Jumat, 03 Januari 2020

Pengrajin Seni Logam Kuningan Melayani Pelanggan Kabupaten Polewali Mandar

Pengrajin Seni Logam Kuningan Melayani Pelanggan Kabupaten Polewali Mandar . Desa Tumang, Cepogo-Jawa Tengah lokasinya diapit kaki pegunungan Merapi and Merbabu yang termahsyur . Desa Tumang tsb diketahui sebagai sentra pengrajin kerajinan tembaga. Estetika ukir kerajinan berbahan kuningan sudah menyatu pada publik Tumang, Cepogo-Jawa Tengah. Beberapa saudara Boyolali mendirikan bisnis rumahan kerajinan logam untuk dijual ke berbagai konsumen. Keahlian mengolah logam dimiliki secara turun-temurun dari orang tuanya. Tidak sedikit yang menceritakan bahwa publik Tumang memulai bisnis kerajinannya dg sekadar membuat alat kebutuhan rumah tangga seperti dandang, panci, teko, & sebagainya tetapi sekarang sudah berganti ke kerajinan kuningan untuk keperluan interior restoran, rumah, & lain.





Seni ukir tembaga & kuningan di perkampungan Tumang, Cepogo-Jawa Tengah, kini, mulai memberi harapan dg meningkatnya jumlah orderan, baik orderan daerah ataupun internasional. Kerja kerajinan ukir tembaga selalu berkembang cepat. Banyak orderan berdatangan dari berbagai wilayah di Republik Indonesia & luar negeri. Permintaan kerajinan logam kuningan meningkat cukup signifikan ini sebab oleh banyak variabel, contohnya ialah munculnya teknologi website. Dengan munculnya teknologi website maka akan menolong para pengrajin kerajinan logam untuk menawarkan produknya ke seluruh wilayah & banyak negara. Teknologi website amat menolong para pengrajin kerajinan logam. Salah satu pengrajin kerajinan logam yang tertolong ialah AA Gallery. Sekarang AA Gallery bisa menawarkan produk kerajinan tembaga ke padang sidempuan. Tidak sekadar itu saja, AA Gallery juga menawarkan produk kerajinan tembaga ke sukabumi.


Contoh Seni Tembaga ialah robyong, kerajinan relief, lampu stand, lampu dinding, logo, kubah masjid, bak mandi, & lainnya. Pembeli juga bisa mengorder kerajinan logam sesuai dg seleranya. Mereka dapat mempunyai design pribadi lalu AA Gallery yang membuatnya.


Mgkn banyak yang ingin tahu harga kerajinan tembaga itu. Harga kerajinan logam amat bermacam-macam tetapi AA Gallery akan berusaha memberikan harga yang sesuai. Harga kerajinan logam disebabkan oleh banyak variabel. Berikut ini ialah beberapa variabel yang memengaruhi harga kerajinan tembaga : kualiti bahan kerajinan, size kerajinan tembaga ( bertambah besar size kerajinan tembaga sudah sewajarnya harganya bertambah tinggi sebab bahan baku yang digunakan jg banyak, demikian juga sebaliknya bertambah mungil sudah sewajarnya harganya jg murah sebab bahan yang digunakan jg sedikit), level kesulitan produksi ( bertambah sulit maka bertambah tinggi harganya, demikian juga sebaliknya bertambah gampang, harga juga menjadi murah), kuantitas ( bertambah banyak orderan sudah sewajarnya semakin murah), untuk orderan dari wilayah lain sudah sewajarnya mau-tidak mau dikenai ongkir.

Kendala para industri kerajinan tembaga tak sedikit. Kondisi ekonomi yang tak stabil bisa mempengaruhi banyaknya orderan. Harga bahan baku juga mempengaruhi harga kerajinan tembaga. Kalau harga lempengan logam mahal maka harga kerajinan tembaga akan mahal. Permasalahan lain, industri Cepogo masih tergantung pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga akan berdampak pada harga kerajinan tembaga. Namun selama konsumen bisa mendapat harga yang sudah diputuskan pengrajin tembaga maka industri tembaga bisa eksis walaupun demikian minim untung. Oleh sebab itu, produsen kerajinan tembaga tetap berdoa stabilitas ekonomi tetap stabil shngg tak mengganggu bisnis bisnis kerajinan tembaga.

Sebagai produsen kerajinan tembaga diwajibkan inovatif & diwajibkan memantau keinginan prospek. Sekarang ini AA Gallery tak sekadar mendapat orderan kerajinan tembaga yang dibutuhkan untuk keperluan hiasan hotel tapi sudah merambah pada pengerjaan kubah masjid. Berhubung kubah masjid umumnya berukuran besar maka nilai projek kubah masjid juga dapat dikatakan besar. Berhubungan dengan hiasan kubah bisa mengikuti keinginan konsumen.

Pada bln Ferbuari 2018 yang lampau, Islamic Center Padang Panjang sudah diresmikan. Salah satu hal yang membanggakan ialah AA Gallery mendapat kepercayaan untuk membuat & memasang kubah masjid tembaga untuk Masjid di Islamic Center itu. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery produksi tak sekadar satu sahaja tapi begitu banyak.

Islamic Center itu sudah dibuka secara resmi oleh Bp. Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia pada waktu itu. Sejak diresmikannya Islamic Center itu maka kemudian mjd sentra aktivitas & ibadah bagi umat Islam di Padang Panjang. Masjid itu mjd kebanggaan bagi masyarakat Indonesia.

Setelah memiliki pengalaman semenjak thn 1990-an, sekarang AA Gallery semakin percaya diri untuk mendapat orderan kerajinan kuningan dari serang. Dengan modal pengalaman berpuluh tahun thn menghasilkan seni logam, AA Gallery bertambah paham metode guna membuat seni logam yang memiliki kualitas & sesuai yang diharapkan oleh semua konsumen. Berhubungan dengan harga, AA Gallery berprinsip walaupun laba sedikit yang urgen konsumen puas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar