Jumat, 03 Januari 2020

Ahli Seni Logam Tembaga Melayani Prospek Kota Jakarta Barat

Ahli Seni Logam Tembaga Melayani Prospek Kota Jakarta Barat . Kampung Tumang, Cepogo posisinya diapit lereng pegunungan Merapi dan Merbabu yg banyak dikenal itu. Kampung tersebut disebut sebagai pusat bisnis seni ukir kuningan. Seni tempa kerajinan berbahan kuningan sudah menyatu pada khalayak Tumang, Cepogo. Beberapa keluarga di sana memilih kerja rumahan kerajinan kuningan buat dipasarkan ke berbagai pasar. Keahlian mengolah kuningan dipunyai secara turun-temurun dari sesepuhnya. Tidak sedikit yg menyampaikan bahwa khalayak Tumang memulai kerja kerajinannya dgn sekadar memproduksi alat perkakas rumah tangga misalnya dandang, wajan, baskom, & lainnya tetapi sekarang ini sudah mengubah haluan ke kerajinan kuningan buat kebutuhan ornamen masjid, kantor, & lain-lain.





Kerajinan ukir tembaga & kuningan di perkampungan Tumang, Cepogo, kini, mulai menggeliat dgn naiknya permintaan, baik permintaan daerah maupun internasional. Kerja kerajinan ukir kuningan tetap tumbuh tak terelakan. Banyak permintaan datang dari berbagai wilayah di Indonesia & manca negara. Orderan kerajinan logam semakin sangat signifikan ini karena oleh banyak variabel, contohnya yakni munculnya teknologi internet. Dg munculnya teknologi internet maka mau memudahkan para pengrajin kerajinan kuningan buat mempromosikan produknya ke seluruh wilayah & banyak negara. Teknologi internet memudahkan para pengrajin kerajinan kuningan. Salah satu pengrajin kerajinan kuningan yg terbantu yakni AA Gallery. Masa Ini AA Gallery bisa mempromosikan produk kerajinan tembaga ke binjai. Nggak sekadar itu saja, AA Gallery jg mempromosikan produk kerajinan tembaga ke karawang.


Contoh Kerajinan Kuningan yakni robyong, relief, lampu stand, lampu dinding, ornamen masjid, air mancur, & lain-lain. Pembeli jg bisa mengorder kerajinan sesuai dgn kemauannya. Mereka dpt mempunyai rancangan pribadi kemudian AA Gallery yg meujudkannya.


Mgkn banyak yg bertanya-tanya harga kerajinan tembaga itu. Harga kerajinan beragam tetapi AA Gallery mau berupaya memberikan harga yg kompetitif. Harga kerajinan ditentukan oleh banyak variabel. Diantaranya sbb ini yakni beberapa variabel yg mempengaruhi harga kerajinan tembaga : mutu bahan kerajinan, besaran kerajinan tembaga ( semakin besar besaran kerajinan tembaga sudah sewajarnya harganya semakin mahal karena bahan baku yg dipakai jg banyak, demikian jg sebaliknya semakin mini sudah sewajarnya harganya juga murah karena bahan yg dipakai juga sedikit), tingkat kesulitan produksi ( semakin sulit maka semakin mahal harganya, demikian jg sebaliknya semakin tidak sulit, harganya jg menjadi murah), kuantitas ( semakin banyak permintaan sudah sewajarnya juga murah), untuk permintaan dari wilayah lainnya sudah sewajarnya otomatis ditambah ongkir.

Problem para ahli kerajinan tembaga tidak sedikit. Kondisi ekonomi yg tidak stabil bisa memengaruhi jumlah permintaan. Harga bahan baku jg memengaruhi harga kerajinan tembaga. Jika harga lempengan kuningan mahal maka harga kerajinan tembaga jg mahal. Problem lain-lain, ahli Boyolali-Jawa Tengah masih tergantung pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga mau berdampak pada harga kerajinan tembaga. Tetapi selama konsumen bisa mendapat harga yg sudah diambil pengrajin tembaga maka ahli tembaga bisa eksis walau demikian minim untung. Oleh karena itu, produsen kerajinan tembaga selalu menginginkan stabilitas ekonomi selalu stabil sehingga tidak mengganggu kerja kerja kerajinan tembaga.

Sebagai produsen kerajinan tembaga wajib kreatif & wajib menyesuaikan permintaan masyarakat. Sekarang ini AA Gallery tidak sekadar mendapat permintaan kerajinan tembaga yg dibutuhkan buat kebutuhan dekorasi hotel namun sudah merambah pada proyek kubah masjid. Berhubung kubah masjid biasanya berukuran besar maka nilai proyek kubah masjid jg bernilai besar. Mengenai ukiran kubah bisa mengikuti kemauan konsumen.

Pada bulan Ferbuari 2018 yg lampau, Islamic Center Padang Panjang sudah dibuka. Salah satu hal yg menarik yakni AA Gallery mendapat kepercayaan buat memproduksi & memasang kubah masjid tembaga buat Masjid di Padang Panjang itu. Kubah masjid tembaga yg AA Gallery kerjakan tidak sekadar satu saja tetapi sangat banyak.

Islamic Center di Padang Panjang itu sudah diresmikan oleh Bapak Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia saat itu. Semenjak diresmikannya Islamic Center di Padang Panjang itu maka selanjutnya mjd pusat aktivitas & ibadah buat umat Islam di Sumatera Barat. Masjid itu mjd kebanggaan bagi masyarakat Indonesia.

Sesudah berpengalaman semenjak tahun 1990-an, sekarang ini AA Gallery bertambah percaya diri untuk mendapat permintaan kerajinan tembaga dari pematang siantar. Bermodalkan pengalaman puluhan tahun memproduksi seni tembaga, AA Gallery semakin mengerti teknik guna memproduksi seni tembaga yg berkualitas & sesuai yg diinginkan oleh semua konsumen. Berhubungan dengan harga, AA Gallery berprinsip tidak masalah laba sedikit yg penting konsumen terpuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar