Sabtu, 07 Maret 2020

Pengusaha Seni Logam Melayani Pelanggan Kabupaten Subang

Pengusaha Seni Logam Melayani Pelanggan Kabupaten Subang . Kampung Tumang, Cepogo-Jawa Tengah terletak diapit kaki pegunungan Merapi dan Merbabu yg terkenal itu. Kampung Tumang tsb diketahui sbg pusat bisnis seni tembaga. Seni ukir kerajinan berbahan logam kuningan sudah menyatu pada publik Tumang, Cepogo-Jawa Tengah. Beberapa keluarga Cepogo-Jawa Tengah membangun bisnis di rumah kerajinan tembaga untuk dijual ke banyak pasar. Ketrampilan mengukir tembaga dimiliki secara turun-temurun dari nenek moyangnya. Tidak sedikit yg menyampaikan bahwa publik Tumang memulai bisnis kerajinannya dgn sekedar menghasilkan alat perkakas rumah tangga seperti alat menanak nasi, wajan, ceret, juga lain-lain tapi saat ini sudah berganti ke kerajinan logam kuningan untuk kebutuhan interior restoran, rumah, juga lainnya.





Kerajinan ukir tembaga juga kuningan di perkampungan Tumang, Cepogo-Jawa Tengah, masa ini, mulai menarik dgn naiknya permintaan, baik permintaan nasional atau manca negara. Usaha kerajinan ukir tembaga terus berkembang pesat. Banyak permintaan datang dari banyak wilayah di Indonesia juga manca negara. Pesanan kerajinan kuningan semakin begitu signifikan ini sebab oleh banyak parameter, contohnya yakni adanya teknologi website. Dgn adanya teknologi website maka mau memudahkan para produsen kerajinan tembaga untuk mengiklankan kerajinan kuningannya ke semua wilayah juga manca negara. Teknologi website amat memudahkan para produsen kerajinan tembaga. Salah satu produsen kerajinan tembaga yg tertolong yakni AA Gallery. Kini AA Gallery bisa mengiklankan produk kerajinan kuningan ke ternate. Tak sekedar itu saja, AA Gallery juga mengiklankan produk kerajinan kuningan ke jakarta pusat.



Contoh Kerajinan Logam Tembaga yakni robyong, kerajinan relief, lampu stand, lampu dinding, logo, ornamen masjid, bak mandi, juga lainnya. Customer juga bisa mengorder kerajinan kuningan sesuai dgn keinginannya. Mereka dpt mempunyai design pribadi AA Gallery yg mengerjakannya.


Mungkin sahaja tidak sedikit yg menanyakan harga kerajinan logam kuningan itu. Harga kerajinan kuningan amat bervariasi tapi AA Gallery mau berusaha menawarkan harga yg pas. Harga kerajinan kuningan ditentukan oleh banyak parameter. Contohnya berikut ini ini yakni banyak parameter yg memengaruhi harga kerajinan tembaga : kualitas bahan kerajinan, size kerajinan tembaga ( bertambah besar size kerajinan tembaga tentunya harganya bertambah mahal sebab bahan baku yg dipakai semakin banyak, demikian sebaliknya bertambah mungil tentunya harganya jg murah sebab bahan yg dipakai jg sedikit), level kerumitan produksi ( bertambah rumit maka bertambah mahal harganya, demikian sebaliknya bertambah mudah, harganya juga juga murah), kuantitas ( bertambah banyak permintaan tentunya semakin murah), untuk permintaan dari wilayah lainnya tentunya secara otomatis ditambah ongkir.

Permasalahan para industri kerajinan logam kuningan tak sedikit. Stabilitas ekonomi yg tak stabil bisa memengaruhi jumlah permintaan. Harga bahan baku juga memengaruhi harga kerajinan logam kuningan. Ketika harga lempengan tembaga mahal maka harga kerajinan logam kuningan juga mahal. Problem lainnya, industri Cepogo masih tergantung pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga mau berdampak pada harga kerajinan tembaga. Akan Tetapi selama pelanggan bisa mendapat harga yg sudah diambil pengrajin tembaga maka industri tembaga bisa eksis walau demikian minim untung. Oleh sebab itu, produsen kerajinan tembaga terus-menerus bermimpi kondisi ekonomi terus-menerus stabil shngg tak mengganggu bisnis bisnis kerajinan logam kuningan.

Sebagai produsen kerajinan logam kuningan harus kreatif juga harus menyesuaikan selera pasar. Masa ini AA Gallery tak sekedar mendapat permintaan kerajinan logam kuningan yg dibutuhkan untuk kebutuhan dekorasi rumah tetapi sudah bertambah pada proyek kubah masjid. Mengingat kubah masjid biasanya ukurannya besar maka nilai proyek kubah masjid juga terbilang besar. Tentang hiasan kubah bisa menyesuaikan kemauan pelanggan.

Pada Ferbuari 2018 yg lalu, Islamic Center Padang Panjang sudah dibuka. Salah satu hal yg membanggakan yakni AA Gallery mendapat kepercayaan untuk menghasilkan juga memasang kubah masjid tembaga pada Masjid di Islamic Center itu. Kubah masjid tembaga yg AA Gallery produksi tak sekedar satu sahaja melainkan sangat banyak.

Islamic Center itu sudah dibuka secara resmi oleh Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia pada waktu itu. Semenjak dibukanya Islamic Center itu maka setelah itu menjadi pusat aktivitas juga ibadah buat umat Islam di Sumatera Barat. Masjid itu menjadi kebanggaan bagi khalayak Padang Panjang.

Sesudah berpengalaman sejak thn 1990-an, saat ini AA Gallery meningkat percaya diri untuk mendapat permintaan kerajinan kuningan dari denpasar. Dengan bekal pengalaman berpuluh tahun thn membuat seni tembaga, AA Gallery bertambah tahu teknik untuk menghasilkan seni tembaga yg bermutu juga cocok yg diharapkan oleh seluruh pelanggan. Berhubungan dengan harga, AA Gallery berprinsip walau untung sedikit yg urgen pelanggan puas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar