Jumat, 03 Januari 2020

Bisnis Seni Ukir Tembaga Melayani Konsumen Kabupaten Lumajang

Bisnis Seni Ukir Tembaga Melayani Konsumen Kabupaten Lumajang . Kampung Tumang, Cepogo terletak di antara lereng pegunungan Merapi & Merbabu yang terkenal . Kampung Tumang tersebut disebut sebagai pusat pengrajin seni ukir kuningan. Seni tempa kerajinan berbahan kuningan sudah mendarah daging pd khalayak Tumang, Cepogo. Beberapa keluarga Cepogo-Boyolali memilih usaha rumahan kerajinan logam buat ditawarkan ke bermacam pasar. Ketrampilan mengolah logam dipunyai secara turun-temurun dari para pendahulunya. Tidak sedikit yang bercerita bahwa khalayak Tumang memulai usaha kerajinannya dgn sekadar menghasilkan alat perkakas rumah tangga misalnya alat menanak nasi, wajan, teko, serta sebagainya tetapi sekarang ini sudah bertolak ke kerajinan kuningan buat keperluan interior hotel, rumah, serta lain-lain.





Seni ukir tembaga serta kuningan di desa Tumang, Cepogo, sekarang ini, mulai menarik dgn naiknya jumlah permintaan, baik permintaan nasional dan juga internasional. Bisnis kerajinan ukir kuningan tetap tumbuh pesat. Banyak permintaan datang dari bermacam wilayah di Republik Indonesia serta manca negara. Orderan kerajinan kuningan mengalami penambahan begitu signifikan ini sebab oleh banyak variabel, contohnya adalah munculnya teknologi internet. Dgn munculnya teknologi internet maka ingin membantu para perajin kerajinan logam buat mempromosikan produknya ke semua wilayah serta berbagai negara. Teknologi internet cukup membantu para perajin kerajinan logam. Salah satu perajin kerajinan logam yang tertolong adalah AA Gallery. Kini AA Gallery dpt mempromosikan produk kerajinan kuningan ke serang. Tak sekadar tsb saja, AA Gallery juga mempromosikan produk kerajinan tembaga ke samarinda.


Contoh Seni Logam Kuningan adalah robyong, kerajinan relief, lampu stand, lampu dinding, kubah masjid, air mancur, serta lainnya. Pelanggan juga dpt memesan kerajinan tembaga sesuai dgn seleranya. Mereka dpt memiliki design sendiri setelah itu AA Gallery yang meujudkannya.


Mgkn sahaja banyak yang menanyakan harga kerajinan logam tembaga tsb. Harga kerajinan tembaga cukup beraneka ragam tetapi AA Gallery ingin berusaha menawarkan harga yang kompetitif. Harga kerajinan tembaga dipengaruhi oleh banyak variabel. Contohnya berikut ini ini adalah lebih dari satu variabel yang mempengaruhi harga kerajinan tembaga : kualiti bahan kerajinan, size kerajinan tembaga ( bertambah besar size kerajinan tembaga tentu harganya bertambah mahal sebab bahan yang dipakai juga banyak, demikian sebaliknya bertambah mini tentu harganya jg murah sebab bahan yang dipakai jg sedikit), tingkat kerumitan pembuatan ( bertambah sulit maka bertambah mahal harganya, demikian sebaliknya bertambah mudah, harga juga semakin murah), jumlah pembelian ( bertambah banyak permintaan tentu juga murah), untuk permintaan dari wilayah lainnya di luar Tumang tentu auto ditambah ongkir.

Kendala para pengrajin kerajinan logam tembaga nggak sedikit. Kondisi ekonomi yang nggak stabil dpt memengaruhi banyaknya permintaan. Harga bahan juga memengaruhi harga kerajinan logam tembaga. Disaat harga lempengan logam mahal maka harga kerajinan logam tembaga juga mahal. Permasalahan lain-lain, pengrajin Boyolali-Jateng masih tergantung pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga ingin berdampak pada harga kerajinan tembaga. Akan Tetapi selama konsumen dpt mendapat harga yang sudah ditentukan pengrajin tembaga maka pengrajin tembaga dpt eksis walau minim untung. Oleh sebab tsb, pengusaha kerajinan tembaga selalu berdoa kondisi ekonomi selalu stabil sehingga nggak mengganggu usaha usaha kerajinan logam tembaga.

Sebagai pengusaha kerajinan logam tembaga harus inovatif serta harus menyesuaikan selera masyarakat. Saat ini AA Gallery nggak sekadar mendapat permintaan kerajinan logam tembaga yang dibutuhkan buat keperluan asesoris rumah tetapi sudah bertambah pd projek kubah masjid. Mengingat kubah masjid biasanya ukurannya besar maka harga kubah masjid juga dapat dikatakan besar. Berkaitan dengan design kubah dpt menyesuaikan keinginan konsumen.

Pada bln Ferbuari 2018 yang lalu, Islamic Center Padang Panjang sudah dibuka. Salah satu hal yang menarik adalah AA Gallery mendapat kepercayaan buat menghasilkan serta memasang kubah masjid tembaga untuk Masjid di Islamic Center tsb. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery selesaikan nggak sekadar satu saja tapi begitu banyak.

Islamic Center Padang Panjang tsb sudah dibuka secara resmi oleh ketua MPR Indonesia masa itu. Semenjak diresmikannya Islamic Center Padang Panjang tsb maka selanjutnya mjd pusat kegiatan serta ibadah bagi umat Islam di Sumatera Barat. Masjid tsb mjd kebanggaan bagi masyarakat Indonesia.

Sesudah memiliki pengalaman semenjak th 1990-an, sekarang ini AA Gallery bertambah percaya diri untuk mendapat permintaan kerajinan tembaga dari kediri. Dengan modal pengalaman berpuluh tahun th membuat seni kuningan, AA Gallery bertambah mengerti teknik untuk menghasilkan seni kuningan yang berkualitas serta cocok yang diharapkan oleh semua konsumen. Berkaitan dengan harga, AA Gallery berprinsip meski laba sedikit yang penting konsumen terpuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar