Sabtu, 07 Maret 2020

Industri Kerajinan Logam Melayani Konsumen Kabupaten Buleleng

Industri Kerajinan Logam Melayani Konsumen Kabupaten Buleleng . Desa Tumang, Boyolali-Jawa Tengah berada di antara lereng gunung Merapi dan Merbabu yg terkenal itu. Desa Tumang tsb disebut sebagai pusat produsen kerajinan tembaga. Estetika ukir kerajinan berbahan logam telah mendarah daging pada masyarakat Tumang, Boyolali-Jawa Tengah. Beberapa family Cepogo-Boyolali membangun bisnis rumahan kerajinan logam buat dijual ke berbagai pasar. Ketrampilan mengolah logam dimiliki secara turun-temurun dari para sesepuhnya. Banyak yg menyampaikan bahwa masyarakat Tumang mengawali bisnis kerajinannya dengan cuma membuat alat perkakas rumah tangga seperti dandang, wajan, ceret, serta sebagainya walau demikian sekarang ini telah mengubah haluan ke kerajinan logam buat kebutuhan dekorasi restoran, gedung, serta lain-lain.





Kerajinan ukir tembaga serta kuningan di kampung Tumang, Boyolali-Jawa Tengah, sekarang ini, mulai memberi harapan dengan naiknya jumlah permintaan, baik permintaan nasional ataupun luar negeri. Kerja kerajinan ukir tembaga selalu tumbuh pesat. Banyak permintaan berdatangan dari berbagai daerah di Indonesia serta manca negara. Orderan kerajinan tembaga mengalami penambahan sangat signifikan ini karena oleh banyak parameter, diantaranya adalah adanya teknologi dunia maya. Dengan adanya teknologi internet maka akan menolong para ahli kerajinan logam buat mempromosikan kerajinan kuningannya ke semua daerah serta banyak negara. Teknologi internet menolong para ahli kerajinan logam. Salah satu ahli kerajinan logam yg tertolong adalah AA Gallery. Saat ini AA Gallery dpt mempromosikan produk kerajinan kuningan ke parepare. Tdk cuma tersebut saja, AA Gallery juga mempromosikan produk kerajinan tembaga ke jakarta.



Contoh Kerajinan Tembaga adalah kerajinan kaligrafi, robyong, kerajinan relief, lampu stand, lampu dinding, kubah masjid, bak mandi, serta lain-lain. Customer juga dpt mengorder kerajinan sesuai dengan seleranya. Mereka dapat memiliki rancangan pribadi kemudian AA Gallery yg meujudkannya.


Mgkn banyak yg bertanya-tanya harga kerajinan kuningan tersebut. Harga kerajinan bermacam-macam walau demikian AA Gallery akan berusaha memberikan harga yg sesuai. Harga kerajinan dipengaruhi oleh banyak parameter. Dibawah ini ini adalah lebih dari satu parameter yg memengaruhi harga kerajinan tembaga : mutu bahan kerajinan, size kerajinan tembaga ( bertambah besar size kerajinan tembaga tentunya harganya bertambah tinggi karena bahan baku yg digunakan bertambah banyak, demikian jg sebaliknya bertambah mungil tentunya harganya jg murah karena bahan yg digunakan jg sedikit), level kerumitan pembuatan ( bertambah sulit maka bertambah tinggi harganya, demikian jg sebaliknya bertambah tak sulit, harga juga menjadi murah), jumlah pembelian ( bertambah banyak permintaan tentunya juga murah), jika permintaan dari daerah lainnya di luar Tumang tentunya otomatis dikenai biaya kirim.

Kendala para pebisnis kerajinan kuningan tak sedikit. Kondisi ekonomi yg tak stabil dpt mempengaruhi jumlah permintaan. Harga bahan baku juga mempengaruhi harga kerajinan kuningan. Disaat harga lempengan logam mahal maka harga kerajinan kuningan juga mahal. Problem lain-lain, pebisnis Cepogo-Jawa Tengah masih pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga akan berdampak pada harga kerajinan tembaga. Walaupun Demikian selama pelanggan dpt menerima harga yg telah diputuskan pengrajin tembaga maka pebisnis tembaga dpt eksis meski minim untung. Oleh karena tersebut, pebisnis kerajinan tembaga terus-menerus bermimpi stabilitas ekonomi terus-menerus stabil jadi tak mengganggu bisnis bisnis kerajinan kuningan.

Sebagai pebisnis kerajinan kuningan harus inovatif serta harus menyesuaikan permintaan pasar. Sekarang AA Gallery tak cuma menerima permintaan kerajinan kuningan yg dibutuhkan buat kebutuhan dekorasi hotel tetapi telah merambah pada projek kubah masjid. Sehubungan kubah masjid pada umumnya ukurannya besar maka nilai projek kubah masjid juga bernilai besar. Tentang hiasan kubah dpt mengikuti keinginan pelanggan.

Pd bulan Ferbuari 2018 yg lalu, Islamic Center Padang Panjang telah dibuka. Salah satu hal yg menarik adalah AA Gallery menerima kepercayaan buat membuat serta memasang kubah masjid tembaga pada Masjid di Islamic Center tersebut. Kubah masjid tembaga yg AA Gallery selesaikan tak cuma satu sahaja tetapi begitu banyak.

Islamic Center tersebut telah diresmikan oleh Bp. Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia masa itu. Sejak dibukanya Islamic Center tersebut maka setelah itu mjd pusat aktivitas serta ibadah buat umat Islam di Padang Panjang. Masjid tersebut mjd kebanggaan bagi warga Sumatera Barat.

Sesudah memiliki pengalaman semenjak tahun 1990-an, sekarang ini AA Gallery semakin percaya diri untuk menerima permintaan kerajinan kuningan dari ternate. Dengan bekal pengalaman puluhan tahun berkarya seni tembaga, AA Gallery bertambah tahu teknik untuk membuat seni tembaga yg memiliki kualitas serta cocok yg diharapkan oleh seluruh pelanggan. Berkaitan dengan harga, AA Gallery berprinsip walaupun untung sedikit yg penting pelanggan terpuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar