Jumat, 03 Januari 2020

Pengusaha Kerajinan Logam Tembaga Melayani Prospek Kabupaten Sragen

Pengusaha Kerajinan Logam Tembaga Melayani Prospek Kabupaten Sragen . Kampung Tumang, Boyolali-Jateng lokasinya di antara kaki gunung Merapi and Merbabu yg banyak dikenal . Kampung Tumang tsb dikenal sbg sentra produsen seni ukir tembaga. Keindahan tempa kerajinan berbahan tembaga sudah mendarah daging pada orang Tumang, Boyolali-Jateng. Banyak family Jateng memilih kerja di rumah kerajinan tembaga untuk dipasarkan ke berbagai konsumen. Ketrampilan menempa tembaga didapati secara turun-temurun dari sesepuhnya. Tidak sedikit yg menceritakan bahwa orang Tumang memulai kerja kerajinannya dgn hanya memproduksi alat kebutuhan rumah tangga misalnya alat menanak nasi, wajan, baskom, juga sebagainya walaupun demikian kini sudah beralih ke kerajinan tembaga untuk kebutuhan dekorasi cafe, rumah, juga lainnya.





Kerajinan ukir tembaga juga kuningan di perkampungan Tumang, Boyolali-Jateng, sekarang, mulai menggeliat dgn meningkatnya permintaan, baik permintaan nasional atau internasional. Kerja kerajinan ukir tembaga semakin berkembang cepat. Banyak permintaan berdatangan dari berbagai daerah di Republik Indonesia juga manca negara. Orderan kerajinan logam tembaga semakin begitu signifikan ini disebabkan oleh banyak variabel, diantaranya yakni adanya teknologi website. Dgn adanya teknologi internet maka ingin membantu para industri kerajinan tembaga untuk mengenalkan kerajinan tembaganya ke seluruh daerah juga berbagai negara. Teknologi internet membantu para industri kerajinan tembaga. Salah satu industri kerajinan tembaga yg tertolong yakni AA Gallery. Saat ini AA Gallery bisa mengenalkan produk kerajinan kuningan ke tarakan. Tak hanya tsb saja, AA Gallery juga mengenalkan produk kerajinan tembaga ke medan.


Contoh Kerajinan Logam yakni lampu gantung, relief, lampu stand, lampu dinding, kubah masjid, air mancur, juga lainnya. Pembeli juga bisa mengorder kerajinan sesuai dgn seleranya. Mereka dapat memiliki design pribadi AA Gallery yg mengerjakannya.


Mgkn banyak yg menanyakan harga kerajinan tembaga tsb. Harga kerajinan bervariasi walaupun demikian AA Gallery ingin berupaya memberikan harga yg kompetitif. Harga kerajinan ditentukan oleh banyak variabel. Diantaranya sebagai berikut ini yakni lebih dari satu variabel yg menyebabkan harga kerajinan tembaga : kualiti bahan baku kerajinan, besarnya kerajinan tembaga ( semakin besar besarnya kerajinan tembaga semestinya harganya semakin tinggi disebabkan bahan baku yg dipakai bertambah banyak, demikian juga sebaliknya semakin kecil semestinya harganya jg murah disebabkan bahan yg dipakai jg sedikit), tingkat kerumitan produksi ( semakin sulit maka semakin tinggi harganya, demikian juga sebaliknya semakin gampang, harganya juga menjadi murah), kuantitas ( semakin banyak permintaan semestinya juga murah), jika permintaan dari daerah lainnya di luar Tumang semestinya mau-tidak mau dikenai ongkir.

Kendala para pengusaha kerajinan tembaga tak sedikit. Stabilitas ekonomi yg tak stabil bisa memengaruhi banyaknya permintaan. Harga bahan baku juga memengaruhi harga kerajinan tembaga. Jikalau harga lempengan tembaga mahal maka harga kerajinan tembaga akan mahal. Problem lainnya, pengusaha Cepogo masih tergantung pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga ingin berdampak pada harga kerajinan tembaga. Tetapi selama konsumen bisa memperoleh harga yg sudah diambil pengrajin tembaga maka pengusaha tembaga bisa eksis meski minim untung. Oleh disebabkan tsb, ahli kerajinan tembaga kontinyu berdoa kondisi ekonomi kontinyu stabil jadi tak mengganggu kerja kerja kerajinan tembaga.

Sebagai ahli kerajinan tembaga harus inovatif juga harus menyesuaikan selera konsumen. Sekarang AA Gallery tak hanya memperoleh permintaan kerajinan tembaga yg dibutuhkan untuk kebutuhan asesoris kantor tapi sudah merambah pada pembuatan kubah masjid. Sehubungan kubah masjid pada umumnya berukuran besar maka harga kubah masjid juga dapat dikatakan besar. Tentang desain kubah bisa mengikuti keinginan konsumen.

Pd bln Ferbuari 2018 yg lampau, Islamic Center Padang Panjang sudah diresmikan. Salah satu hal yg menyenangkan yakni AA Gallery memperoleh kepercayaan untuk memproduksi juga memasang kubah masjid tembaga pd Masjid di Padang Panjang tsb. Kubah masjid tembaga yg AA Gallery buat tak hanya satu saja tapi cukup banyak.

Islamic Center tsb sudah dibuka oleh Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia pada waktu itu. Semenjak diresmikannya Islamic Center tsb maka setelah itu menjadi sentra kegiatan juga ibadah umat Islam di Sumatera Barat. Masjid tsb menjadi kebanggaan bagi warga Indonesia.

Sesudah berpengalaman sejak thn 1990-an, kini AA Gallery bertambah percaya diri untuk memperoleh permintaan kerajinan tembaga dari pematang siantar. Dengan modal pengalaman berpuluh tahun thn berkarya kerajinan logam, AA Gallery semakin mengetahui teknik untuk memproduksi kerajinan logam yg bermutu juga sesuai yg diharapkan oleh seluruh konsumen. Berhubungan dengan harga, AA Gallery berprinsip walau laba sedikit yg penting konsumen terpuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar