Jumat, 03 Januari 2020

Ahli Seni Logam Kuningan Melayani Pasar Kabupaten Pacitan

Ahli Seni Logam Kuningan Melayani Pasar Kabupaten Pacitan . Perkampungan Tumang, Boyolali-Jateng posisinya diapit lereng gunung Merapi & Merbabu yg banyak dikenal itu. Perkampungan tsb diketahui sebagai sentra industri seni tembaga. Keindahan tempa kerajinan berbahan kuningan sudah menyatu pd masyarakat Tumang, Boyolali-Jateng. Lebih dari satu family Cepogo-Boyolali membangun usaha di rumah kerajinan kuningan untuk dipasarkan ke beragam pasar. Keahlian menempa kuningan dipunyai secara turun-temurun dari nenek-kakeknya. Tidak sedikit yg bercerita bahwa masyarakat Tumang memulai usaha kerajinannya dg cuma memproduksi alat kebutuhan rumah tangga contohnya alat menanak nasi, panci, baskom, & lain-lain walaupun demikian saat ini sudah bertolak ke kerajinan kuningan untuk kebutuhan ornamen cafe, kantor, & lain.





Kerajinan ukir tembaga & kuningan di kampung Tumang, Boyolali-Jateng, masa ini, mulai menarik dg naiknya permintaan, baik permintaan lokal atau luar negeri. Usaha kerajinan ukir tembaga selalu tumbuh tak terkendali. Banyak permintaan datang dari beragam daerah di Indonesia & manca negara. Pesanan kerajinan tembaga meningkat cukup signifikan ini karena oleh banyak parameter, diantaranya yakni munculnya teknologi dunia maya. Dgn munculnya teknologi internet maka mau memudahkan para pengrajin kerajinan kuningan untuk mengenalkan kerajinan tembaganya ke seluruh daerah & banyak negara. Teknologi internet cukup memudahkan para pengrajin kerajinan kuningan. Salah satu pengrajin kerajinan kuningan yg tertolong yakni AA Gallery. Saat ini AA Gallery bisa mengenalkan produk kerajinan tembaga ke ternate. Tdk cuma itu saja, AA Gallery juga mengenalkan produk kerajinan tembaga ke subulussalam.


Contoh Kerajinan Kuningan yakni kerajinan kaligrafi, lampu gantung, relief, lampu stand, lampu dinding, lampu meja, logo, ornamen masjid, air mancur, & lainnya. Konsumen juga bisa mengorder kerajinan sesuai dg kemauannya. Mereka dapat punya desain pribadi setelah itu AA Gallery yg meujudkannya.


Mgkn banyak yg ingin tahu harga kerajinan logam itu. Harga kerajinan cukup beraneka ragam walaupun demikian AA Gallery mau berupaya memberikan harga yg pas. Harga kerajinan ditentukan oleh banyak parameter. Diantaranya sbb ini yakni beberapa parameter yg memengaruhi harga kerajinan tembaga : kualitas bahan kerajinan, ukuran kerajinan tembaga ( semakin besar ukuran kerajinan tembaga tentu harganya semakin tinggi karena bahan yg dipakai semakin banyak, demikian sebaliknya semakin kecil tentu harganya juga murah karena bahan yg dipakai juga sedikit), level kerumitan pembuatan ( semakin sulit maka semakin tinggi harganya, demikian sebaliknya semakin tidak sulit, harga juga semakin murah), kuantitas ( semakin banyak permintaan tentu semakin murah), untuk permintaan dari daerah lainnya di luar Tumang tentu secara otomatis dikenai biaya kirim.

Kendala para pebisnis kerajinan logam tidak sedikit. Stabilitas ekonomi yg tidak stabil bisa mempengaruhi banyaknya permintaan. Harga bahan juga mempengaruhi harga kerajinan logam. Ketika harga lempengan kuningan mahal maka harga kerajinan logam juga mahal. Permasalahan lain, pebisnis Cepogo-Jawa Tengah masih pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga mau berdampak pada harga kerajinan tembaga. Tetapi selama customer bisa memperoleh harga yg sudah ditetapkan pengrajin tembaga maka pebisnis tembaga bisa eksis meski minim untung. Oleh karena itu, pebisnis kerajinan tembaga selalu menginginkan kondisi ekonomi selalu stabil sehingga tidak mengganggu usaha usaha kerajinan logam.

Sebagai pebisnis kerajinan logam diharuskan inovatif & diharuskan menyesuaikan permintaan konsumen. Kini AA Gallery tidak cuma memperoleh permintaan kerajinan logam yg dibutuhkan untuk kebutuhan eksterior kantor tetapi sudah bertambah pd produksi kubah masjid. Sehubungan kubah masjid pada umumnya ukurannya besar maka nilai proyek kubah masjid juga terbilang besar. Berhubungan dengan hiasan kubah bisa mengikuti keinginan customer.

Pada Ferbuari 2018 yg lalu, Islamic Center Padang Panjang sudah dibuka. Salah satu hal yg menyenangkan yakni AA Gallery memperoleh kepercayaan untuk memproduksi & memasang kubah masjid tembaga buat Masjid di Islamic Center itu. Kubah masjid tembaga yg AA Gallery buat tidak cuma satu saja tetapi banyak.

Islamic Center itu sudah diresmikan oleh Bp. Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia pada waktu itu. Sejak dibukanya Islamic Center itu maka selanjutnya menjadi sentra aktivitas & ibadah umat Islam di Sumatera Barat. Masjid itu menjadi kebanggaan bagi masyarakat Sumatera Barat.

Setelah memiliki pengalaman semenjak th 1990-an, saat ini AA Gallery semakin percaya diri untuk memperoleh permintaan kerajinan kuningan dari tidore kepulauan. Dengan bekal pengalaman berpuluh tahun th berkarya kerajinan tembaga, AA Gallery semakin paham teknik guna memproduksi kerajinan tembaga yg ber-quality & cocok yg diharapkan oleh seluruh customer. Mengenai harga, AA Gallery berprinsip walau untung sedikit yg penting customer terpuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar