Jumat, 03 Januari 2020

Ahli Seni Kuningan Melayani Konsumen Kabupaten Bandung Barat

Ahli Seni Kuningan Melayani Konsumen Kabupaten Bandung Barat . Perkampungan Tumang, Cepogo posisinya diapit kaki gunung Merapi & Merbabu yg terkenal itu. Perkampungan tersebut dikenal sbg sentra pengusaha kerajinan tembaga. Seni tempa kerajinan berbahan logam kuningan telah mendarah daging pada publik Tumang, Cepogo. Banyak saudara Boyolali membangun bisnis rumahan kerajinan tembaga untuk dijual ke bermacam pasar. Skill menempa tembaga dipunyai secara turun-temurun dari nenek-kakeknya. Tidak sedikit yg bercerita bahwa publik Tumang mengawali bisnis kerajinannya dengan sekadar menghasilkan alat keperluan rumah tangga seperti dandang, panci, teko, juga sebagainya walau demikian kini telah bertolak ke kerajinan logam kuningan untuk kebutuhan asesoris restoran, gedung, juga lain-lain.





Seni ukir tembaga juga kuningan di perkampungan Tumang, Cepogo, akhir-akhir ini, mulai memberi harapan dengan meningkatnya permintaan, baik permintaan daerah dan juga luar negeri. Kerja kerajinan ukir tembaga semakin tumbuh tak terkendali. Banyak permintaan berdatangan dari bermacam wilayah di Negara Kita juga luar negeri. Pesanan kerajinan logam tembaga mengalami kenaikan begitu signifikan ini karena oleh banyak variabel, contohnya adalah hadirnya teknologi cyber. Dg hadirnya teknologi website maka akan membantu para produsen kerajinan tembaga untuk mempromosikan produknya ke semua wilayah juga manca negara. Teknologi website sangat membantu para produsen kerajinan tembaga. Salah satu produsen kerajinan tembaga yg terbantu adalah AA Gallery. Kini AA Gallery dapat mempromosikan produk kerajinan kuningan ke semarang. Tdk sekadar itu saja, AA Gallery jg mempromosikan produk kerajinan tembaga ke tual.


Contoh Seni Logam Kuningan adalah lampu gantung, relief, bowl, lampu dinding, kubah masjid, bak mandi, juga lainnya. Pembeli jg dapat memesan kerajinan logam kuningan sesuai dengan seleranya. Mereka bisa punya design pribadi selanjutnya AA Gallery yg meujudkannya.


Mungkin tidak sedikit yg bertanya-tanya harga kerajinan logam itu. Harga kerajinan logam kuningan sangat beraneka ragam walau demikian AA Gallery akan berupaya menawarkan harga yg kompetitif. Harga kerajinan logam kuningan dipengaruhi oleh banyak variabel. Diantaranya sbb ini adalah lebih dari satu variabel yg menyebabkan harga kerajinan tembaga : mutu bahan baku kerajinan, size kerajinan tembaga ( semakin besar size kerajinan tembaga sudah sewajarnya harganya semakin tinggi karena bahan baku yg digunakan juga banyak, demikian juga sebaliknya semakin mungil sudah sewajarnya harganya jg murah karena bahan yg digunakan jg sedikit), tingkat kerumitan produksi ( semakin rumit maka semakin tinggi harganya, demikian juga sebaliknya semakin gampang, harganya jg semakin murah), kuantitas ( semakin banyak permintaan sudah sewajarnya semakin murah), jika permintaan dari wilayah lainnya di luar Tumang sudah sewajarnya otomatis dikenai ongkir.

Kendala para industri kerajinan logam nggak sedikit. Kondisi ekonomi yg nggak stabil dapat mempengaruhi jumlah permintaan. Harga bahan baku jg mempengaruhi harga kerajinan logam. Jikalau harga lempengan tembaga naik maka harga kerajinan logam akan naik. Problem lain-lain, industri Boyolali-Jateng masih tergantung pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga akan berdampak pada harga kerajinan tembaga. Walau Demikian selama konsumen dapat mendapatkan harga yg telah ditentukan pengrajin tembaga maka industri tembaga dapat eksis meski minim untung. Oleh karena itu, produsen kerajinan tembaga selalu bermimpi kondisi ekonomi selalu stabil jadi nggak mengganggu bisnis bisnis kerajinan logam.

Sebagai produsen kerajinan logam diharuskan kreatif juga diharuskan menyesuaikan keinginan pasar. Sekarang AA Gallery nggak sekadar mendapatkan permintaan kerajinan logam yg dibutuhkan untuk kebutuhan asesoris rumah tapi telah bertambah pada projek kubah masjid. Sehubungan kubah masjid biasanya berukuran besar maka nilai projek kubah masjid jg terbilang besar. Mengenai design kubah dapat menyesuaikan keinginan konsumen.

Pd bulan Ferbuari 2018 yg lalu, Islamic Center Padang Panjang telah diresmikan. Salah satu hal yg membanggakan adalah AA Gallery mendapatkan kepercayaan untuk menghasilkan juga memasang kubah masjid tembaga untuk Masjid di Islamic Center itu. Kubah masjid tembaga yg AA Gallery selesaikan nggak sekadar satu sahaja tapi banyak.

Islamic Center Padang Panjang itu telah dibuka secara resmi oleh Bp. Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia masa itu. Semenjak dibukanya Islamic Center Padang Panjang itu maka setelah itu menjadi sentra kegiatan juga ibadah umat Islam di Sumatera Barat. Masjid itu menjadi kebanggaan bagi khalayak Sumatera Barat.

Sesudah berpengalaman sejak th 1990-an, kini AA Gallery bertambah percaya diri untuk mendapatkan permintaan kerajinan kuningan dari pekanbaru. Bermodal pengalaman puluhan th membuat kerajinan logam, AA Gallery semakin mengerti teknik untuk menghasilkan kerajinan logam yg berkualiti juga cocok yg diharapkan oleh seluruh konsumen. Berhubungan dengan harga, AA Gallery berprinsip walaupun laba sedikit yg penting konsumen puas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar