Jumat, 03 Januari 2020

Pengrajin Kerajinan Logam Kuningan Melayani Prospek Kota Sukabumi

Pengrajin Kerajinan Logam Kuningan Melayani Prospek Kota Sukabumi . Kampung Tumang, Cepogo-Boyolali berlokasi diapit kaki pegunungan Merapi & Merbabu yg termahsyur . Kampung tsb diketahui sebagai pusat pengrajin seni tembaga. Seni tempa kerajinan berbahan kuningan telah mendarah daging pd publik Tumang, Cepogo-Boyolali. Banyak family Boyolali-Jateng membangun kerja rumahan kerajinan logam buat ditawarkan ke bermacam konsumen. Ketrampilan mengukir logam diwarisi secara turun-temurun dari nenek moyangnya. Tidak sedikit yg menyampaikan bahwa publik Tumang mengawali kerja kerajinannya dg sekadar memproduksi alat perkakas rumah tangga contohnya alat menanak nasi, panci, ceret, dan lainnya akan tetapi kini telah beralih ke kerajinan kuningan buat keperluan asesoris restoran, gedung, dan lain.





Seni ukir tembaga dan kuningan di desa Tumang, Cepogo-Boyolali, saat ini, mulai memberi harapan dg meningkatnya orderan, baik orderan nasional maupun luar negeri. Usaha kerajinan ukir tembaga selalu berkembang tak terkendali. Banyak orderan berdatangan dari bermacam wilayah di Negeri Kita dan luar negeri. Pesanan kerajinan tembaga mengalami kenaikan cukup signifikan ini sebab oleh banyak faktor, contohnya merupakan munculnya teknologi website. Dengan munculnya teknologi internet maka akan memudahkan para pengrajin kerajinan logam buat mengenalkan kerajinan tembaganya ke semua wilayah dan berbagai negara. Teknologi internet begitu memudahkan para pengrajin kerajinan logam. Salah satu pengrajin kerajinan logam yg terbantu merupakan AA Gallery. Masa Ini AA Gallery dpt mengenalkan produk kerajinan tembaga ke bima. Nggak sekadar tersebut saja, AA Gallery juga mengenalkan produk kerajinan tembaga ke kendari.


Contoh Seni Logam Kuningan merupakan lampu gantung, relief, bowl, lampu dinding, lampu meja, logo, ornamen masjid, bak mandi, dan lain-lain. Konsumen juga dpt memesan kerajinan logam tembaga sesuai dg keinginannya. Mereka bisa mempunyai design sendiri AA Gallery yg mengerjakannya.


Mgkn banyak yg bertanya-tanya harga kerajinan kuningan tersebut. Harga kerajinan logam tembaga begitu bermacam-macam akan tetapi AA Gallery akan berupaya menawarkan harga yg kompetitif. Harga kerajinan logam tembaga disebabkan oleh banyak faktor. Berikut ini ini merupakan beberapa faktor yg memengaruhi harga kerajinan tembaga : mutu bahan baku kerajinan, besarnya kerajinan tembaga ( bertambah besar besarnya kerajinan tembaga tentu saja harganya bertambah mahal sebab bahan yg digunakan semakin banyak, demikian jg sebaliknya bertambah mungil tentu saja harganya jg murah sebab bahan yg digunakan jg sedikit), tingkat kesulitan pembuatan ( bertambah sulit maka bertambah mahal harganya, demikian jg sebaliknya bertambah tidak sulit, harganya juga menjadi murah), kuantitas ( bertambah banyak orderan tentu saja semakin murah), jika orderan dari wilayah lain di luar Tumang tentu saja otomatis dikenai ongkir.

Problem para pengusaha kerajinan kuningan nggak sedikit. Stabilitas ekonomi yg nggak stabil dpt memengaruhi banyaknya orderan. Harga bahan juga memengaruhi harga kerajinan kuningan. Disaat harga lempengan logam naik maka harga kerajinan kuningan juga naik. Problem lain, pengusaha Cepogo-Boyolali masih pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga akan berdampak pada harga kerajinan tembaga. Walaupun Demikian selama pelanggan dpt mendapatkan harga yg telah diputuskan pengrajin tembaga maka pengusaha tembaga dpt eksis walaupun minim untung. Oleh sebab tersebut, pengrajin kerajinan tembaga tetap menginginkan stabilitas ekonomi tetap stabil sehingga nggak mengganggu kerja kerja kerajinan kuningan.

Sebagai pengrajin kerajinan kuningan harus kreatif dan harus menyesuaikan permintaan pasar. Kini AA Gallery nggak sekadar mendapatkan orderan kerajinan kuningan yg dibutuhkan buat keperluan hiasan hotel namun telah merambah pd pembuatan kubah masjid. Berhubung kubah masjid biasanya berukuran besar maka nilai proyek kubah masjid juga terbilang besar. Berkaitan dengan hiasan kubah dpt mengikuti kemauan pelanggan.

Pada Ferbuari 2018 yg lalu, Islamic Center Padang Panjang telah diresmikan. Salah satu hal yg menarik merupakan AA Gallery mendapatkan kepercayaan buat memproduksi dan memasang kubah masjid tembaga untuk Masjid di Islamic Center tersebut. Kubah masjid tembaga yg AA Gallery buat nggak sekadar satu sahaja melainkan banyak.

Islamic Center di Padang Panjang tersebut telah dibuka oleh ketua MPR Indonesia masa itu. Sejak diresmikannya Islamic Center di Padang Panjang tersebut maka setelah itu menjadi pusat kegiatan dan ibadah umat Islam di Sumatera Barat. Masjid tersebut menjadi kebanggaan bagi masyarakat Sumatera Barat.

Sesudah berpengalaman semenjak th 1990-an, kini AA Gallery meningkat percaya diri untuk mendapatkan orderan kerajinan kuningan dari karawang. Dengan bekal pengalaman puluhan th menghasilkan seni kuningan, AA Gallery bertambah mengetahui metode untuk memproduksi seni kuningan yg berkelas dan cocok yg diharapkan oleh seluruh pelanggan. Berkaitan dengan harga, AA Gallery berprinsip walau untung sedikit yg penting pelanggan terpuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar