Jumat, 03 Januari 2020

Industri Seni Logam Kuningan Melayani Pelanggan Kota Bengkulu

Industri Seni Logam Kuningan Melayani Pelanggan Kota Bengkulu . Desa Tumang, Cepogo-Jawa Tengah terletak di antara kaki gunung Merapi dan Merbabu yg termahsyur . Desa Tumang tsb dikenal sebagai pusat ahli seni ukir kuningan. Seni ukir kerajinan berbahan logam tembaga telah menyatu pd orang Tumang, Cepogo-Jawa Tengah. Banyak saudara Tumang memilih bisnis rumahan kerajinan kuningan untuk ditawarkan ke banyak konsumen. Ketrampilan menempa kuningan dimiliki secara turun-temurun dari nenek-kakeknya. Banyak yg menyampaikan bahwa orang Tumang memulai bisnis kerajinannya dgn cuma membuat alat keperluan rumah tangga contohnya dandang, wajan, teko, serta sebagainya namun masa ini telah berubah haluan ke kerajinan logam tembaga untuk keperluan interior restoran, kantor, serta lain-lain.





Seni ukir tembaga serta kuningan di perkampungan Tumang, Cepogo-Jawa Tengah, sekarang ini, mulai menarik dgn meningkatnya jumlah permintaan, baik permintaan lokal dan juga luar negeri. Kerja kerajinan ukir kuningan selalu tumbuh tak terelakan. Banyak permintaan berdatangan dari banyak wilayah di Negara Tercinta serta manca negara. Orderan kerajinan logam bertambah begitu signifikan ini karena oleh banyak parameter, contohnya ialah hadirnya teknologi dunia maya. Dg hadirnya teknologi website maka akan memudahkan para produsen kerajinan kuningan untuk mengenalkan kerajinan kuningannya ke seluruh wilayah serta banyak negara. Teknologi website sangat memudahkan para produsen kerajinan kuningan. Salah satu produsen kerajinan kuningan yg terbantu ialah AA Gallery. Masa Ini AA Gallery dpt mengenalkan produk kerajinan kuningan ke sungaipenuh. Tak cuma itu saja, AA Gallery juga mengenalkan produk kerajinan tembaga ke parepare.


Contoh Seni Logam Tembaga ialah robyong, kerajinan relief, bowl, lampu dinding, lampu meja, kubah masjid, air mancur, serta lainnya. Customer juga dpt mengorder kerajinan sesuai dgn keinginannya. Mereka dpt punya desain pribadi kemudian AA Gallery yg memproduksinya.


Mgkn tidak sedikit yg menanyakan harga kerajinan tembaga itu. Harga kerajinan sangat bervariasi namun AA Gallery akan berusaha menawarkan harga yg pas. Harga kerajinan dipengaruhi oleh banyak parameter. Banyak hal sbb ini ialah lebih dari satu parameter yg memengaruhi harga kerajinan tembaga : mutu bahan baku kerajinan, besarnya kerajinan tembaga ( semakin besar besarnya kerajinan tembaga tentunya harganya semakin tinggi karena bahan baku yg dimanfaatkan bertambah banyak, demikian sebaliknya semakin kecil tentunya harganya jg murah karena bahan yg dimanfaatkan jg sedikit), level kesulitan pembuatan ( semakin sulit maka semakin tinggi harganya, demikian sebaliknya semakin gampang, harga juga menjadi murah), kuantitas ( semakin banyak permintaan tentunya juga murah), jika permintaan dari wilayah lain tentunya secara otomatis dikenai ongkir.

Permasalahan para pengusaha kerajinan tembaga tak sedikit. Kondisi ekonomi yg tak stabil dpt mempengaruhi banyaknya permintaan. Harga bahan baku juga mempengaruhi harga kerajinan tembaga. Ketika harga lempengan kuningan mahal maka harga kerajinan tembaga akan mahal. Permasalahan lain-lain, pengusaha Jawa Tengah masih tergantung pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga akan berdampak pada harga kerajinan tembaga. Tetapi selama customer dpt menerima harga yg telah diambil pengrajin tembaga maka pengusaha tembaga dpt eksis walau demikian minim untung. Oleh karena itu, perajin kerajinan tembaga tetap ingin stabilitas ekonomi tetap stabil jadi tak mengganggu bisnis bisnis kerajinan tembaga.

Sebagai perajin kerajinan tembaga diharuskan inovatif serta diharuskan menyesuaikan permintaan konsumen. Sekarang AA Gallery tak cuma menerima permintaan kerajinan tembaga yg dibutuhkan untuk keperluan asesoris hotel tetapi telah bertambah pd pembuatan kubah masjid. Berhubung kubah masjid umumnya berukuran besar maka nilai projek kubah masjid juga bernilai besar. Berhubungan dengan desain kubah dpt mengikuti kemauan customer.

Pada Ferbuari 2018 yg lalu, Islamic Center Padang Panjang telah diresmikan. Salah satu hal yg keren ialah AA Gallery menerima kepercayaan untuk membuat serta memasang kubah masjid tembaga untuk Masjid di Padang Panjang itu. Kubah masjid tembaga yg AA Gallery produksi tak cuma satu saja tapi cukup banyak.

Islamic Center Padang Panjang itu telah dibuka oleh ketua MPR Indonesia masa itu. Semenjak dibukanya Islamic Center Padang Panjang itu maka setelah itu mjd pusat aktivitas serta ibadah umat Islam di Sumatera Barat. Masjid itu mjd kebanggaan bagi masyarakat Sumatera Barat.

Setelah berpengalaman semenjak th 1990-an, masa ini AA Gallery bertambah percaya diri untuk menerima permintaan kerajinan kuningan dari parepare. Bermodalkan pengalaman puluhan th berkarya seni tembaga, AA Gallery semakin tahu cara untuk membuat seni tembaga yg bermutu serta cocok yg diinginkan oleh seluruh customer. Berhubungan dengan harga, AA Gallery berprinsip tidak mengapa laba sedikit yg urgen customer puas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar