Jumat, 03 Januari 2020

Industri Seni Kuningan Melayani Pelanggan Kabupaten Humbang Hasundutan

Industri Seni Kuningan Melayani Pelanggan Kabupaten Humbang Hasundutan . Kampung Tumang, Boyolali-Jateng lokasinya diapit lereng gunung Merapi dan Merbabu yang banyak dikenal itu. Kampung Tumang tsb disebut sbg sentra perajin seni ukir kuningan. Seni tempa kerajinan berbahan tembaga sudah menyatu pada publik Tumang, Boyolali-Jateng. Banyak keluarga Cepogo-Boyolali mendirikan usaha di rumah kerajinan kuningan buat dipasarkan ke banyak konsumen. Ketrampilan mengukir kuningan diwarisi secara turun-temurun dari sesepuhnya. Banyak yang menceritakan bahwa publik Tumang mengawali usaha kerajinannya dgn sekedar memproduksi alat keperluan rumah tangga misalnya alat menanak nasi, panci, alat merebus air, serta lain-lain akan tetapi masa ini sudah berubah haluan ke kerajinan tembaga buat keperluan ornamen cafe, kantor, serta lain-lain.





Kerajinan ukir tembaga serta kuningan di perkampungan Tumang, Boyolali-Jateng, saat ini, mulai menarik dgn meningkatnya orderan, baik orderan lokal atau manca negara. Kerja kerajinan ukir kuningan terus berkembang tak terelakan. Banyak orderan datang dari banyak wilayah di Negeri Kita serta manca negara. Pesanan kerajinan kuningan meningkat sangat signifikan ini dikarenakan oleh banyak variabel, contohnya yaitu adanya teknologi cyber. Dgn adanya teknologi internet maka ingin memudahkan para produsen kerajinan kuningan buat mengiklankan produknya ke semua wilayah serta manca negara. Teknologi internet amat memudahkan para produsen kerajinan kuningan. Salah satu produsen kerajinan kuningan yang terbantu yaitu AA Gallery. Sekarang ini AA Gallery dapat mengiklankan produk kerajinan kuningan ke solok. Tidak sekedar tersebut saja, AA Gallery juga mengiklankan produk kerajinan tembaga ke padang.


Contoh Kerajinan Logam yaitu robyong, relief, bowl, lampu dinding, logo, ornamen masjid, air mancur, serta lainnya. Customer juga dapat memesan kerajinan logam sesuai dgn kemauannya. Mereka dpt memiliki desain pribadi kemudian AA Gallery yang membuatnya.


Mgkn sahaja banyak yang ingin tahu harga kerajinan logam tembaga tersebut. Harga kerajinan logam amat bervariasi akan tetapi AA Gallery ingin berupaya menawarkan harga yang pas. Harga kerajinan logam dipengaruhi oleh banyak variabel. Dibawah ini ini yaitu lebih dari satu variabel yang mempengaruhi harga kerajinan tembaga : mutu bahan kerajinan, size kerajinan tembaga ( semakin besar size kerajinan tembaga tentu saja harganya semakin tinggi dikarenakan bahan baku yang dimanfaatkan semakin banyak, demikian jg sebaliknya semakin kecil tentu saja harganya juga murah dikarenakan bahan yang dimanfaatkan juga sedikit), tingkat kerumitan pembuatan ( semakin rumit maka semakin tinggi harganya, demikian jg sebaliknya semakin tak sulit, harga juga menjadi murah), kuantitas ( semakin banyak orderan tentu saja juga murah), jika orderan dari wilayah lainnya tentu saja akan ditambah biaya kirim.

Problem para perajin kerajinan logam tembaga tdk sedikit. Stabilitas ekonomi yang tdk stabil dapat memengaruhi jumlah orderan. Harga bahan baku juga memengaruhi harga kerajinan logam tembaga. Disaat harga lempengan kuningan mahal maka harga kerajinan logam tembaga juga mahal. Problem lain-lain, perajin Cepogo-Boyolali masih tergantung pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga ingin berdampak pada harga kerajinan tembaga. Namun selama customer dapat meraih harga yang sudah diputuskan pengrajin tembaga maka perajin tembaga dapat eksis walaupun demikian minim untung. Oleh dikarenakan tersebut, pebisnis kerajinan tembaga selalu ingin stabilitas ekonomi selalu stabil sehingga tdk mengganggu usaha usaha kerajinan logam tembaga.

Sebagai pebisnis kerajinan logam tembaga wajib inovatif serta wajib memantau keinginan pasar. Masa ini AA Gallery tdk sekedar meraih orderan kerajinan logam tembaga yang dibutuhkan buat keperluan eksterior kantor tapi sudah merambah pada produksi kubah masjid. Sehubungan kubah masjid biasanya berukuran besar maka nilai proyek kubah masjid juga terbilang besar. Tentang hiasan kubah dapat menyesuaikan keinginan customer.

Pd bln Ferbuari 2018 yang lampau, Islamic Center Padang Panjang sudah diresmikan. Salah satu hal yang keren yaitu AA Gallery meraih kepercayaan buat memproduksi serta memasang kubah masjid tembaga pd Masjid di Padang Panjang tersebut. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery selesaikan tdk sekedar satu saja akan tetapi begitu banyak.

Islamic Center tersebut sudah dibuka oleh ketua MPR Indonesia masa itu. Semenjak dibukanya Islamic Center tersebut maka selanjutnya menjadi sentra kegiatan serta ibadah bagi umat Islam di Padang Panjang. Masjid tersebut menjadi kebanggaan bagi warga Sumatera Barat.

Setelah memiliki pengalaman sejak tahun 1990-an, masa ini AA Gallery bertambah percaya diri untuk meraih orderan kerajinan tembaga dari tebing tinggi. Bermodal pengalaman berpuluh tahun tahun menghasilkan kerajinan logam, AA Gallery semakin tahu cara untuk memproduksi kerajinan logam yang memiliki kualitas serta sesuai yang diinginkan oleh semua customer. Mengenai harga, AA Gallery berprinsip walaupun laba sedikit yang penting customer terpuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar