Sabtu, 07 Maret 2020

Produsen Seni Kuningan Melayani Konsumen Kabupaten Serdang Bedagai

Produsen Seni Kuningan Melayani Konsumen Kabupaten Serdang Bedagai . Desa Tumang, Boyolali-Jateng berlokasi di antara lereng pegunungan Merapi & Merbabu yg banyak dikenal . Desa tsb disebut sebagai pusat produsen kerajinan kuningan. Keindahan tempa kerajinan berbahan logam tembaga sudah menyatu pada masyarakat Tumang, Boyolali-Jateng. Beberapa keluarga Boyolali membangun kerja rumahan kerajinan kuningan untuk ditawarkan ke beragam pasar. Skill menempa kuningan dipunyai secara turun-temurun dari nenek-kakeknya. Banyak yg menceritakan bahwa masyarakat Tumang mengawali kerja kerajinannya dg hanya membuat alat perkakas rumah tangga diantaranya alat menanak nasi, panci, alat merebus air, juga lain-lain walaupun demikian masa ini sudah berganti ke kerajinan logam tembaga untuk kebutuhan interior cafe, kantor, juga lain.





Kerajinan ukir tembaga juga kuningan di kampung Tumang, Boyolali-Jateng, saat ini, mulai menarik dg meningkatnya permintaan, baik permintaan nasional atau luar negeri. Kerja kerajinan ukir kuningan semakin tumbuh cepat. Banyak permintaan datang dari beragam wilayah di Indonesia juga manca negara. Pesanan kerajinan tembaga bertambah sangat signifikan ini disebabkan oleh banyak variabel, diantaranya adalah adanya teknologi dunia maya. Dengan adanya teknologi internet maka mau menolong para industri kerajinan kuningan untuk mengiklankan produknya ke seluruh wilayah juga manca negara. Teknologi internet begitu menolong para industri kerajinan kuningan. Salah satu industri kerajinan kuningan yg tertolong adalah AA Gallery. Masa Ini AA Gallery dapat mengiklankan produk kerajinan kuningan ke denpasar. Tdk hanya tsb saja, AA Gallery juga mengiklankan produk kerajinan tembaga ke batu.



Contoh Kerajinan Tembaga adalah robyong, relief, bowl, lampu dinding, lampu meja, kubah masjid, bak mandi, juga lain-lain. Pembeli juga dapat mengorder kerajinan tembaga sesuai dg keinginannya. Mereka bisa memiliki rancangan pribadi kemudian AA Gallery yg mengerjakannya.


Mungkin banyak yg bertanya-tanya harga kerajinan logam kuningan tsb. Harga kerajinan tembaga begitu bervariasi walaupun demikian AA Gallery mau berupaya memberikan harga yg sesuai. Harga kerajinan tembaga dipengaruhi oleh banyak variabel. Antara lain ini adalah lebih dari satu variabel yg menyebabkan harga kerajinan tembaga : mutu bahan kerajinan, besarnya kerajinan tembaga ( semakin besar besarnya kerajinan tembaga sudah sewajarnya harganya semakin mahal disebabkan bahan baku yg dimanfaatkan jg banyak, demikian sebaliknya semakin mini sudah sewajarnya harganya semakin murah disebabkan bahan yg dimanfaatkan semakin sedikit), tingkat kerumitan pembuatan ( semakin sulit maka semakin mahal harganya, demikian sebaliknya semakin tak sulit, harganya juga juga murah), jumlah pembelian ( semakin banyak permintaan sudah sewajarnya juga murah), jika permintaan dari wilayah lain sudah sewajarnya secara otomatis ditambah ongkir.

Permasalahan para pebisnis kerajinan logam kuningan tak sedikit. Kondisi ekonomi yg tak stabil dapat memengaruhi banyaknya permintaan. Harga bahan baku juga memengaruhi harga kerajinan logam kuningan. Ketika harga lempengan kuningan naik maka harga kerajinan logam kuningan juga naik. Permasalahan lain, pebisnis Boyolali masih tergantung pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga mau berdampak pada harga kerajinan tembaga. Akan Tetapi selama konsumen dapat mendapatkan harga yg sudah diputuskan pengrajin tembaga maka pebisnis tembaga dapat eksis walaupun minim untung. Oleh disebabkan tsb, pebisnis kerajinan tembaga kontinyu berdoa stabilitas ekonomi kontinyu stabil sehingga tak mengganggu kerja kerja kerajinan logam kuningan.

Sebagai pebisnis kerajinan logam kuningan diharuskan inovatif juga diharuskan menyesuaikan keinginan konsumen. Kini AA Gallery tak hanya mendapatkan permintaan kerajinan logam kuningan yg dibutuhkan untuk kebutuhan hiasan rumah tapi sudah bertambah pada projek kubah masjid. Sehubungan kubah masjid umumnya ukurannya besar maka nilai proyek kubah masjid juga terbilang besar. Berkaitan dengan ukiran kubah dapat mengikuti keinginan konsumen.

Pd bulan Ferbuari 2018 yg lampau, Islamic Center Padang Panjang sudah diresmikan. Salah satu hal yg keren adalah AA Gallery mendapatkan kepercayaan untuk membuat juga memasang kubah masjid tembaga pada Masjid di Padang Panjang tsb. Kubah masjid tembaga yg AA Gallery selesaikan tak hanya satu sahaja tetapi banyak.

Islamic Center di Padang Panjang tsb sudah dibuka secara resmi oleh Bp. Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia pada waktu itu. Semenjak diresmikannya Islamic Center di Padang Panjang tsb maka selanjutnya menjadi pusat aktivitas juga ibadah umat Islam di Sumatera Barat. Masjid tsb menjadi kebanggaan bagi khalayak Padang Panjang.

Setelah berpengalaman sejak tahun 1990-an, masa ini AA Gallery semakin percaya diri untuk mendapatkan permintaan kerajinan kuningan dari kotawaringin timur. Dengan modal pengalaman puluhan tahun berkarya kerajinan kuningan, AA Gallery semakin mengerti metode guna membuat kerajinan kuningan yg ber-quality juga sesuai yg diharapkan oleh seluruh konsumen. Berkaitan dengan harga, AA Gallery berprinsip walau untung sedikit yg penting konsumen puas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar