Jumat, 03 Januari 2020

Pengrajin Seni Logam Tembaga Melayani Pelanggan Kabupaten Ngada

Pengrajin Seni Logam Tembaga Melayani Pelanggan Kabupaten Ngada . Desa Tumang, Cepogo-Boyolali posisinya diapit lereng pegunungan Merapi dan Merbabu yg termahsyur itu. Desa Tumang tsb diketahui sebagai pusat industri seni tembaga. Estetika tempa kerajinan berbahan logam sudah mendarah daging pada publik Tumang, Cepogo-Boyolali. Lebih dari satu keluarga Jawa Tengah memilih kerja rumahan kerajinan tembaga untuk dijual ke bermacam konsumen. Ketrampilan menempa tembaga didapati secara turun-temurun dari sesepuhnya. Banyak yg menyampaikan bahwa publik Tumang mengawali kerja kerajinannya dgn cuma menghasilkan alat perkakas rumah tangga seperti alat menanak nasi, wajan, alat merebus air, juga sebagainya namun sekarang sudah bertolak ke kerajinan logam untuk keperluan ornamen cafe, gedung, juga lain.





Kerajinan ukir tembaga juga kuningan di desa Tumang, Cepogo-Boyolali, saat ini, mulai bergairah dgn meningkatnya permintaan, baik permintaan lokal maupun manca negara. Bisnis kerajinan ukir tembaga selalu berkembang cepat. Banyak permintaan berdatangan dari bermacam wilayah di NKRI juga manca negara. Orderan kerajinan tembaga bertambah signifikan ini disebabkan oleh banyak parameter, diantaranya merupakan munculnya teknologi cyber. Dengan munculnya teknologi internet maka akan memudahkan para industri kerajinan tembaga untuk mengenalkan produknya ke seluruh wilayah juga berbagai negara. Teknologi internet sangat memudahkan para industri kerajinan tembaga. Salah satu industri kerajinan tembaga yg terbantu merupakan AA Gallery. Masa Ini AA Gallery bisa mengenalkan produk kerajinan kuningan ke kendari. Nggak cuma itu saja, AA Gallery jg mengenalkan produk kerajinan tembaga ke baubau.


Contoh Kerajinan Logam Kuningan merupakan kerajinan kaligrafi, robyong, kerajinan relief, lampu stand, lampu dinding, kubah masjid, bak mandi, juga lain-lain. Customer jg bisa mengorder kerajinan logam sesuai dgn seleranya. Mereka bisa mempunyai desain sendiri selanjutnya AA Gallery yg mengerjakannya.


Mungkin tidak sedikit yg menanyakan harga kerajinan kuningan itu. Harga kerajinan logam sangat bermacam-macam namun AA Gallery akan berusaha memberikan harga yg sesuai. Harga kerajinan logam dipengaruhi oleh banyak parameter. Dibawah ini ini merupakan lebih dari satu parameter yg menyebabkan harga kerajinan tembaga : kualiti bahan baku kerajinan, ukuran kerajinan tembaga ( semakin besar ukuran kerajinan tembaga sudah sewajarnya harganya semakin mahal disebabkan bahan baku yg dimanfaatkan semakin banyak, demikian jg sebaliknya semakin mini sudah sewajarnya harganya semakin murah disebabkan bahan yg dimanfaatkan semakin sedikit), level kesulitan produksi ( semakin sulit maka semakin mahal harganya, demikian jg sebaliknya semakin gampang, harga jg menjadi murah), kuantitas ( semakin banyak permintaan sudah sewajarnya semakin murah), untuk permintaan dari wilayah lainnya di luar Tumang sudah sewajarnya akan ditambah ongkir.

Permasalahan para pengrajin kerajinan kuningan tdk sedikit. Kondisi ekonomi yg tdk stabil bisa mempengaruhi jumlah permintaan. Harga bahan baku jg mempengaruhi harga kerajinan kuningan. Kalau harga lempengan tembaga mahal maka harga kerajinan kuningan jg mahal. Permasalahan lain, pengrajin Boyolali-Jateng masih tergantung pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga akan berdampak pada harga kerajinan tembaga. Akan Tetapi selama customer bisa menerima harga yg sudah ditetapkan pengrajin tembaga maka pengrajin tembaga bisa eksis walaupun minim untung. Oleh disebabkan itu, produsen kerajinan tembaga kontinyu berharap kondisi ekonomi kontinyu stabil jadi tdk mengganggu kerja kerja kerajinan kuningan.

Sebagai produsen kerajinan kuningan diharuskan inovatif juga diharuskan memantau permintaan pasar. Sekarang ini AA Gallery tdk cuma menerima permintaan kerajinan kuningan yg dibutuhkan untuk keperluan dekorasi kantor tapi sudah bertambah pada proyek kubah masjid. Sehubungan kubah masjid biasanya ukurannya besar maka nilai projek kubah masjid jg dapat dikatakan besar. Mengenai hiasan kubah bisa menyesuaikan keinginan customer.

Pd bln Ferbuari 2018 yg lalu, Islamic Center Padang Panjang sudah diresmikan. Salah satu hal yg keren merupakan AA Gallery menerima kepercayaan untuk menghasilkan juga memasang kubah masjid tembaga buat Masjid di Islamic Center itu. Kubah masjid tembaga yg AA Gallery kerjakan tdk cuma satu sahaja tapi begitu banyak.

Islamic Center di Padang Panjang itu sudah dibuka secara resmi oleh ketua MPR Indonesia masa itu. Sejak diresmikannya Islamic Center di Padang Panjang itu maka setelah itu mjd pusat kegiatan juga ibadah buat umat Islam di Sumatera Barat. Masjid itu mjd kebanggaan bagi khalayak Indonesia.

Setelah memiliki pengalaman sejak tahun 1990-an, sekarang AA Gallery semakin percaya diri untuk menerima permintaan kerajinan kuningan dari samarinda. Bermodalkan pengalaman puluhan tahun menghasilkan kerajinan logam, AA Gallery semakin paham teknik guna menghasilkan kerajinan logam yg berkelas juga sesuai yg diinginkan oleh semua customer. Mengenai harga, AA Gallery berprinsip meski untung sedikit yg urgen customer terpuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar