Jumat, 03 Januari 2020

Perajin Seni Ukir Logam Melayani Konsumen Kabupaten Klungkung

Perajin Seni Ukir Logam Melayani Konsumen Kabupaten Klungkung . Kampung Tumang, Cepogo-Jawa Tengah lokasinya di antara lereng gunung Merapi dan Merbabu yang terkenal . Kampung Tumang tersebut disebut sbg pusat industri seni ukir tembaga. Estetika ukir kerajinan berbahan logam sudah mendarah daging pada masyarakat Tumang, Cepogo-Jawa Tengah. Banyak family Tumang membangun kerja rumahan kerajinan logam untuk ditawarkan ke bermacam pasar. Ketrampilan menempa logam didapatkan secara turun-temurun dari orang tuanya. Tidak sedikit yang menjelaskan bahwa masyarakat Tumang mengawali kerja kerajinannya dgn sekedar menghasilkan alat perkakas rumah tangga diantaranya dandang, panci, ceret, & lain-lain akan tetapi kini sudah berubah haluan ke kerajinan logam untuk keperluan interior hotel, rumah, & lain.





Seni ukir tembaga & kuningan di desa Tumang, Cepogo-Jawa Tengah, kini, mulai menggeliat dgn meningkatnya jumlah permintaan, baik permintaan lokal dan juga manca negara. Bisnis kerajinan ukir tembaga selalu tumbuh tak terkendali. Banyak permintaan datang dari bermacam wilayah di Negara Kita & manca negara. Pesanan kerajinan tembaga mengalami penambahan signifikan ini karena oleh banyak faktor, contohnya yakni hadirnya teknologi cyber. Dengan hadirnya teknologi website maka mau menolong para perajin kerajinan logam untuk mempromosikan kerajinan kuningannya ke seluruh wilayah & berbagai negara. Teknologi website cukup menolong para perajin kerajinan logam. Salah satu perajin kerajinan logam yang terbantu yakni AA Gallery. Saat ini AA Gallery bisa mempromosikan produk kerajinan tembaga ke pontianak. Nggak sekedar tsb saja, AA Gallery jg mempromosikan produk kerajinan tembaga ke gunung sitoli.


Contoh Seni Logam Kuningan yakni lampu gantung, kerajinan relief, lampu stand, lampu dinding, logo, kubah masjid, bak mandi, & lainnya. Customer jg bisa memesan kerajinan sesuai dgn seleranya. Mereka dapat mempunyai desain sendiri kemudian AA Gallery yang memproduksinya.


Mgkn banyak yang bertanya-tanya harga kerajinan logam kuningan tsb. Harga kerajinan cukup bermacam-macam akan tetapi AA Gallery mau berusaha menawarkan harga yang pas. Harga kerajinan ditentukan oleh banyak faktor. Banyak hal sbb ini yakni beberapa faktor yang memengaruhi harga kerajinan tembaga : mutu bahan kerajinan, size kerajinan tembaga ( bertambah besar size kerajinan tembaga sudah sewajarnya harganya bertambah tinggi karena bahan baku yang digunakan jg banyak, demikian jg sebaliknya bertambah mungil sudah sewajarnya harganya juga murah karena bahan yang digunakan juga sedikit), level kerumitan produksi ( bertambah rumit maka bertambah tinggi harganya, demikian jg sebaliknya bertambah mudah, harganya jg menjadi murah), kuantitas ( bertambah banyak permintaan sudah sewajarnya semakin murah), jika permintaan dari wilayah lainnya sudah sewajarnya otomatis dikenai ongkir.

Problem para ahli kerajinan logam kuningan tak sedikit. Kondisi ekonomi yang tak stabil bisa mempengaruhi banyaknya permintaan. Harga bahan baku jg mempengaruhi harga kerajinan logam kuningan. Ketika harga lempengan logam mahal maka harga kerajinan logam kuningan juga mahal. Problem lain, ahli Tumang masih tergantung pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga mau berdampak pada harga kerajinan tembaga. Akan Tetapi selama konsumen bisa memperoleh harga yang sudah diputuskan pengrajin tembaga maka ahli tembaga bisa eksis meski minim untung. Oleh karena tsb, produsen kerajinan tembaga selalu bermimpi kondisi ekonomi selalu stabil sehingga tak mengganggu kerja kerja kerajinan logam kuningan.

Sebagai produsen kerajinan logam kuningan diwajibkan inovatif & diwajibkan memantau permintaan pasar. Kini AA Gallery tak sekedar memperoleh permintaan kerajinan logam kuningan yang dibutuhkan untuk keperluan dekorasi rumah namun sudah merambah pada produksi kubah masjid. Berhubung kubah masjid umumnya berukuran besar maka nilai proyek kubah masjid jg bernilai besar. Berkaitan dengan hiasan kubah bisa mengikuti keinginan konsumen.

Pd Ferbuari 2018 yang lampau, Islamic Center Padang Panjang sudah diresmikan. Salah satu hal yang keren yakni AA Gallery memperoleh kepercayaan untuk menghasilkan & memasang kubah masjid tembaga untuk Masjid di Islamic Center tsb. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery selesaikan tak sekedar satu sahaja tapi banyak.

Islamic Center tsb sudah dibuka oleh Bp. Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia pada waktu itu. Semenjak dibukanya Islamic Center tsb maka selanjutnya mjd pusat aktivitas & ibadah bagi umat Islam di Sumatera Barat. Masjid tsb mjd kebanggaan bagi khalayak Indonesia.

Sesudah berpengalaman semenjak th 1990-an, kini AA Gallery semakin percaya diri untuk memperoleh permintaan kerajinan kuningan dari medan. Dengan bekal pengalaman berpuluh tahun th membuat seni tembaga, AA Gallery bertambah paham teknik guna menghasilkan seni tembaga yang bermutu & sesuai yang diinginkan oleh semua konsumen. Berhubungan dengan harga, AA Gallery berprinsip walaupun untung sedikit yang urgen konsumen puas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar