Sabtu, 07 Maret 2020

Perajin Kerajinan Tembaga Melayani Konsumen Kabupaten Labuhan Batu

Perajin Kerajinan Tembaga Melayani Konsumen Kabupaten Labuhan Batu . Kampung Tumang, Cepogo-Jawa Tengah posisinya diapit kaki gunung Merapi and Merbabu yang termahsyur itu. Kampung Tumang tsb dikenal sebagai pusat ahli seni tembaga. Estetika ukir kerajinan berbahan logam kuningan telah mendarah daging pada publik Tumang, Cepogo-Jawa Tengah. Banyak keluarga Tumang memilih bisnis rumahan kerajinan logam untuk ditawarkan ke bermacam konsumen. Skill menempa logam dimiliki secara turun-temurun dari nenek moyangnya. Tidak sedikit yang menyampaikan bahwa publik Tumang memulai bisnis kerajinannya dengan sekedar membuat alat kebutuhan rumah tangga misalnya dandang, wajan, alat merebus air, dan lain-lain akan tetapi saat ini telah beralih ke kerajinan logam kuningan untuk keperluan asesoris hotel, gedung, dan lain.





Seni ukir tembaga dan kuningan di kampung Tumang, Cepogo-Jawa Tengah, masa ini, mulai memberi harapan dengan meningkatnya jumlah pesanan, baik pesanan daerah maupun manca negara. Kerja kerajinan ukir tembaga tetap berkembang tak terelakan. Banyak pesanan berdatangan dari bermacam wilayah di Indonesia dan manca negara. Pesanan kerajinan logam tembaga bertambah signifikan ini sebab oleh banyak parameter, contohnya merupakan adanya teknologi internet. Dg adanya teknologi website maka akan membantu para industri kerajinan logam untuk mengiklankan produknya ke semua wilayah dan berbagai negara. Teknologi website membantu para industri kerajinan logam. Salah satu industri kerajinan logam yang terbantu merupakan AA Gallery. Saat ini AA Gallery dapat mengiklankan produk kerajinan kuningan ke padang panjang. Tdk sekedar itu saja, AA Gallery jg mengiklankan produk kerajinan tembaga ke pekalongan.



Contoh Seni Kuningan merupakan kerajinan kaligrafi, robyong, relief, bowl, lampu dinding, logo, kubah masjid, air mancur, dan lain-lain. Pembeli jg dapat mengorder kerajinan kuningan sesuai dengan kemauannya. Mereka dapat mempunyai rancangan sendiri selanjutnya AA Gallery yang mengerjakannya.


Mungkin saja banyak yang menanyakan harga kerajinan kuningan itu. Harga kerajinan kuningan beragam akan tetapi AA Gallery akan berusaha menawarkan harga yang pas. Harga kerajinan kuningan ditentukan oleh banyak parameter. Contohnya berikut ini ini merupakan lebih dari satu parameter yang menyebabkan harga kerajinan tembaga : mutu bahan baku kerajinan, size kerajinan tembaga ( semakin besar size kerajinan tembaga sudah sewajarnya harganya semakin mahal sebab bahan yang dipakai semakin banyak, demikian sebaliknya semakin mini sudah sewajarnya harganya semakin murah sebab bahan yang dipakai semakin sedikit), level kerumitan produksi ( semakin sulit maka semakin mahal harganya, demikian sebaliknya semakin tak sulit, harganya jg juga murah), jumlah pembelian ( semakin banyak pesanan sudah sewajarnya juga murah), untuk pesanan dari wilayah lainnya sudah sewajarnya mau-tidak mau ditambah biaya kirim.

Kendala para ahli kerajinan kuningan tidak sedikit. Kondisi ekonomi yang tidak stabil dapat mempengaruhi jumlah pesanan. Harga bahan jg mempengaruhi harga kerajinan kuningan. Jika harga lempengan logam naik maka harga kerajinan kuningan jg naik. Permasalahan lain, ahli Jawa Tengah masih pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga akan berdampak pada harga kerajinan tembaga. Namun selama customer dapat meraih harga yang telah ditentukan pengrajin tembaga maka ahli tembaga dapat eksis walaupun minim untung. Oleh sebab itu, pengusaha kerajinan tembaga terus-menerus berharap stabilitas ekonomi terus-menerus stabil jadi tidak mengganggu bisnis bisnis kerajinan kuningan.

Sebagai pengusaha kerajinan kuningan diwajibkan kreatif dan diwajibkan memantau permintaan konsumen. Sekarang AA Gallery tidak sekedar meraih pesanan kerajinan kuningan yang dibutuhkan untuk keperluan asesoris kantor tapi telah bertambah pada proyek kubah masjid. Sehubungan kubah masjid biasanya berukuran besar maka nilai projek kubah masjid jg bernilai besar. Berhubungan dengan desain kubah dapat menyesuaikan keinginan customer.

Pada Ferbuari 2018 yang lampau, Islamic Center Padang Panjang telah diresmikan. Salah satu hal yang menyenangkan merupakan AA Gallery meraih kepercayaan untuk membuat dan memasang kubah masjid tembaga buat Masjid di Padang Panjang itu. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery kerjakan tidak sekedar satu saja melainkan banyak.

Islamic Center itu telah dibuka oleh Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia pada waktu itu. Semenjak dibukanya Islamic Center itu maka kemudian mjd pusat kegiatan dan ibadah umat Islam di Sumatera Barat. Masjid itu mjd kebanggaan bagi masyarakat Padang Panjang.

Sesudah memiliki pengalaman sejak th 1990-an, saat ini AA Gallery semakin percaya diri untuk meraih pesanan kerajinan kuningan dari manado. Dengan bekal pengalaman puluhan th berkarya kerajinan tembaga, AA Gallery semakin tahu cara untuk membuat kerajinan tembaga yang ber-quality dan sesuai yang diharapkan oleh seluruh customer. Mengenai harga, AA Gallery berprinsip tidak mengapa untung sedikit yang penting customer terpuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar