Sabtu, 07 Maret 2020

Ahli Seni Logam Tembaga Melayani Pelanggan Kabupaten Kolaka Timur

Ahli Seni Logam Tembaga Melayani Pelanggan Kabupaten Kolaka Timur . Desa Tumang, Cepogo berlokasi di antara lereng pegunungan Merapi & Merbabu yang termahsyur . Desa Tumang tersebut dikenal sebagai sentra perajin seni ukir tembaga. Keindahan tempa kerajinan berbahan kuningan sudah mendarah daging pada masyarakat Tumang, Cepogo. Lebih dari satu saudara Jawa Tengah membangun usaha rumahan kerajinan kuningan untuk dipasarkan ke banyak konsumen. Ketrampilan menempa kuningan didapati secara turun-temurun dari pendahulunya. Banyak yang bercerita bahwa masyarakat Tumang mengawali usaha kerajinannya dengan sekadar memproduksi alat kebutuhan rumah tangga contohnya alat menanak nasi, panci, baskom, and sebagainya akan tetapi sekarang sudah berubah haluan ke kerajinan kuningan untuk kebutuhan asesoris restoran, kantor, and lain-lain.





Seni ukir tembaga and kuningan di desa Tumang, Cepogo, kini, mulai menarik dengan naiknya jumlah pesanan, baik pesanan lokal atau manca negara. Usaha kerajinan ukir tembaga terus tumbuh tak terelakan. Banyak pesanan berdatangan dari banyak daerah di Negeri Kita and manca negara. Pesanan kerajinan logam mengalami penambahan cukup signifikan ini karena oleh banyak parameter, diantaranya ialah munculnya teknologi dunia maya. Dg munculnya teknologi internet maka akan menolong para industri kerajinan kuningan untuk mempromosikan kerajinan kuningannya ke seluruh daerah and banyak negara. Teknologi internet menolong para industri kerajinan kuningan. Salah satu industri kerajinan kuningan yang tertolong ialah AA Gallery. Saat ini AA Gallery bisa mempromosikan produk kerajinan tembaga ke bitung. Tdk sekadar tsb saja, AA Gallery jg mempromosikan produk kerajinan tembaga ke pangkal pinang.



Contoh Seni Kuningan ialah lampu gantung, kerajinan relief, bowl, lampu dinding, logo, kubah masjid, bak mandi, and lainnya. Customer jg bisa memesan kerajinan kuningan sesuai dengan seleranya. Mereka dpt punya desain pribadi selanjutnya AA Gallery yang membuatnya.


Mungkin sahaja tidak sedikit yang menanyakan harga kerajinan logam tembaga tsb. Harga kerajinan kuningan bervariasi akan tetapi AA Gallery akan berusaha memberikan harga yang pas. Harga kerajinan kuningan dipengaruhi oleh banyak parameter. Diantaranya sbb ini ialah banyak parameter yang mempengaruhi harga kerajinan tembaga : kualiti bahan baku kerajinan, ukuran kerajinan tembaga ( bertambah besar ukuran kerajinan tembaga sudah sewajarnya harganya bertambah tinggi karena bahan yang dipakai jg banyak, demikian sebaliknya bertambah mungil sudah sewajarnya harganya jg murah karena bahan yang dipakai jg sedikit), level kerumitan produksi ( bertambah sulit maka bertambah tinggi harganya, demikian sebaliknya bertambah tak sulit, harga jg menjadi murah), jumlah pembelian ( bertambah banyak pesanan sudah sewajarnya semakin murah), jika pesanan dari daerah lainnya di luar Tumang sudah sewajarnya secara otomatis ditambah biaya kirim.

Problem para pengusaha kerajinan logam tembaga nggak sedikit. Stabilitas ekonomi yang nggak stabil bisa mempengaruhi banyaknya pesanan. Harga bahan jg mempengaruhi harga kerajinan logam tembaga. Kalau harga lempengan kuningan naik maka harga kerajinan logam tembaga akan naik. Permasalahan lain-lain, pengusaha Boyolali-Jateng masih tergantung pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga akan berdampak pada harga kerajinan tembaga. Namun selama pelanggan bisa mendapatkan harga yang sudah ditentukan pengrajin tembaga maka pengusaha tembaga bisa eksis walaupun minim untung. Oleh karena tsb, pebisnis kerajinan tembaga kontinyu ingin stabilitas ekonomi kontinyu stabil shngg nggak mengganggu usaha usaha kerajinan logam tembaga.

Sebagai pebisnis kerajinan logam tembaga diharuskan kreatif and diharuskan menyesuaikan keinginan konsumen. Masa ini AA Gallery nggak sekadar mendapatkan pesanan kerajinan logam tembaga yang dibutuhkan untuk kebutuhan asesoris hotel namun sudah bertambah pada pengerjaan kubah masjid. Berhubung kubah masjid umumnya berukuran besar maka nilai proyek kubah masjid jg terbilang besar. Tentang ukiran kubah bisa mengikuti kemauan pelanggan.

Pada Ferbuari 2018 yang lampau, Islamic Center Padang Panjang sudah dibuka. Salah satu hal yang menyenangkan ialah AA Gallery mendapatkan kepercayaan untuk memproduksi and memasang kubah masjid tembaga pd Masjid di Padang Panjang tsb. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery selesaikan nggak sekadar satu saja melainkan banyak.

Islamic Center tsb sudah dibuka secara resmi oleh ketua MPR Indonesia masa itu. Semenjak dibukanya Islamic Center tsb maka selanjutnya mjd sentra aktivitas and ibadah umat Islam di Padang Panjang. Masjid tsb mjd kebanggaan bagi khalayak Sumatera Barat.

Setelah berpengalaman semenjak thn 1990-an, sekarang AA Gallery bertambah percaya diri untuk mendapatkan pesanan kerajinan kuningan dari jakarta selatan. Dengan bekal pengalaman puluhan thn menghasilkan seni tembaga, AA Gallery bertambah mengetahui teknik untuk memproduksi seni tembaga yang berkelas and cocok yang diharapkan oleh semua pelanggan. Mengenai harga, AA Gallery berprinsip walaupun untung sedikit yang urgen pelanggan puas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar