Jumat, 03 Januari 2020

Pengusaha Kerajinan Tembaga Melayani Pasar Kabupaten Tanah Bumbu

Pengusaha Kerajinan Tembaga Melayani Pasar Kabupaten Tanah Bumbu . Kampung Tumang, Cepogo-Boyolali lokasinya di antara kaki gunung Merapi & Merbabu yang banyak dikenal itu. Kampung Tumang tersebut diketahui sbg sentra bisnis seni kuningan. Seni tempa kerajinan berbahan kuningan telah mendarah daging pada orang Tumang, Cepogo-Boyolali. Banyak keluarga Boyolali membangun kerja rumahan kerajinan logam untuk dijual ke bermacam pasar. Keahlian mengukir logam didapati secara turun-temurun dari kakek-neneknya. Tidak sedikit yang menyampaikan bahwa orang Tumang memulai kerja kerajinannya dgn sekedar menghasilkan alat keperluan rumah tangga diantaranya dandang, wajan, alat merebus air, serta lainnya walaupun demikian kini telah berubah haluan ke kerajinan kuningan untuk keperluan asesoris masjid, gedung, serta lain-lain.





Kerajinan ukir tembaga serta kuningan di perkampungan Tumang, Cepogo-Boyolali, masa ini, mulai menggeliat dgn naiknya jumlah orderan, baik orderan daerah dan juga internasional. Bisnis kerajinan ukir kuningan tetap tumbuh pesat. Banyak orderan datang dari bermacam wilayah di Negara Kita serta manca negara. Orderan kerajinan logam kuningan bertambah cukup signifikan ini sebab oleh banyak faktor, contohnya ialah adanya teknologi cyber. Dengan adanya teknologi internet maka mau membantu para industri kerajinan logam untuk mengiklankan produknya ke semua wilayah serta berbagai negara. Teknologi internet sangat membantu para industri kerajinan logam. Salah satu industri kerajinan logam yang terbantu ialah AA Gallery. Sekarang AA Gallery bisa mengiklankan produk kerajinan kuningan ke ternate. Nggak sekedar tsb saja, AA Gallery juga mengiklankan produk kerajinan tembaga ke solok.


Contoh Kerajinan Logam Kuningan ialah robyong, relief, lampu stand, lampu dinding, lampu meja, ornamen masjid, bak mandi, serta lainnya. Customer juga bisa memesan kerajinan kuningan sesuai dgn keinginannya. Mereka bisa mempunyai desain pribadi AA Gallery yang mengerjakannya.


Mgkn saja banyak yang ingin tahu harga kerajinan tembaga tsb. Harga kerajinan kuningan sangat bervariasi walaupun demikian AA Gallery mau berupaya menawarkan harga yang menarik. Harga kerajinan kuningan dipengaruhi oleh banyak faktor. Dibawah ini ini ialah beberapa faktor yang mempengaruhi harga kerajinan tembaga : kualiti bahan baku kerajinan, ukuran kerajinan tembaga ( bertambah besar ukuran kerajinan tembaga tentu saja harganya bertambah mahal sebab bahan baku yang digunakan semakin banyak, demikian juga sebaliknya bertambah mini tentu saja harganya jg murah sebab bahan yang digunakan jg sedikit), level kerumitan produksi ( bertambah rumit maka bertambah mahal harganya, demikian juga sebaliknya bertambah tak sulit, harganya juga menjadi murah), kuantitas ( bertambah banyak orderan tentu saja semakin murah), jika orderan dari wilayah lain tentu saja akan ditambah biaya kirim.

Permasalahan para pengrajin kerajinan tembaga tidak sedikit. Kondisi ekonomi yang tidak stabil bisa memengaruhi jumlah orderan. Harga bahan baku juga memengaruhi harga kerajinan tembaga. Kalau harga lempengan logam naik maka harga kerajinan tembaga akan naik. Problem lain-lain, pengrajin Cepogo masih pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga mau berdampak pada harga kerajinan tembaga. Walaupun Demikian selama customer bisa meraih harga yang telah diambil pengrajin tembaga maka pengrajin tembaga bisa eksis meski minim untung. Oleh sebab tsb, pengusaha kerajinan tembaga terus-menerus menginginkan kondisi ekonomi terus-menerus stabil shngg tidak mengganggu kerja kerja kerajinan tembaga.

Sebagai pengusaha kerajinan tembaga diwajibkan kreatif serta diwajibkan menyesuaikan selera konsumen. Saat ini AA Gallery tidak sekedar meraih orderan kerajinan tembaga yang dibutuhkan untuk keperluan hiasan hotel namun telah merambah pada proyek kubah masjid. Berhubung kubah masjid biasanya berukuran besar maka nilai projek kubah masjid juga terbilang besar. Berhubungan dengan desain kubah bisa menyesuaikan keinginan customer.

Pd Ferbuari 2018 yang lampau, Islamic Center Padang Panjang telah diresmikan. Salah satu hal yang keren ialah AA Gallery meraih kepercayaan untuk menghasilkan serta memasang kubah masjid tembaga pada Masjid di Padang Panjang tsb. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery selesaikan tidak sekedar satu sahaja tetapi banyak.

Islamic Center Padang Panjang tsb telah diresmikan oleh Bapak Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia masa itu. Sejak dibukanya Islamic Center Padang Panjang tsb maka selanjutnya menjadi sentra aktivitas serta ibadah umat Islam di Padang Panjang. Masjid tsb menjadi kebanggaan bagi warga Sumatera Barat.

Sesudah memiliki pengalaman sejak tahun 1990-an, kini AA Gallery meningkat percaya diri untuk meraih orderan kerajinan tembaga dari depok. Dengan bekal pengalaman berpuluh tahun tahun menghasilkan seni logam, AA Gallery bertambah paham metode guna menghasilkan seni logam yang bermutu serta sesuai yang diinginkan oleh seluruh customer. Mengenai harga, AA Gallery berprinsip tidak masalah untung sedikit yang penting customer puas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar