Sabtu, 07 Maret 2020

Ahli Seni Tembaga Melayani Konsumen Kota Mataram

Ahli Seni Tembaga Melayani Konsumen Kota Mataram . Kampung Tumang, Jateng berada di antara lereng gunung Merapi & Merbabu yg terkenal . Kampung tersebut disebut sebagai sentra perajin kerajinan kuningan. Keindahan ukir kerajinan berbahan tembaga telah menyatu pada khalayak Tumang, Jateng. Beberapa saudara Cepogo-Jawa Tengah membangun kerja rumahan kerajinan tembaga untuk ditawarkan ke bermacam konsumen. Skill menempa tembaga didapatkan secara turun-temurun dari nenek moyangnya. Banyak yg menyampaikan bahwa khalayak Tumang memulai kerja kerajinannya dengan cuma memproduksi alat keperluan rumah tangga contohnya dandang, panci, teko, & lain-lain tetapi kini telah berubah haluan ke kerajinan tembaga untuk keperluan ornamen hotel, kantor, & lain-lain.





Seni ukir tembaga & kuningan di kampung Tumang, Jateng, sekarang ini, mulai menarik dengan meningkatnya pesanan, baik pesanan lokal ataupun internasional. Usaha kerajinan ukir kuningan terus berkembang tak terelakan. Banyak pesanan datang dari bermacam daerah di Negara Kita & manca negara. Pesanan kerajinan logam kuningan bertambah begitu signifikan ini karena oleh banyak variabel, contohnya adalah munculnya teknologi cyber. Dg munculnya teknologi website maka akan memudahkan para pengrajin kerajinan tembaga untuk mempromosikan kerajinan kuningannya ke semua daerah & manca negara. Teknologi website amat memudahkan para pengrajin kerajinan tembaga. Salah satu pengrajin kerajinan tembaga yg tertolong adalah AA Gallery. Kini AA Gallery bisa mempromosikan produk kerajinan kuningan ke madiun. Tdk cuma tsb saja, AA Gallery jg mempromosikan produk kerajinan tembaga ke depok.



Contoh Seni Logam adalah lampu gantung, relief, bowl, lampu dinding, lampu meja, kubah masjid, air mancur, & lain-lain. Customer jg bisa memesan kerajinan kuningan sesuai dengan kemauannya. Mereka bisa punya rancangan sendiri AA Gallery yg membuatnya.


Mgkn saja banyak yg ingin tahu harga kerajinan logam kuningan tsb. Harga kerajinan kuningan amat beragam tetapi AA Gallery akan berupaya memberikan harga yg kompetitif. Harga kerajinan kuningan dipengaruhi oleh banyak variabel. Diantaranya sbb ini adalah lebih dari satu variabel yg menyebabkan harga kerajinan tembaga : kualiti bahan kerajinan, size kerajinan tembaga ( bertambah besar size kerajinan tembaga tentu saja harganya bertambah mahal karena bahan yg dimanfaatkan bertambah banyak, demikian juga sebaliknya bertambah mini tentu saja harganya semakin murah karena bahan yg dimanfaatkan semakin sedikit), tingkat kesulitan pembuatan ( bertambah sulit maka bertambah mahal harganya, demikian juga sebaliknya bertambah gampang, harga jg juga murah), kuantitas ( bertambah banyak pesanan tentu saja semakin murah), untuk pesanan dari daerah lain di luar Tumang tentu saja akan dikenai biaya kirim.

Problem para pebisnis kerajinan logam kuningan tdk sedikit. Kondisi ekonomi yg tdk stabil bisa mempengaruhi jumlah pesanan. Harga bahan jg mempengaruhi harga kerajinan logam kuningan. Jika harga lempengan tembaga naik maka harga kerajinan logam kuningan jg naik. Permasalahan lain-lain, pebisnis Boyolali masih pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga akan berdampak pada harga kerajinan tembaga. Walaupun Demikian selama pelanggan bisa mendapatkan harga yg telah ditentukan pengrajin tembaga maka pebisnis tembaga bisa eksis walaupun demikian minim untung. Oleh karena tsb, produsen kerajinan tembaga selalu berdoa stabilitas ekonomi selalu stabil shngg tdk mengganggu kerja kerja kerajinan logam kuningan.

Sebagai produsen kerajinan logam kuningan harus inovatif & harus memantau permintaan masyarakat. Sekarang ini AA Gallery tdk cuma mendapatkan pesanan kerajinan logam kuningan yg dibutuhkan untuk keperluan asesoris kantor tapi telah merambah pada projek kubah masjid. Berhubung kubah masjid umumnya berukuran besar maka harga kubah masjid jg bernilai besar. Mengenai ukiran kubah bisa menyesuaikan keinginan pelanggan.

Pd bulan Ferbuari 2018 yg lalu, Islamic Center Padang Panjang telah diresmikan. Salah satu hal yg keren adalah AA Gallery mendapatkan kepercayaan untuk memproduksi & memasang kubah masjid tembaga buat Masjid di Padang Panjang tsb. Kubah masjid tembaga yg AA Gallery selesaikan tdk cuma satu sahaja akan tetapi banyak.

Islamic Center di Padang Panjang tsb telah dibuka oleh Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia pada waktu itu. Sejak dibukanya Islamic Center di Padang Panjang tsb maka setelah itu menjadi sentra kegiatan & ibadah buat umat Islam di Padang Panjang. Masjid tsb menjadi kebanggaan bagi masyarakat Sumatera Barat.

Sesudah memiliki pengalaman sejak th 1990-an, kini AA Gallery semakin percaya diri untuk mendapatkan pesanan kerajinan kuningan dari mataram. Dengan bekal pengalaman puluhan th menghasilkan kerajinan tembaga, AA Gallery bertambah paham teknik guna memproduksi kerajinan tembaga yg memiliki kualitas & cocok yg diinginkan oleh seluruh pelanggan. Mengenai harga, AA Gallery berprinsip walau untung sedikit yg urgen pelanggan puas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar