Jumat, 03 Januari 2020

Produsen Kerajinan Kuningan Melayani Konsumen Kabupaten Buleleng

Produsen Kerajinan Kuningan Melayani Konsumen Kabupaten Buleleng . Desa Tumang, Boyolali-Jawa Tengah posisinya di antara lereng pegunungan Merapi & Merbabu yg terkenal itu. Desa tersebut disebut sbg sentra ahli seni ukir tembaga. Estetika ukir kerajinan berbahan logam tembaga telah mendarah daging pada orang Tumang, Boyolali-Jawa Tengah. Lebih dari satu saudara Cepogo-Jawa Tengah mendirikan bisnis rumahan kerajinan tembaga untuk dijual ke banyak konsumen. Ketrampilan mengolah tembaga didapatkan secara turun-temurun dari kakek-neneknya. Tidak sedikit yg menceritakan bahwa orang Tumang memulai bisnis kerajinannya dengan sekadar memproduksi alat kebutuhan rumah tangga diantaranya alat menanak nasi, panci, ceret, & lainnya tapi sekarang ini telah bertolak ke kerajinan logam tembaga untuk keperluan ornamen masjid, gedung, & lain-lain.





Kerajinan ukir tembaga & kuningan di kampung Tumang, Boyolali-Jawa Tengah, baru-baru ini, mulai menggeliat dengan naiknya pesanan, baik pesanan lokal ataupun internasional. Bisnis kerajinan ukir tembaga selalu berkembang tak terelakan. Banyak pesanan berdatangan dari banyak daerah di NKRI & luar negeri. Pesanan kerajinan kuningan mengalami penambahan begitu signifikan ini disebabkan oleh banyak faktor, contohnya yakni munculnya teknologi cyber. Dengan munculnya teknologi website maka akan menolong para perajin kerajinan tembaga untuk mengenalkan kerajinan tembaganya ke seluruh daerah & manca negara. Teknologi website amat menolong para perajin kerajinan tembaga. Salah satu perajin kerajinan tembaga yg terbantu yakni AA Gallery. Sekarang ini AA Gallery dpt mengenalkan produk kerajinan kuningan ke tangerang selatan. Tidak sekadar itu saja, AA Gallery juga mengenalkan produk kerajinan tembaga ke balikpapan.


Contoh Kerajinan Kuningan yakni lampu gantung, kerajinan relief, lampu stand, lampu dinding, lampu meja, logo, ornamen masjid, bak mandi, & lain-lain. Pelanggan juga dpt memesan kerajinan tembaga sesuai dengan seleranya. Mereka dapat punya rancangan pribadi AA Gallery yg memproduksinya.


Mgkn sahaja tidak sedikit yg bertanya-tanya harga kerajinan tembaga itu. Harga kerajinan tembaga amat beragam tapi AA Gallery akan berupaya memberikan harga yg sesuai. Harga kerajinan tembaga disebabkan oleh banyak faktor. Dibawah ini ini yakni lebih dari satu faktor yg menyebabkan harga kerajinan tembaga : mutu bahan kerajinan, besaran kerajinan tembaga ( bertambah besar besaran kerajinan tembaga sudah sewajarnya harganya bertambah mahal disebabkan bahan yg dipakai bertambah banyak, demikian sebaliknya bertambah kecil sudah sewajarnya harganya jg murah disebabkan bahan yg dipakai jg sedikit), level kesulitan produksi ( bertambah sulit maka bertambah mahal harganya, demikian sebaliknya bertambah tak sulit, harganya juga semakin murah), jumlah pembelian ( bertambah banyak pesanan sudah sewajarnya juga murah), jika pesanan dari daerah lainnya sudah sewajarnya secara otomatis dikenai ongkir.

Permasalahan para pengusaha kerajinan tembaga tak sedikit. Kondisi ekonomi yg tak stabil dpt mempengaruhi jumlah pesanan. Harga bahan juga mempengaruhi harga kerajinan tembaga. Kalau harga lempengan tembaga mahal maka harga kerajinan tembaga jg mahal. Problem lain-lain, pengusaha Cepogo-Jawa Tengah masih pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga akan berdampak pada harga kerajinan tembaga. Tetapi selama customer dpt mendapatkan harga yg telah ditentukan pengrajin tembaga maka pengusaha tembaga dpt eksis walau demikian minim untung. Oleh disebabkan itu, ahli kerajinan tembaga kontinyu bermimpi stabilitas ekonomi kontinyu stabil sehingga tak mengganggu bisnis bisnis kerajinan tembaga.

Sebagai ahli kerajinan tembaga diharuskan kreatif & diharuskan memantau permintaan konsumen. Sekarang AA Gallery tak sekadar mendapatkan pesanan kerajinan tembaga yg dibutuhkan untuk keperluan asesoris kantor tetapi telah merambah pada produksi kubah masjid. Berhubung kubah masjid biasanya ukurannya besar maka harga kubah masjid juga dapat dikatakan besar. Berhubungan dengan desain kubah dpt mengikuti kemauan customer.

Pada bln Ferbuari 2018 yg lampau, Islamic Center Padang Panjang telah diresmikan. Salah satu hal yg keren yakni AA Gallery mendapatkan kepercayaan untuk memproduksi & memasang kubah masjid tembaga untuk Masjid di Islamic Center itu. Kubah masjid tembaga yg AA Gallery selesaikan tak sekadar satu saja tetapi cukup banyak.

Islamic Center itu telah dibuka secara resmi oleh ketua MPR Indonesia pada waktu itu. Sejak dibukanya Islamic Center itu maka setelah itu mjd sentra aktivitas & ibadah umat Islam di Sumatera Barat. Masjid itu mjd kebanggaan bagi warga Padang Panjang.

Setelah memiliki pengalaman semenjak thn 1990-an, sekarang ini AA Gallery meningkat percaya diri untuk mendapatkan pesanan kerajinan tembaga dari lubuklinggau. Dengan bekal pengalaman puluhan thn memproduksi seni kuningan, AA Gallery bertambah tahu cara guna memproduksi seni kuningan yg berkualiti & cocok yg diinginkan oleh semua customer. Mengenai harga, AA Gallery berprinsip tidak mengapa untung sedikit yg penting customer terpuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar