Sabtu, 07 Maret 2020

Pengrajin Seni Ukir Logam Melayani Konsumen Kabupaten Kutai Barat

Pengrajin Seni Ukir Logam Melayani Konsumen Kabupaten Kutai Barat . Kampung Tumang, Boyolali-Jateng berlokasi diapit lereng pegunungan Merapi & Merbabu yang terkenal itu. Kampung Tumang tersebut dikenal sebagai sentra produsen seni ukir kuningan. Keindahan ukir kerajinan berbahan logam sudah menyatu pd khalayak Tumang, Boyolali-Jateng. Lebih dari satu family Boyolali-Jawa Tengah mendirikan usaha rumahan kerajinan kuningan untuk ditawarkan ke beragam konsumen. Skill mengolah kuningan dipunyai secara turun-temurun dari nenek moyangnya. Banyak yang menjelaskan bahwa khalayak Tumang mengawali usaha kerajinannya dg hanya menghasilkan alat kebutuhan rumah tangga diantaranya alat menanak nasi, panci, alat merebus air, and sebagainya walau demikian masa ini sudah beralih ke kerajinan logam untuk kebutuhan asesoris masjid, gedung, and lain-lain.





Seni ukir tembaga and kuningan di desa Tumang, Boyolali-Jateng, baru-baru ini, mulai menarik dg meningkatnya jumlah pesanan, baik pesanan lokal dan juga internasional. Kerja kerajinan ukir kuningan semakin tumbuh cepat. Banyak pesanan datang dari beragam daerah di NKRI and luar negeri. Permintaan kerajinan logam kuningan mengalami kenaikan cukup signifikan ini disebabkan oleh banyak variabel, diantaranya yaitu adanya teknologi website. Dg adanya teknologi internet maka mau menolong para industri kerajinan kuningan untuk mempromosikan kerajinan tembaganya ke semua daerah and berbagai negara. Teknologi internet menolong para industri kerajinan kuningan. Salah satu industri kerajinan kuningan yang tertolong yaitu AA Gallery. Sekarang AA Gallery bisa mempromosikan produk kerajinan kuningan ke kediri. Tak hanya itu saja, AA Gallery jg mempromosikan produk kerajinan tembaga ke banten.



Contoh Seni Logam Tembaga yaitu robyong, relief, lampu stand, lampu dinding, lampu meja, ornamen masjid, air mancur, and lainnya. Konsumen jg bisa memesan kerajinan sesuai dg seleranya. Mereka dpt punya rancangan sendiri AA Gallery yang memproduksinya.


Mgkn saja tidak sedikit yang menanyakan harga kerajinan kuningan itu. Harga kerajinan bervariasi walau demikian AA Gallery mau berusaha menawarkan harga yang pas. Harga kerajinan dipengaruhi oleh banyak variabel. Berikut ini ini yaitu lebih dari satu variabel yang mempengaruhi harga kerajinan tembaga : kualitas bahan kerajinan, ukuran kerajinan tembaga ( bertambah besar ukuran kerajinan tembaga tentu saja harganya bertambah tinggi disebabkan bahan yang dipakai bertambah banyak, demikian juga sebaliknya bertambah mini tentu saja harganya semakin murah disebabkan bahan yang dipakai semakin sedikit), level kesulitan produksi ( bertambah rumit maka bertambah tinggi harganya, demikian juga sebaliknya bertambah tidak sulit, harganya jg semakin murah), jumlah pembelian ( bertambah banyak pesanan tentu saja semakin murah), untuk pesanan dari daerah lainnya di luar Tumang tentu saja secara otomatis ditambah ongkir.

Kendala para pengrajin kerajinan kuningan tidak sedikit. Stabilitas ekonomi yang tidak stabil bisa memengaruhi jumlah pesanan. Harga bahan jg memengaruhi harga kerajinan kuningan. Jika harga lempengan kuningan mahal maka harga kerajinan kuningan jg mahal. Problem lain-lain, pengrajin Cepogo-Boyolali masih pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga mau berdampak pada harga kerajinan tembaga. Walau Demikian selama pelanggan bisa mendapatkan harga yang sudah diputuskan pengrajin tembaga maka pengrajin tembaga bisa eksis walau minim untung. Oleh disebabkan itu, pengusaha kerajinan tembaga kontinyu menginginkan kondisi ekonomi kontinyu stabil sehingga tidak mengganggu usaha usaha kerajinan kuningan.

Sebagai pengusaha kerajinan kuningan diharuskan inovatif and diharuskan memantau selera konsumen. Sekarang ini AA Gallery tidak hanya mendapatkan pesanan kerajinan kuningan yang dibutuhkan untuk kebutuhan asesoris rumah tapi sudah merambah pd projek kubah masjid. Sehubungan kubah masjid biasanya berukuran besar maka nilai projek kubah masjid jg bernilai besar. Berhubungan dengan desain kubah bisa menyesuaikan keinginan pelanggan.

Pd Ferbuari 2018 yang lampau, Islamic Center Padang Panjang sudah dibuka. Salah satu hal yang menarik yaitu AA Gallery mendapatkan kepercayaan untuk menghasilkan and memasang kubah masjid tembaga untuk Masjid di Padang Panjang itu. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery buat tidak hanya satu sahaja melainkan cukup banyak.

Islamic Center itu sudah dibuka oleh Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia masa itu. Semenjak dibukanya Islamic Center itu maka setelah itu menjadi sentra aktivitas and ibadah buat umat Islam di Padang Panjang. Masjid itu menjadi kebanggaan bagi masyarakat Padang Panjang.

Sesudah memiliki pengalaman sejak tahun 1990-an, masa ini AA Gallery meningkat percaya diri untuk mendapatkan pesanan kerajinan kuningan dari bukit tinggi. Dengan bekal pengalaman puluhan tahun memproduksi kerajinan kuningan, AA Gallery bertambah paham metode guna menghasilkan kerajinan kuningan yang ber-quality and sesuai yang diharapkan oleh semua pelanggan. Berhubungan dengan harga, AA Gallery berprinsip walaupun untung sedikit yang urgen pelanggan puas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar