Jumat, 03 Januari 2020

Perajin Seni Logam Melayani Prospek Kabupaten Sabu Raijua

Perajin Seni Logam Melayani Prospek Kabupaten Sabu Raijua . Kampung Tumang, Cepogo-Jawa Tengah berlokasi di antara kaki pegunungan Merapi and Merbabu yang terkenal itu. Kampung tsb diketahui sbg sentra pengrajin kerajinan tembaga. Estetika tempa kerajinan berbahan logam kuningan telah mendarah daging pada publik Tumang, Cepogo-Jawa Tengah. Beberapa keluarga Boyolali membangun kerja di rumah kerajinan kuningan untuk dipasarkan ke berbagai pasar. Ketrampilan menempa kuningan dimiliki secara turun-temurun dari para sesepuhnya. Tidak sedikit yang menyampaikan bahwa publik Tumang memulai kerja kerajinannya dg hanya menghasilkan alat keperluan rumah tangga contohnya dandang, wajan, alat merebus air, dan lainnya tapi saat ini telah beralih ke kerajinan logam kuningan untuk keperluan asesoris masjid, rumah, dan lain.





Kerajinan ukir tembaga dan kuningan di desa Tumang, Cepogo-Jawa Tengah, kini, mulai bergairah dg meningkatnya jumlah permintaan, baik permintaan lokal maupun luar negeri. Kerja kerajinan ukir tembaga terus tumbuh tak terkendali. Banyak permintaan berdatangan dari berbagai wilayah di Negara Kita dan luar negeri. Pesanan kerajinan logam semakin signifikan ini sebab oleh banyak variabel, contohnya ialah hadirnya teknologi cyber. Dg hadirnya teknologi website maka mau menolong para pengrajin kerajinan kuningan untuk menawarkan produknya ke semua wilayah dan berbagai negara. Teknologi website amat menolong para pengrajin kerajinan kuningan. Salah satu pengrajin kerajinan kuningan yang tertolong ialah AA Gallery. Sekarang AA Gallery bisa menawarkan produk kerajinan kuningan ke mataram. Nggak hanya tersebut saja, AA Gallery jg menawarkan produk kerajinan tembaga ke tidore kepulauan.


Contoh Kerajinan Kuningan ialah robyong, kerajinan relief, lampu stand, lampu dinding, logo, kubah masjid, bak mandi, dan lain-lain. Konsumen jg bisa mengorder kerajinan sesuai dg seleranya. Mereka dpt punya design pribadi AA Gallery yang mengerjakannya.


Mgkn banyak yang menanyakan harga kerajinan logam tersebut. Harga kerajinan amat beragam tapi AA Gallery mau berupaya menawarkan harga yang menarik. Harga kerajinan disebabkan oleh banyak variabel. Diantaranya sbb ini ialah banyak variabel yang menyebabkan harga kerajinan tembaga : kualiti bahan kerajinan, besarnya kerajinan tembaga ( semakin besar besarnya kerajinan tembaga semestinya harganya semakin tinggi sebab bahan baku yang dimanfaatkan jg banyak, demikian jg sebaliknya semakin mungil semestinya harganya semakin murah sebab bahan yang dimanfaatkan semakin sedikit), level kerumitan pembuatan ( semakin sulit maka semakin tinggi harganya, demikian jg sebaliknya semakin mudah, harga jg menjadi murah), jumlah pembelian ( semakin banyak permintaan semestinya juga murah), jika permintaan dari wilayah lain semestinya otomatis dikenai biaya kirim.

Kendala para perajin kerajinan logam nggak sedikit. Kondisi ekonomi yang nggak stabil bisa memengaruhi jumlah permintaan. Harga bahan baku jg memengaruhi harga kerajinan logam. Disaat harga lempengan kuningan mahal maka harga kerajinan logam akan mahal. Permasalahan lain, perajin Tumang masih pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga mau berdampak pada harga kerajinan tembaga. Tapi selama pelanggan bisa mendapatkan harga yang telah ditetapkan pengrajin tembaga maka perajin tembaga bisa eksis walau demikian minim untung. Oleh sebab tersebut, ahli kerajinan tembaga kontinyu menginginkan kondisi ekonomi kontinyu stabil shngg nggak mengganggu kerja kerja kerajinan logam.

Sebagai ahli kerajinan logam harus kreatif dan harus menyesuaikan selera pasar. Sekarang ini AA Gallery nggak hanya mendapatkan permintaan kerajinan logam yang dibutuhkan untuk keperluan asesoris rumah tetapi telah merambah pada pengerjaan kubah masjid. Mengingat kubah masjid biasanya berukuran besar maka nilai projek kubah masjid jg bernilai besar. Berkaitan dengan ukiran kubah bisa mengikuti keinginan pelanggan.

Pada Ferbuari 2018 yang lampau, Islamic Center Padang Panjang telah dibuka. Salah satu hal yang keren ialah AA Gallery mendapatkan kepercayaan untuk menghasilkan dan memasang kubah masjid tembaga pd Masjid di Islamic Center tersebut. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery kerjakan nggak hanya satu saja melainkan banyak.

Islamic Center Padang Panjang tersebut telah diresmikan oleh ketua MPR Indonesia masa itu. Semenjak diresmikannya Islamic Center Padang Panjang tersebut maka selanjutnya mjd sentra aktivitas dan ibadah umat Islam di Padang Panjang. Masjid tersebut mjd kebanggaan bagi warga Sumatera Barat.

Setelah memiliki pengalaman semenjak th 1990-an, saat ini AA Gallery bertambah percaya diri untuk mendapatkan permintaan kerajinan tembaga dari sorong. Dengan bekal pengalaman berpuluh tahun th memproduksi kerajinan logam, AA Gallery semakin mengerti teknik guna menghasilkan kerajinan logam yang berkualitas dan cocok yang diharapkan oleh semua pelanggan. Berhubungan dengan harga, AA Gallery berprinsip meskipun untung sedikit yang urgen pelanggan puas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar