Jumat, 03 Januari 2020

Perajin Seni Tembaga Melayani Konsumen Kabupaten Dharmasraya

Perajin Seni Tembaga Melayani Konsumen Kabupaten Dharmasraya . Desa Tumang, Jateng lokasinya di antara kaki gunung Merapi & Merbabu yang termahsyur . Desa Tumang tersebut dikenal sebagai pusat bisnis kerajinan tembaga. Seni ukir kerajinan berbahan logam kuningan sudah mendarah daging pada khalayak Tumang, Jateng. Lebih dari satu saudara Jawa Tengah mendirikan usaha di rumah kerajinan kuningan untuk dijual ke banyak pasar. Keahlian mengolah kuningan didapati secara turun-temurun dari orang tuanya. Banyak yang menceritakan bahwa khalayak Tumang mengawali usaha kerajinannya dg sekadar membuat alat keperluan rumah tangga diantaranya alat menanak nasi, panci, alat merebus air, dan lain-lain walau demikian sekarang ini sudah beralih ke kerajinan logam kuningan untuk keperluan eksterior cafe, kantor, dan lainnya.





Seni ukir tembaga dan kuningan di desa Tumang, Jateng, baru-baru ini, mulai bergairah dg meningkatnya pesanan, baik pesanan daerah maupun luar negeri. Kerja kerajinan ukir tembaga terus tumbuh tak terelakan. Banyak pesanan datang dari banyak wilayah di Negara Tercinta dan manca negara. Permintaan kerajinan tembaga mengalami penambahan sangat signifikan ini karena oleh banyak parameter, contohnya yakni adanya teknologi dunia maya. Dengan adanya teknologi internet maka ingin memudahkan para pengrajin kerajinan kuningan untuk mengenalkan produknya ke seluruh wilayah dan manca negara. Teknologi internet begitu memudahkan para pengrajin kerajinan kuningan. Salah satu pengrajin kerajinan kuningan yang terbantu yakni AA Gallery. Sekarang ini AA Gallery bisa mengenalkan produk kerajinan kuningan ke bandung. Nggak sekadar itu saja, AA Gallery jg mengenalkan produk kerajinan tembaga ke jayapura.


Contoh Seni Tembaga yakni robyong, relief, bowl, lampu dinding, lampu meja, logo, ornamen masjid, bak mandi, dan lain-lain. Konsumen jg bisa memesan kerajinan sesuai dg kemauannya. Mereka bisa mempunyai rancangan sendiri lalu AA Gallery yang memproduksinya.


Mungkin sahaja banyak yang menanyakan harga kerajinan logam kuningan itu. Harga kerajinan begitu bervariasi walau demikian AA Gallery ingin berupaya memberikan harga yang sesuai. Harga kerajinan disebabkan oleh banyak parameter. Diantaranya sebagai berikut ini yakni lebih dari satu parameter yang menyebabkan harga kerajinan tembaga : kualiti bahan baku kerajinan, besaran kerajinan tembaga ( semakin besar besaran kerajinan tembaga sudah sewajarnya harganya semakin tinggi karena bahan baku yang digunakan juga banyak, demikian jg sebaliknya semakin mini sudah sewajarnya harganya jg murah karena bahan yang digunakan jg sedikit), tingkat kesulitan pembuatan ( semakin sulit maka semakin tinggi harganya, demikian jg sebaliknya semakin tidak sulit, harga jg juga murah), kuantitas ( semakin banyak pesanan sudah sewajarnya juga murah), untuk pesanan dari wilayah lainnya di luar Tumang sudah sewajarnya secara otomatis dikenai ongkir.

Problem para ahli kerajinan logam kuningan tidak sedikit. Stabilitas ekonomi yang tidak stabil bisa memengaruhi jumlah pesanan. Harga bahan baku jg memengaruhi harga kerajinan logam kuningan. Jika harga lempengan kuningan naik maka harga kerajinan logam kuningan juga naik. Permasalahan lainnya, ahli Jateng masih tergantung pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga ingin berdampak pada harga kerajinan tembaga. Walaupun Demikian selama pelanggan bisa mendapatkan harga yang sudah ditetapkan pengrajin tembaga maka ahli tembaga bisa eksis meskipun minim untung. Oleh karena itu, ahli kerajinan tembaga tetap bermimpi kondisi ekonomi tetap stabil jadi tidak mengganggu usaha usaha kerajinan logam kuningan.

Sebagai ahli kerajinan logam kuningan diharuskan kreatif dan diharuskan menyesuaikan keinginan prospek. Kini AA Gallery tidak sekadar mendapatkan pesanan kerajinan logam kuningan yang dibutuhkan untuk keperluan eksterior kantor namun sudah bertambah pada proyek kubah masjid. Sehubungan kubah masjid biasanya ukurannya besar maka harga kubah masjid jg terbilang besar. Mengenai ukiran kubah bisa menyesuaikan kemauan pelanggan.

Pada Ferbuari 2018 yang lalu, Islamic Center Padang Panjang sudah diresmikan. Salah satu hal yang menarik yakni AA Gallery mendapatkan kepercayaan untuk membuat dan memasang kubah masjid tembaga pd Masjid di Islamic Center itu. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery buat tidak sekadar satu saja tapi sangat banyak.

Islamic Center itu sudah diresmikan oleh Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia saat itu. Semenjak dibukanya Islamic Center itu maka kemudian mjd pusat kegiatan dan ibadah umat Islam di Padang Panjang. Masjid itu mjd kebanggaan bagi khalayak Sumatera Barat.

Setelah berpengalaman sejak tahun 1990-an, sekarang ini AA Gallery semakin percaya diri untuk mendapatkan pesanan kerajinan kuningan dari tangerang. Dengan bekal pengalaman puluhan tahun memproduksi seni tembaga, AA Gallery semakin paham teknik guna membuat seni tembaga yang berkualitas dan sesuai yang diinginkan oleh semua pelanggan. Berkaitan dengan harga, AA Gallery berprinsip meski laba sedikit yang penting pelanggan terpuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar