Sabtu, 07 Maret 2020

Perajin Kerajinan Kuningan Melayani Prospek Kabupaten Fakfak

Perajin Kerajinan Kuningan Melayani Prospek Kabupaten Fakfak . Perkampungan Tumang, Jawa Tengah berlokasi diapit kaki pegunungan Merapi dan Merbabu yg termahsyur . Perkampungan tsb disebut sbg pusat bisnis kerajinan tembaga. Keindahan tempa kerajinan berbahan logam kuningan telah menyatu pada publik Tumang, Jawa Tengah. Beberapa saudara Cepogo membangun usaha rumahan kerajinan logam buat ditawarkan ke beragam konsumen. Keahlian mengolah logam diwarisi secara turun-temurun dari sesepuhnya. Banyak yg bercerita bahwa publik Tumang mengawali usaha kerajinannya dengan cuma memproduksi alat kebutuhan rumah tangga seperti dandang, wajan, baskom, serta sebagainya walau demikian sekarang ini telah berganti ke kerajinan logam kuningan buat keperluan eksterior masjid, rumah, serta lainnya.





Kerajinan ukir tembaga serta kuningan di perkampungan Tumang, Jawa Tengah, saat ini, mulai menggeliat dengan meningkatnya pesanan, baik pesanan nasional ataupun internasional. Bisnis kerajinan ukir tembaga terus tumbuh pesat. Banyak pesanan datang dari beragam wilayah di NKRI serta manca negara. Pesanan kerajinan logam kuningan semakin sangat signifikan ini karena oleh banyak variabel, diantaranya adalah munculnya teknologi internet. Dengan munculnya teknologi website maka akan memudahkan para produsen kerajinan logam buat menawarkan produknya ke seluruh wilayah serta berbagai negara. Teknologi website sangat memudahkan para produsen kerajinan logam. Salah satu produsen kerajinan logam yg terbantu adalah AA Gallery. Kini AA Gallery dapat menawarkan produk kerajinan kuningan ke singkawang. Tak cuma itu saja, AA Gallery juga menawarkan produk kerajinan tembaga ke gunung sitoli.



Contoh Kerajinan Logam Kuningan adalah kerajinan kaligrafi, lampu gantung, kerajinan relief, lampu stand, lampu dinding, logo, ornamen masjid, bak mandi, serta lain-lain. Pelanggan juga dapat memesan kerajinan logam sesuai dengan keinginannya. Mereka bisa memiliki rancangan pribadi lalu AA Gallery yg memproduksinya.


Mungkin banyak yg ingin tahu harga kerajinan kuningan itu. Harga kerajinan logam sangat beraneka ragam walau demikian AA Gallery akan berupaya menawarkan harga yg menarik. Harga kerajinan logam dipengaruhi oleh banyak variabel. Berikut ini adalah banyak variabel yg mempengaruhi harga kerajinan tembaga : kualiti bahan kerajinan, ukuran kerajinan tembaga ( semakin besar ukuran kerajinan tembaga semestinya harganya semakin mahal karena bahan baku yg digunakan bertambah banyak, demikian jg sebaliknya semakin mungil semestinya harganya semakin murah karena bahan yg digunakan semakin sedikit), tingkat kesulitan produksi ( semakin sulit maka semakin mahal harganya, demikian jg sebaliknya semakin gampang, harganya juga juga murah), jumlah pembelian ( semakin banyak pesanan semestinya juga murah), jika pesanan dari wilayah lain di luar Tumang semestinya akan dikenai ongkir.

Kendala para pengrajin kerajinan kuningan tdk sedikit. Kondisi ekonomi yg tdk stabil dapat memengaruhi banyaknya pesanan. Harga bahan baku juga memengaruhi harga kerajinan kuningan. Disaat harga lempengan logam naik maka harga kerajinan kuningan jg naik. Problem lainnya, pengrajin Jawa Tengah masih tergantung pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga akan berdampak pada harga kerajinan tembaga. Namun selama pelanggan dapat menerima harga yg telah diputuskan pengrajin tembaga maka pengrajin tembaga dapat eksis walau demikian minim untung. Oleh karena itu, pebisnis kerajinan tembaga tetap ingin stabilitas ekonomi tetap stabil sehingga tdk mengganggu usaha usaha kerajinan kuningan.

Sebagai pebisnis kerajinan kuningan harus inovatif serta harus menyesuaikan permintaan konsumen. Saat ini AA Gallery tdk cuma menerima pesanan kerajinan kuningan yg dibutuhkan buat keperluan asesoris kantor tetapi telah bertambah pada pengerjaan kubah masjid. Sehubungan kubah masjid pada umumnya berukuran besar maka harga kubah masjid juga bernilai besar. Mengenai design kubah dapat menyesuaikan keinginan pelanggan.

Pd Ferbuari 2018 yg lalu, Islamic Center Padang Panjang telah diresmikan. Salah satu hal yg membanggakan adalah AA Gallery menerima kepercayaan buat memproduksi serta memasang kubah masjid tembaga untuk Masjid di Padang Panjang itu. Kubah masjid tembaga yg AA Gallery buat tdk cuma satu sahaja melainkan banyak.

Islamic Center di Padang Panjang itu telah dibuka oleh ketua MPR Indonesia masa itu. Sejak diresmikannya Islamic Center di Padang Panjang itu maka selanjutnya menjadi pusat aktivitas serta ibadah umat Islam di Sumatera Barat. Masjid itu menjadi kebanggaan bagi masyarakat Indonesia.

Sesudah berpengalaman sejak thn 1990-an, sekarang ini AA Gallery bertambah percaya diri untuk menerima pesanan kerajinan tembaga dari solo. Dengan bekal pengalaman puluhan thn menghasilkan seni logam, AA Gallery semakin mengetahui metode guna memproduksi seni logam yg bermutu serta sesuai yg diharapkan oleh semua pelanggan. Mengenai harga, AA Gallery berprinsip walau laba sedikit yg penting pelanggan puas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar