Jumat, 03 Januari 2020

Industri Kerajinan Kuningan Melayani Konsumen Kabupaten Magelang

Industri Kerajinan Kuningan Melayani Konsumen Kabupaten Magelang . Perkampungan Tumang, Boyolali-Jateng berlokasi di antara kaki pegunungan Merapi and Merbabu yang banyak dikenal . Perkampungan tersebut dikenal sbg sentra ahli seni ukir tembaga. Estetika ukir kerajinan berbahan logam kuningan sudah mendarah daging pd khalayak Tumang, Boyolali-Jateng. Beberapa keluarga Tumang memilih bisnis rumahan kerajinan logam untuk ditawarkan ke banyak pasar. Keahlian mengolah logam didapatkan secara turun-temurun dari sesepuhnya. Banyak yang menceritakan bahwa khalayak Tumang mengawali bisnis kerajinannya dgn sekadar memproduksi alat kebutuhan rumah tangga seperti alat menanak nasi, panci, teko, dan sebagainya tetapi kini sudah beralih ke kerajinan logam kuningan untuk kebutuhan eksterior cafe, gedung, dan lainnya.





Seni ukir tembaga dan kuningan di kampung Tumang, Boyolali-Jateng, sekarang, mulai menggeliat dgn meningkatnya permintaan, baik permintaan nasional atau luar negeri. Bisnis kerajinan ukir tembaga semakin berkembang tak terkendali. Banyak permintaan datang dari banyak wilayah di Negara Tercinta dan manca negara. Permintaan kerajinan logam kuningan semakin sangat signifikan ini disebabkan oleh banyak parameter, contohnya yaitu munculnya teknologi website. Dgn munculnya teknologi internet maka mau menolong para perajin kerajinan logam untuk menawarkan produknya ke semua wilayah dan manca negara. Teknologi internet begitu menolong para perajin kerajinan logam. Salah satu perajin kerajinan logam yang terbantu yaitu AA Gallery. Sekarang AA Gallery dapat menawarkan produk kerajinan kuningan ke balikpapan. Tdk sekadar itu saja, AA Gallery jg menawarkan produk kerajinan tembaga ke pasuruan.


Contoh Seni Kuningan yaitu kerajinan kaligrafi, robyong, kerajinan relief, bowl, lampu dinding, lampu meja, logo, ornamen masjid, bak mandi, dan lainnya. Customer jg dapat mengorder kerajinan logam kuningan sesuai dgn keinginannya. Mereka dapat memiliki rancangan pribadi lalu AA Gallery yang memproduksinya.


Mgkn sahaja banyak yang menanyakan harga kerajinan logam kuningan itu. Harga kerajinan logam kuningan begitu beraneka ragam tetapi AA Gallery mau berupaya memberikan harga yang sesuai. Harga kerajinan logam kuningan disebabkan oleh banyak parameter. Contohnya berikut ini ini yaitu banyak parameter yang memengaruhi harga kerajinan tembaga : kualiti bahan baku kerajinan, ukuran kerajinan tembaga ( bertambah besar ukuran kerajinan tembaga semestinya harganya bertambah tinggi disebabkan bahan yang dipakai jg banyak, demikian juga sebaliknya bertambah mungil semestinya harganya juga murah disebabkan bahan yang dipakai juga sedikit), level kesulitan produksi ( bertambah sulit maka bertambah tinggi harganya, demikian juga sebaliknya bertambah tidak sulit, harganya jg juga murah), kuantitas ( bertambah banyak permintaan semestinya semakin murah), jika permintaan dari wilayah lain semestinya auto dikenai ongkir.

Permasalahan para ahli kerajinan logam kuningan tak sedikit. Stabilitas ekonomi yang tak stabil dapat mempengaruhi banyaknya permintaan. Harga bahan jg mempengaruhi harga kerajinan logam kuningan. Kalau harga lempengan logam mahal maka harga kerajinan logam kuningan akan mahal. Problem lainnya, ahli Cepogo masih tergantung pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga mau berdampak pada harga kerajinan tembaga. Tetapi selama konsumen dapat mendapatkan harga yang sudah diambil pengrajin tembaga maka ahli tembaga dapat eksis walau minim untung. Oleh disebabkan itu, pengusaha kerajinan tembaga tetap berharap stabilitas ekonomi tetap stabil shngg tak mengganggu bisnis bisnis kerajinan logam kuningan.

Sebagai pengusaha kerajinan logam kuningan diwajibkan inovatif dan diwajibkan memantau selera prospek. Sekarang ini AA Gallery tak sekadar mendapatkan permintaan kerajinan logam kuningan yang dibutuhkan untuk kebutuhan interior hotel tetapi sudah merambah pd projek kubah masjid. Sehubungan kubah masjid pada umumnya ukurannya besar maka nilai projek kubah masjid jg terbilang besar. Berkaitan dengan design kubah dapat menyesuaikan keinginan konsumen.

Pada bulan Ferbuari 2018 yang lalu, Islamic Center Padang Panjang sudah dibuka. Salah satu hal yang menarik yaitu AA Gallery mendapatkan kepercayaan untuk memproduksi dan memasang kubah masjid tembaga pada Masjid di Padang Panjang itu. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery produksi tak sekadar satu saja tetapi begitu banyak.

Islamic Center Padang Panjang itu sudah diresmikan oleh Bp. Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia masa itu. Semenjak dibukanya Islamic Center Padang Panjang itu maka kemudian menjadi sentra aktivitas dan ibadah umat Islam di Sumatera Barat. Masjid itu menjadi kebanggaan bagi warga Indonesia.

Setelah berpengalaman sejak th 1990-an, kini AA Gallery bertambah percaya diri untuk mendapatkan permintaan kerajinan kuningan dari sungaipenuh. Dengan bekal pengalaman berpuluh tahun th memproduksi kerajinan kuningan, AA Gallery bertambah mengerti teknik guna memproduksi kerajinan kuningan yang berkualiti dan cocok yang diinginkan oleh seluruh konsumen. Berkaitan dengan harga, AA Gallery berprinsip tidak mengapa laba sedikit yang urgen konsumen puas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar