Jumat, 03 Januari 2020

Ahli Seni Logam Kuningan Melayani Pelanggan Kota Jayapura

Ahli Seni Logam Kuningan Melayani Pelanggan Kota Jayapura . Kampung Tumang, Jawa Tengah berada di antara kaki gunung Merapi dan Merbabu yang banyak dikenal itu. Kampung tsb dikenal sbg sentra industri seni ukir tembaga. Seni tempa kerajinan berbahan logam telah menyatu pd masyarakat Tumang, Jawa Tengah. Beberapa saudara Cepogo-Boyolali membangun kerja rumahan kerajinan logam untuk dijual ke bermacam pasar. Keahlian mengukir logam didapatkan secara turun-temurun dari kakek-neneknya. Tidak sedikit yang menceritakan bahwa masyarakat Tumang mengawali kerja kerajinannya dengan sekedar menghasilkan alat kebutuhan rumah tangga contohnya dandang, wajan, baskom, & lainnya walau demikian kini telah mengubah haluan ke kerajinan logam untuk keperluan ornamen hotel, kantor, & lain.





Seni ukir tembaga & kuningan di kampung Tumang, Jawa Tengah, sekarang ini, mulai menarik dengan naiknya jumlah pesanan, baik pesanan nasional dan juga internasional. Usaha kerajinan ukir tembaga tetap berkembang pesat. Banyak pesanan berdatangan dari bermacam wilayah di Negara Tercinta & luar negeri. Permintaan kerajinan kuningan mengalami penambahan cukup signifikan ini disebabkan oleh banyak parameter, diantaranya yaitu hadirnya teknologi website. Dgn hadirnya teknologi website maka ingin membantu para produsen kerajinan logam untuk mempromosikan kerajinan tembaganya ke semua wilayah & banyak negara. Teknologi website membantu para produsen kerajinan logam. Salah satu produsen kerajinan logam yang terbantu yaitu AA Gallery. Sekarang AA Gallery dapat mempromosikan produk kerajinan kuningan ke bima. Tdk sekedar itu saja, AA Gallery juga mempromosikan produk kerajinan tembaga ke dumai.


Contoh Seni Tembaga yaitu kerajinan kaligrafi, lampu gantung, kerajinan relief, bowl, lampu dinding, logo, kubah masjid, bak mandi, & lain-lain. Pembeli juga dapat memesan kerajinan logam tembaga sesuai dengan keinginannya. Mereka dpt punya desain sendiri lalu AA Gallery yang mengerjakannya.


Mungkin sahaja banyak yang menanyakan harga kerajinan logam itu. Harga kerajinan logam tembaga bermacam-macam walau demikian AA Gallery ingin berusaha menawarkan harga yang menarik. Harga kerajinan logam tembaga disebabkan oleh banyak parameter. Antara lain ini yaitu banyak parameter yang mempengaruhi harga kerajinan tembaga : kualiti bahan baku kerajinan, size kerajinan tembaga ( bertambah besar size kerajinan tembaga tentu harganya bertambah tinggi disebabkan bahan baku yang digunakan semakin banyak, demikian sebaliknya bertambah mungil tentu harganya semakin murah disebabkan bahan yang digunakan semakin sedikit), tingkat kerumitan pembuatan ( bertambah rumit maka bertambah tinggi harganya, demikian sebaliknya bertambah tak sulit, harganya juga menjadi murah), jumlah pembelian ( bertambah banyak pesanan tentu juga murah), untuk pesanan dari wilayah lain tentu akan dikenai ongkir.

Permasalahan para ahli kerajinan logam tak sedikit. Kondisi ekonomi yang tak stabil dapat memengaruhi jumlah pesanan. Harga bahan baku juga memengaruhi harga kerajinan logam. Ketika harga lempengan logam mahal maka harga kerajinan logam jg mahal. Problem lain, ahli Jateng masih pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga ingin berdampak pada harga kerajinan tembaga. Namun selama pelanggan dapat meraih harga yang telah ditetapkan pengrajin tembaga maka ahli tembaga dapat eksis walaupun minim untung. Oleh disebabkan itu, pengrajin kerajinan tembaga selalu ingin kondisi ekonomi selalu stabil jadi tak mengganggu kerja kerja kerajinan logam.

Sebagai pengrajin kerajinan logam diwajibkan kreatif & diwajibkan menyesuaikan selera masyarakat. Masa ini AA Gallery tak sekedar meraih pesanan kerajinan logam yang dibutuhkan untuk keperluan dekorasi rumah tetapi telah merambah pd projek kubah masjid. Berhubung kubah masjid pada umumnya ukurannya besar maka nilai projek kubah masjid juga terbilang besar. Berhubungan dengan desain kubah dapat menyesuaikan keinginan pelanggan.

Pada Ferbuari 2018 yang lalu, Islamic Center Padang Panjang telah diresmikan. Salah satu hal yang keren yaitu AA Gallery meraih kepercayaan untuk menghasilkan & memasang kubah masjid tembaga pada Masjid di Islamic Center itu. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery kerjakan tak sekedar satu sahaja akan tetapi begitu banyak.

Islamic Center Padang Panjang itu telah diresmikan oleh Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia masa itu. Sejak dibukanya Islamic Center Padang Panjang itu maka selanjutnya mjd sentra kegiatan & ibadah umat Islam di Sumatera Barat. Masjid itu mjd kebanggaan bagi khalayak Padang Panjang.

Setelah berpengalaman semenjak th 1990-an, kini AA Gallery bertambah percaya diri untuk meraih pesanan kerajinan tembaga dari binjai. Berbekal pengalaman puluhan th berkarya kerajinan logam, AA Gallery bertambah mengerti cara untuk menghasilkan kerajinan logam yang bermutu & cocok yang diharapkan oleh semua pelanggan. Berkaitan dengan harga, AA Gallery berprinsip walaupun untung sedikit yang penting pelanggan puas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar