan oleh semua konsumen. Berkaitan dengan harga, AA Gallery berprinsip walau laba sedikit yang urgen konsumen terpuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar