Jumat, 03 Januari 2020

Bisnis Seni Ukir Logam Tembaga Melayani Pelanggan Kabupaten Aceh Barat Daya

Bisnis Seni Ukir Logam Tembaga Melayani Pelanggan Kabupaten Aceh Barat Daya . Desa Tumang, Jateng lokasinya diapit kaki gunung Merapi & Merbabu yg termahsyur . Desa Tumang tsb disebut sbg pusat bisnis seni tembaga. Seni tempa kerajinan berbahan logam sudah menyatu pada publik Tumang, Jateng. Beberapa family Tumang mendirikan kerja rumahan kerajinan logam untuk ditawarkan ke beragam pasar. Keahlian mengukir logam diwarisi secara turun-temurun dari kakek-neneknya. Tidak sedikit yg menyampaikan bahwa publik Tumang memulai kerja kerajinannya dg cuma menghasilkan alat keperluan rumah tangga seperti alat menanak nasi, wajan, teko, juga lain-lain walau demikian kini sudah mengubah haluan ke kerajinan logam untuk keperluan dekorasi cafe, kantor, juga lain.





Seni ukir tembaga juga kuningan di perkampungan Tumang, Jateng, sekarang, mulai memberi harapan dg meningkatnya orderan, baik orderan nasional ataupun manca negara. Kerja kerajinan ukir tembaga selalu berkembang tak terelakan. Banyak orderan berdatangan dari beragam daerah di Republik Indonesia juga luar negeri. Permintaan kerajinan logam mengalami kenaikan begitu signifikan ini sebab oleh banyak variabel, diantaranya yaitu adanya teknologi cyber. Dgn adanya teknologi website maka akan memudahkan para ahli kerajinan logam untuk mengenalkan kerajinan kuningannya ke seluruh daerah juga berbagai negara. Teknologi website cukup memudahkan para ahli kerajinan logam. Salah satu ahli kerajinan logam yg tertolong yaitu AA Gallery. Sekarang AA Gallery bisa mengenalkan produk kerajinan tembaga ke bekasi. Tidak cuma tsb saja, AA Gallery jg mengenalkan produk kerajinan tembaga ke palu.


Contoh Seni Logam Kuningan yaitu lampu gantung, kerajinan relief, lampu stand, lampu dinding, logo, kubah masjid, air mancur, juga lainnya. Pembeli jg bisa memesan kerajinan logam tembaga sesuai dg keinginannya. Mereka bisa mempunyai design sendiri AA Gallery yg memproduksinya.


Mungkin tidak sedikit yg ingin tahu harga kerajinan kuningan tsb. Harga kerajinan logam tembaga cukup bermacam-macam walau demikian AA Gallery akan berupaya menawarkan harga yg pas. Harga kerajinan logam tembaga ditentukan oleh banyak variabel. Contohnya berikut ini ini yaitu lebih dari satu variabel yg menyebabkan harga kerajinan tembaga : mutu bahan baku kerajinan, ukuran kerajinan tembaga ( semakin besar ukuran kerajinan tembaga tentu harganya semakin mahal sebab bahan baku yg dipakai semakin banyak, demikian jg sebaliknya semakin mini tentu harganya semakin murah sebab bahan yg dipakai semakin sedikit), tingkat kerumitan pembuatan ( semakin sulit maka semakin mahal harganya, demikian jg sebaliknya semakin tak sulit, harganya jg juga murah), kuantitas ( semakin banyak orderan tentu juga murah), untuk orderan dari daerah lainnya di luar Tumang tentu secara otomatis ditambah biaya kirim.

Problem para ahli kerajinan kuningan tak sedikit. Stabilitas ekonomi yg tak stabil bisa memengaruhi banyaknya orderan. Harga bahan baku jg memengaruhi harga kerajinan kuningan. Jikalau harga lempengan logam naik maka harga kerajinan kuningan jg naik. Permasalahan lain, ahli Boyolali masih tergantung pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga akan berdampak pada harga kerajinan tembaga. Tetapi selama pelanggan bisa memperoleh harga yg sudah ditetapkan pengrajin tembaga maka ahli tembaga bisa eksis meski minim untung. Oleh sebab tsb, perajin kerajinan tembaga terus-menerus ingin kondisi ekonomi terus-menerus stabil shngg tak mengganggu kerja kerja kerajinan kuningan.

Sebagai perajin kerajinan kuningan harus kreatif juga harus menyesuaikan keinginan prospek. Sekarang ini AA Gallery tak cuma memperoleh orderan kerajinan kuningan yg dibutuhkan untuk keperluan asesoris kantor namun sudah merambah pada pengerjaan kubah masjid. Sehubungan kubah masjid umumnya ukurannya besar maka harga kubah masjid jg bernilai besar. Mengenai design kubah bisa mengikuti keinginan pelanggan.

Pada Ferbuari 2018 yg lalu, Islamic Center Padang Panjang sudah diresmikan. Salah satu hal yg membanggakan yaitu AA Gallery memperoleh kepercayaan untuk menghasilkan juga memasang kubah masjid tembaga buat Masjid di Padang Panjang tsb. Kubah masjid tembaga yg AA Gallery produksi tak cuma satu sahaja tetapi sangat banyak.

Islamic Center tsb sudah dibuka oleh Bapak Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia pada waktu itu. Semenjak diresmikannya Islamic Center tsb maka setelah itu menjadi pusat aktivitas juga ibadah buat umat Islam di Sumatera Barat. Masjid tsb menjadi kebanggaan bagi khalayak Padang Panjang.

Setelah memiliki pengalaman semenjak tahun 1990-an, kini AA Gallery bertambah percaya diri untuk memperoleh orderan kerajinan kuningan dari bogor. Dengan modal pengalaman berpuluh tahun tahun berkarya seni tembaga, AA Gallery semakin mengerti teknik guna menghasilkan seni tembaga yg berkualitas juga sesuai yg diharapkan oleh semua pelanggan. Berkaitan dengan harga, AA Gallery berprinsip tidak mengapa untung sedikit yg urgen pelanggan puas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar