Jumat, 03 Januari 2020

Bisnis Seni Ukir Logam Kuningan Melayani Prospek Kabupaten Purworejo

Bisnis Seni Ukir Logam Kuningan Melayani Prospek Kabupaten Purworejo . Kampung Tumang, Cepogo-Boyolali lokasinya diapit lereng gunung Merapi & Merbabu yang termahsyur itu. Kampung Tumang tersebut diketahui sbg sentra perajin seni ukir tembaga. Estetika tempa kerajinan berbahan kuningan telah mendarah daging pd khalayak Tumang, Cepogo-Boyolali. Lebih dari satu saudara Jateng memilih usaha di rumah kerajinan logam untuk dipasarkan ke beragam konsumen. Skill mengukir logam didapati secara turun-temurun dari para sesepuhnya. Tidak sedikit yang bercerita bahwa khalayak Tumang mengawali usaha kerajinannya dg cuma memproduksi alat kebutuhan rumah tangga contohnya alat menanak nasi, wajan, baskom, dan lainnya walaupun demikian saat ini telah berubah haluan ke kerajinan kuningan untuk kebutuhan interior restoran, kantor, dan lain.





Seni ukir tembaga dan kuningan di perkampungan Tumang, Cepogo-Boyolali, masa ini, mulai bergairah dg naiknya jumlah orderan, baik orderan daerah dan juga internasional. Kerja kerajinan ukir tembaga semakin berkembang tak terelakan. Banyak orderan berdatangan dari beragam wilayah di NKRI dan luar negeri. Orderan kerajinan logam tembaga semakin signifikan ini disebabkan oleh banyak variabel, contohnya ialah hadirnya teknologi cyber. Dg hadirnya teknologi internet maka ingin memudahkan para perajin kerajinan logam untuk mengenalkan produknya ke semua wilayah dan manca negara. Teknologi internet sangat memudahkan para perajin kerajinan logam. Salah satu perajin kerajinan logam yang terbantu ialah AA Gallery. Sekarang ini AA Gallery dpt mengenalkan produk kerajinan tembaga ke jakarta utara. Nggak cuma tersebut saja, AA Gallery juga mengenalkan produk kerajinan tembaga ke jayapura.


Contoh Seni Logam Kuningan ialah robyong, kerajinan relief, bowl, lampu dinding, lampu meja, logo, ornamen masjid, bak mandi, dan lainnya. Pembeli juga dpt memesan kerajinan tembaga sesuai dg kemauannya. Mereka bisa memiliki desain sendiri kemudian AA Gallery yang mengerjakannya.


Mungkin tidak sedikit yang bertanya-tanya harga kerajinan logam tembaga tersebut. Harga kerajinan tembaga sangat beraneka ragam walaupun demikian AA Gallery ingin berusaha menawarkan harga yang pas. Harga kerajinan tembaga disebabkan oleh banyak variabel. Berikut ini ini ialah lebih dari satu variabel yang menyebabkan harga kerajinan tembaga : mutu bahan kerajinan, besaran kerajinan tembaga ( semakin besar besaran kerajinan tembaga tentunya harganya semakin tinggi disebabkan bahan baku yang digunakan jg banyak, demikian sebaliknya semakin mungil tentunya harganya semakin murah disebabkan bahan yang digunakan semakin sedikit), level kerumitan pembuatan ( semakin rumit maka semakin tinggi harganya, demikian sebaliknya semakin tak sulit, harganya juga menjadi murah), jumlah pembelian ( semakin banyak orderan tentunya semakin murah), untuk orderan dari wilayah lain tentunya akan ditambah ongkir.

Kendala para produsen kerajinan logam tembaga nggak sedikit. Stabilitas ekonomi yang nggak stabil dpt mempengaruhi banyaknya orderan. Harga bahan baku juga mempengaruhi harga kerajinan logam tembaga. Kalau harga lempengan logam mahal maka harga kerajinan logam tembaga akan mahal. Problem lain, produsen Tumang masih tergantung pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga ingin berdampak pada harga kerajinan tembaga. Akan Tetapi selama customer dpt mendapatkan harga yang telah diambil pengrajin tembaga maka produsen tembaga dpt eksis walau demikian minim untung. Oleh disebabkan tersebut, pengrajin kerajinan tembaga selalu berharap stabilitas ekonomi selalu stabil jadi nggak mengganggu usaha usaha kerajinan logam tembaga.

Sebagai pengrajin kerajinan logam tembaga harus inovatif dan harus memantau permintaan prospek. Sekarang AA Gallery nggak cuma mendapatkan orderan kerajinan logam tembaga yang dibutuhkan untuk kebutuhan dekorasi kantor namun telah merambah pd pengerjaan kubah masjid. Sehubungan kubah masjid biasanya berukuran besar maka nilai projek kubah masjid juga bernilai besar. Berhubungan dengan hiasan kubah dpt mengikuti keinginan customer.

Pada bln Ferbuari 2018 yang lalu, Islamic Center Padang Panjang telah dibuka. Salah satu hal yang membanggakan ialah AA Gallery mendapatkan kepercayaan untuk memproduksi dan memasang kubah masjid tembaga untuk Masjid di Padang Panjang tersebut. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery kerjakan nggak cuma satu sahaja melainkan banyak.

Islamic Center di Padang Panjang tersebut telah dibuka secara resmi oleh Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia saat itu. Semenjak dibukanya Islamic Center di Padang Panjang tersebut maka setelah itu menjadi sentra aktivitas dan ibadah buat umat Islam di Sumatera Barat. Masjid tersebut menjadi kebanggaan bagi masyarakat Indonesia.

Setelah berpengalaman semenjak th 1990-an, saat ini AA Gallery semakin percaya diri untuk mendapatkan orderan kerajinan kuningan dari pasuruan. Berbekal pengalaman puluhan th memproduksi kerajinan logam, AA Gallery semakin paham teknik guna memproduksi kerajinan logam yang ber-quality dan cocok yang diinginkan oleh semua customer. Berkaitan dengan harga, AA Gallery berprinsip walau untung sedikit yang penting customer terpuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar