Jumat, 03 Januari 2020

Pengusaha Seni Ukir Logam Tembaga Melayani Pelanggan Kabupaten Seruyan

Pengusaha Seni Ukir Logam Tembaga Melayani Pelanggan Kabupaten Seruyan . Perkampungan Tumang, Cepogo-Jawa Tengah berlokasi diapit kaki gunung Merapi & Merbabu yg terkenal itu. Perkampungan tsb diketahui sbg sentra pengusaha seni ukir tembaga. Seni ukir kerajinan berbahan logam tembaga telah menyatu pada khalayak Tumang, Cepogo-Jawa Tengah. Banyak saudara Boyolali-Jawa Tengah membangun usaha rumahan kerajinan tembaga buat dijual ke bermacam pasar. Skill mengolah tembaga diwarisi secara turun-temurun dari sesepuhnya. Banyak yg menjelaskan bahwa khalayak Tumang memulai usaha kerajinannya dengan hanya menghasilkan alat kebutuhan rumah tangga diantaranya dandang, wajan, ceret, dan lainnya walau demikian sekarang telah bertolak ke kerajinan logam tembaga buat kebutuhan asesoris restoran, gedung, dan lain.





Kerajinan ukir tembaga dan kuningan di kampung Tumang, Cepogo-Jawa Tengah, kini, mulai bergairah dengan naiknya jumlah pesanan, baik pesanan daerah ataupun internasional. Bisnis kerajinan ukir tembaga selalu tumbuh cepat. Banyak pesanan berdatangan dari bermacam wilayah di Republik Indonesia dan luar negeri. Permintaan kerajinan logam tembaga meningkat sangat signifikan ini sebab oleh banyak parameter, contohnya adalah adanya teknologi internet. Dgn adanya teknologi website maka akan membantu para ahli kerajinan tembaga buat menawarkan kerajinan tembaganya ke seluruh wilayah dan manca negara. Teknologi website amat membantu para ahli kerajinan tembaga. Salah satu ahli kerajinan tembaga yg terbantu adalah AA Gallery. Saat ini AA Gallery bisa menawarkan produk kerajinan tembaga ke palangkaraya. Tdk hanya itu saja, AA Gallery jg menawarkan produk kerajinan tembaga ke padang.


Contoh Kerajinan Kuningan adalah robyong, kerajinan relief, bowl, lampu dinding, lampu meja, logo, ornamen masjid, air mancur, dan lainnya. Customer jg bisa memesan kerajinan sesuai dengan kemauannya. Mereka dapat memiliki design sendiri AA Gallery yg membuatnya.


Mungkin sahaja banyak yg ingin tahu harga kerajinan logam tembaga itu. Harga kerajinan amat bervariasi walau demikian AA Gallery akan berusaha memberikan harga yg sesuai. Harga kerajinan ditentukan oleh banyak parameter. Diantaranya sbb ini adalah lebih dari satu parameter yg mempengaruhi harga kerajinan tembaga : kualitas bahan kerajinan, besaran kerajinan tembaga ( bertambah besar besaran kerajinan tembaga semestinya harganya bertambah tinggi sebab bahan yg dimanfaatkan juga banyak, demikian jg sebaliknya bertambah kecil semestinya harganya juga murah sebab bahan yg dimanfaatkan juga sedikit), level kerumitan pembuatan ( bertambah rumit maka bertambah tinggi harganya, demikian jg sebaliknya bertambah mudah, harganya jg semakin murah), jumlah pembelian ( bertambah banyak pesanan semestinya juga murah), untuk pesanan dari wilayah lainnya semestinya secara otomatis dikenai ongkir.

Permasalahan para produsen kerajinan logam tembaga tdk sedikit. Stabilitas ekonomi yg tdk stabil bisa mempengaruhi banyaknya pesanan. Harga bahan jg mempengaruhi harga kerajinan logam tembaga. Kalau harga lempengan tembaga mahal maka harga kerajinan logam tembaga juga mahal. Problem lain, produsen Boyolali-Jawa Tengah masih tergantung pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga akan berdampak pada harga kerajinan tembaga. Tetapi selama customer bisa memperoleh harga yg telah ditetapkan pengrajin tembaga maka produsen tembaga bisa eksis walaupun demikian minim untung. Oleh sebab itu, pebisnis kerajinan tembaga kontinyu ingin kondisi ekonomi kontinyu stabil sehingga tdk mengganggu usaha usaha kerajinan logam tembaga.

Sebagai pebisnis kerajinan logam tembaga wajib inovatif dan wajib menyesuaikan selera konsumen. Kini AA Gallery tdk hanya memperoleh pesanan kerajinan logam tembaga yg dibutuhkan buat kebutuhan interior kantor tetapi telah bertambah pada projek kubah masjid. Sehubungan kubah masjid biasanya ukurannya besar maka harga kubah masjid jg bernilai besar. Berhubungan dengan hiasan kubah bisa menyesuaikan kemauan customer.

Pd Ferbuari 2018 yg lalu, Islamic Center Padang Panjang telah diresmikan. Salah satu hal yg menarik adalah AA Gallery memperoleh kepercayaan buat menghasilkan dan memasang kubah masjid tembaga pada Masjid di Islamic Center itu. Kubah masjid tembaga yg AA Gallery produksi tdk hanya satu sahaja melainkan banyak.

Islamic Center Padang Panjang itu telah dibuka secara resmi oleh ketua MPR Indonesia masa itu. Sejak diresmikannya Islamic Center Padang Panjang itu maka selanjutnya mjd sentra aktivitas dan ibadah umat Islam di Sumatera Barat. Masjid itu mjd kebanggaan bagi khalayak Sumatera Barat.

Sesudah berpengalaman sejak th 1990-an, sekarang AA Gallery meningkat percaya diri untuk memperoleh pesanan kerajinan kuningan dari tual. Dengan bekal pengalaman berpuluh tahun th berkarya kerajinan logam, AA Gallery bertambah mengetahui cara untuk menghasilkan kerajinan logam yg bermutu dan sesuai yg diharapkan oleh seluruh customer. Mengenai harga, AA Gallery berprinsip meski laba sedikit yg urgen customer puas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar