Jumat, 03 Januari 2020

Ahli Seni Ukir Logam Kuningan Melayani Prospek Kabupaten Pringsewu

Ahli Seni Ukir Logam Kuningan Melayani Prospek Kabupaten Pringsewu . Kampung Tumang, Boyolali-Jawa Tengah berlokasi di antara lereng pegunungan Merapi & Merbabu yg banyak dikenal itu. Kampung Tumang tersebut disebut sbg sentra perajin seni kuningan. Keindahan tempa kerajinan berbahan kuningan telah mendarah daging pd publik Tumang, Boyolali-Jawa Tengah. Beberapa keluarga Cepogo-Boyolali mendirikan bisnis di rumah kerajinan kuningan buat ditawarkan ke banyak konsumen. Keahlian menempa kuningan didapatkan secara turun-temurun dari sesepuhnya. Tidak sedikit yg bercerita bahwa publik Tumang memulai bisnis kerajinannya dg hanya memproduksi alat kebutuhan rumah tangga misalnya dandang, wajan, ceret, dan lainnya akan tetapi masa ini telah beralih ke kerajinan kuningan buat keperluan asesoris masjid, gedung, dan lainnya.





Kerajinan ukir tembaga dan kuningan di desa Tumang, Boyolali-Jawa Tengah, baru-baru ini, mulai menggeliat dg meningkatnya pesanan, baik pesanan nasional maupun manca negara. Usaha kerajinan ukir kuningan selalu berkembang cepat. Banyak pesanan datang dari banyak daerah di Indonesia dan luar negeri. Permintaan kerajinan logam tembaga meningkat signifikan ini disebabkan oleh banyak parameter, contohnya yaitu adanya teknologi dunia maya. Dg adanya teknologi website maka ingin membantu para produsen kerajinan kuningan buat mengiklankan kerajinan tembaganya ke semua daerah dan manca negara. Teknologi website cukup membantu para produsen kerajinan kuningan. Salah satu produsen kerajinan kuningan yg terbantu yaitu AA Gallery. Masa Ini AA Gallery bisa mengiklankan produk kerajinan tembaga ke metro. Nggak hanya itu saja, AA Gallery jg mengiklankan produk kerajinan tembaga ke surabaya.


Contoh Kerajinan Kuningan yaitu robyong, kerajinan relief, lampu stand, lampu dinding, logo, kubah masjid, bak mandi, dan lainnya. Konsumen jg bisa memesan kerajinan sesuai dg kemauannya. Mereka dapat mempunyai design pribadi setelah itu AA Gallery yg meujudkannya.


Mgkn sahaja banyak yg ingin tahu harga kerajinan logam kuningan itu. Harga kerajinan cukup bermacam-macam akan tetapi AA Gallery ingin berupaya memberikan harga yg menarik. Harga kerajinan disebabkan oleh banyak parameter. Berikut ini ini yaitu beberapa parameter yg memengaruhi harga kerajinan tembaga : mutu bahan kerajinan, size kerajinan tembaga ( bertambah besar size kerajinan tembaga semestinya harganya bertambah tinggi disebabkan bahan yg dimanfaatkan bertambah banyak, demikian jg sebaliknya bertambah kecil semestinya harganya juga murah disebabkan bahan yg dimanfaatkan juga sedikit), tingkat kesulitan pembuatan ( bertambah rumit maka bertambah tinggi harganya, demikian jg sebaliknya bertambah mudah, harga jg menjadi murah), kuantitas ( bertambah banyak pesanan semestinya juga murah), untuk pesanan dari daerah lain di luar Tumang semestinya akan dikenai biaya kirim.

Kendala para pengrajin kerajinan logam kuningan tak sedikit. Kondisi ekonomi yg tak stabil bisa memengaruhi banyaknya pesanan. Harga bahan jg memengaruhi harga kerajinan logam kuningan. Kalau harga lempengan kuningan naik maka harga kerajinan logam kuningan juga naik. Permasalahan lainnya, pengrajin Boyolali-Jateng masih pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga ingin berdampak pada harga kerajinan tembaga. Walau Demikian selama konsumen bisa memperoleh harga yg telah ditetapkan pengrajin tembaga maka pengrajin tembaga bisa eksis walaupun demikian minim untung. Oleh disebabkan itu, ahli kerajinan tembaga terus-menerus ingin kondisi ekonomi terus-menerus stabil sehingga tak mengganggu bisnis bisnis kerajinan logam kuningan.

Sebagai ahli kerajinan logam kuningan diharuskan kreatif dan diharuskan menyesuaikan keinginan prospek. Masa ini AA Gallery tak hanya memperoleh pesanan kerajinan logam kuningan yg dibutuhkan buat keperluan interior hotel tapi telah bertambah pd pengerjaan kubah masjid. Sehubungan kubah masjid umumnya ukurannya besar maka nilai projek kubah masjid jg terbilang besar. Tentang desain kubah bisa menyesuaikan kemauan konsumen.

Pada bulan Ferbuari 2018 yg lampau, Islamic Center Padang Panjang telah diresmikan. Salah satu hal yg menyenangkan yaitu AA Gallery memperoleh kepercayaan buat memproduksi dan memasang kubah masjid tembaga pd Masjid di Padang Panjang itu. Kubah masjid tembaga yg AA Gallery produksi tak hanya satu sahaja tapi sangat banyak.

Islamic Center itu telah diresmikan oleh ketua MPR Indonesia masa itu. Sejak diresmikannya Islamic Center itu maka selanjutnya mjd sentra kegiatan dan ibadah buat umat Islam di Padang Panjang. Masjid itu mjd kebanggaan bagi masyarakat Sumatera Barat.

Setelah memiliki pengalaman semenjak th 1990-an, masa ini AA Gallery bertambah percaya diri untuk memperoleh pesanan kerajinan kuningan dari semarang. Dengan modal pengalaman puluhan th berkarya kerajinan logam, AA Gallery bertambah paham cara untuk memproduksi kerajinan logam yg berkualiti dan sesuai yg diharapkan oleh semua konsumen. Mengenai harga, AA Gallery berprinsip tidak mengapa untung sedikit yg urgen konsumen puas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar