Jumat, 03 Januari 2020

Ahli Kerajinan Logam Melayani Konsumen Kota Parepare

Ahli Kerajinan Logam Melayani Konsumen Kota Parepare . Kampung Tumang, Cepogo-Jawa Tengah berada diapit lereng gunung Merapi dan Merbabu yg banyak dikenal . Kampung tersebut diketahui sbg sentra bisnis seni kuningan. Seni ukir kerajinan berbahan tembaga telah mendarah daging pada khalayak Tumang, Cepogo-Jawa Tengah. Beberapa saudara Boyolali-Jateng membangun kerja di rumah kerajinan kuningan untuk dijual ke berbagai pasar. Skill menempa kuningan didapati secara turun-temurun dari orang tuanya. Banyak yg bercerita bahwa khalayak Tumang memulai kerja kerajinannya dg sekedar membuat alat keperluan rumah tangga misalnya alat menanak nasi, panci, baskom, dan lain-lain walaupun demikian sekarang telah bertolak ke kerajinan tembaga untuk keperluan ornamen masjid, kantor, dan lainnya.





Seni ukir tembaga dan kuningan di desa Tumang, Cepogo-Jawa Tengah, sekarang, mulai menggeliat dg naiknya orderan, baik orderan daerah atau manca negara. Kerja kerajinan ukir kuningan semakin berkembang pesat. Banyak orderan datang dari berbagai daerah di Negara Kita dan luar negeri. Pesanan kerajinan tembaga bertambah sangat signifikan ini karena oleh banyak variabel, contohnya merupakan hadirnya teknologi website. Dg hadirnya teknologi website maka ingin memudahkan para ahli kerajinan kuningan untuk mengiklankan produknya ke semua daerah dan banyak negara. Teknologi website begitu memudahkan para ahli kerajinan kuningan. Salah satu ahli kerajinan kuningan yg tertolong merupakan AA Gallery. Masa Ini AA Gallery dpt mengiklankan produk kerajinan tembaga ke tangerang selatan. Tak sekedar tsb saja, AA Gallery jg mengiklankan produk kerajinan tembaga ke salatiga.


Contoh Seni Logam merupakan robyong, relief, bowl, lampu dinding, lampu meja, logo, ornamen masjid, bak mandi, dan lain-lain. Pembeli jg dpt mengorder kerajinan sesuai dg seleranya. Mereka bisa memiliki desain sendiri selanjutnya AA Gallery yg meujudkannya.


Mgkn sahaja banyak yg bertanya-tanya harga kerajinan kuningan tsb. Harga kerajinan begitu beraneka ragam walaupun demikian AA Gallery ingin berusaha memberikan harga yg pas. Harga kerajinan ditentukan oleh banyak variabel. Antara lain ini merupakan banyak variabel yg memengaruhi harga kerajinan tembaga : mutu bahan kerajinan, ukuran kerajinan tembaga ( semakin besar ukuran kerajinan tembaga tentunya harganya semakin tinggi karena bahan yg dipakai bertambah banyak, demikian juga sebaliknya semakin kecil tentunya harganya juga murah karena bahan yg dipakai juga sedikit), tingkat kesulitan produksi ( semakin rumit maka semakin tinggi harganya, demikian juga sebaliknya semakin gampang, harganya jg menjadi murah), jumlah pembelian ( semakin banyak orderan tentunya juga murah), untuk orderan dari daerah lain di luar Tumang tentunya auto dikenai ongkir.

Permasalahan para perajin kerajinan kuningan tdk sedikit. Kondisi ekonomi yg tdk stabil dpt mempengaruhi banyaknya orderan. Harga bahan jg mempengaruhi harga kerajinan kuningan. Jika harga lempengan kuningan mahal maka harga kerajinan kuningan jg mahal. Problem lainnya, perajin Cepogo-Jawa Tengah masih pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga ingin berdampak pada harga kerajinan tembaga. Akan Tetapi selama konsumen dpt meraih harga yg telah diputuskan pengrajin tembaga maka perajin tembaga dpt eksis walau minim untung. Oleh karena tsb, ahli kerajinan tembaga terus-menerus menginginkan kondisi ekonomi terus-menerus stabil shngg tdk mengganggu kerja kerja kerajinan kuningan.

Sebagai ahli kerajinan kuningan diwajibkan inovatif dan diwajibkan memantau selera prospek. Sekarang ini AA Gallery tdk sekedar meraih orderan kerajinan kuningan yg dibutuhkan untuk keperluan asesoris kantor namun telah merambah pada pengerjaan kubah masjid. Berhubung kubah masjid biasanya berukuran besar maka nilai projek kubah masjid jg dapat dikatakan besar. Tentang hiasan kubah dpt menyesuaikan keinginan konsumen.

Pada Ferbuari 2018 yg lalu, Islamic Center Padang Panjang telah diresmikan. Salah satu hal yg menyenangkan merupakan AA Gallery meraih kepercayaan untuk membuat dan memasang kubah masjid tembaga untuk Masjid di Padang Panjang tsb. Kubah masjid tembaga yg AA Gallery kerjakan tdk sekedar satu saja akan tetapi banyak.

Islamic Center di Padang Panjang tsb telah diresmikan oleh Bapak Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia masa itu. Sejak diresmikannya Islamic Center di Padang Panjang tsb maka selanjutnya mjd sentra kegiatan dan ibadah umat Islam di Padang Panjang. Masjid tsb mjd kebanggaan bagi khalayak Sumatera Barat.

Sesudah memiliki pengalaman sejak tahun 1990-an, sekarang AA Gallery meningkat percaya diri untuk meraih orderan kerajinan tembaga dari ternate. Bermodalkan pengalaman berpuluh tahun tahun menghasilkan kerajinan kuningan, AA Gallery semakin paham metode guna membuat kerajinan kuningan yg bermutu dan cocok yg diharapkan oleh semua konsumen. Berhubungan dengan harga, AA Gallery berprinsip meski untung sedikit yg penting konsumen terpuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar