Jumat, 03 Januari 2020

Industri Seni Tembaga Melayani Prospek Kabupaten Siak

Industri Seni Tembaga Melayani Prospek Kabupaten Siak . Kampung Tumang, Jateng berada di antara lereng gunung Merapi and Merbabu yang terkenal itu. Kampung tsb diketahui sebagai sentra industri seni tembaga. Seni ukir kerajinan berbahan logam sudah mendarah daging pd publik Tumang, Jateng. Beberapa keluarga Boyolali mendirikan kerja di rumah kerajinan logam untuk dipasarkan ke berbagai konsumen. Skill menempa logam didapati secara turun-temurun dari kakek-neneknya. Banyak yang menyampaikan bahwa publik Tumang mengawali kerja kerajinannya dg hanya membuat alat kebutuhan rumah tangga misalnya dandang, wajan, ceret, dan lain-lain namun sekarang ini sudah berganti ke kerajinan logam untuk keperluan asesoris cafe, kantor, dan lain-lain.





Kerajinan ukir tembaga dan kuningan di kampung Tumang, Jateng, sekarang, mulai memberi harapan dg meningkatnya jumlah pesanan, baik pesanan lokal maupun manca negara. Usaha kerajinan ukir tembaga terus berkembang tak terkendali. Banyak pesanan datang dari berbagai wilayah di Negara Kita dan manca negara. Pesanan kerajinan logam mengalami penambahan begitu signifikan ini sebab oleh banyak parameter, diantaranya adalah adanya teknologi dunia maya. Dengan adanya teknologi website maka ingin membantu para perajin kerajinan logam untuk mempromosikan produknya ke seluruh wilayah dan manca negara. Teknologi website amat membantu para perajin kerajinan logam. Salah satu perajin kerajinan logam yang terbantu adalah AA Gallery. Sekarang ini AA Gallery dpt mempromosikan produk kerajinan tembaga ke surabaya. Tidak hanya tersebut saja, AA Gallery jg mempromosikan produk kerajinan tembaga ke palu.


Contoh Kerajinan Tembaga adalah kerajinan kaligrafi, lampu gantung, kerajinan relief, bowl, lampu dinding, logo, ornamen masjid, air mancur, dan lainnya. Konsumen jg dpt memesan kerajinan logam sesuai dg keinginannya. Mereka dapat mempunyai design pribadi setelah itu AA Gallery yang memproduksinya.


Mungkin banyak yang ingin tahu harga kerajinan logam kuningan tersebut. Harga kerajinan logam amat beragam namun AA Gallery ingin berusaha memberikan harga yang menarik. Harga kerajinan logam dipengaruhi oleh banyak parameter. Diantaranya sebagai berikut ini adalah banyak parameter yang menyebabkan harga kerajinan tembaga : kualitas bahan kerajinan, ukuran kerajinan tembaga ( bertambah besar ukuran kerajinan tembaga tentu saja harganya bertambah mahal sebab bahan baku yang dipakai juga banyak, demikian sebaliknya bertambah mungil tentu saja harganya semakin murah sebab bahan yang dipakai semakin sedikit), tingkat kerumitan pembuatan ( bertambah sulit maka bertambah mahal harganya, demikian sebaliknya bertambah mudah, harganya jg menjadi murah), jumlah pembelian ( bertambah banyak pesanan tentu saja juga murah), jika pesanan dari wilayah lainnya di luar Tumang tentu saja auto ditambah biaya kirim.

Problem para perajin kerajinan logam kuningan tak sedikit. Stabilitas ekonomi yang tak stabil dpt memengaruhi jumlah pesanan. Harga bahan baku jg memengaruhi harga kerajinan logam kuningan. Jika harga lempengan logam naik maka harga kerajinan logam kuningan juga naik. Problem lain-lain, perajin Jawa Tengah masih tergantung pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga ingin berdampak pada harga kerajinan tembaga. Namun selama pelanggan dpt mendapatkan harga yang sudah diambil pengrajin tembaga maka perajin tembaga dpt eksis walaupun demikian minim untung. Oleh sebab tersebut, produsen kerajinan tembaga tetap berdoa stabilitas ekonomi tetap stabil shngg tak mengganggu kerja kerja kerajinan logam kuningan.

Sebagai produsen kerajinan logam kuningan diharuskan kreatif dan diharuskan menyesuaikan permintaan masyarakat. Sekarang ini AA Gallery tak hanya mendapatkan pesanan kerajinan logam kuningan yang dibutuhkan untuk keperluan asesoris kantor tetapi sudah bertambah pd pembuatan kubah masjid. Berhubung kubah masjid biasanya ukurannya besar maka nilai proyek kubah masjid jg dapat dikatakan besar. Berkaitan dengan desain kubah dpt mengikuti kemauan pelanggan.

Pd bulan Ferbuari 2018 yang lampau, Islamic Center Padang Panjang sudah diresmikan. Salah satu hal yang menyenangkan adalah AA Gallery mendapatkan kepercayaan untuk membuat dan memasang kubah masjid tembaga pd Masjid di Islamic Center tersebut. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery produksi tak hanya satu saja melainkan banyak.

Islamic Center Padang Panjang tersebut sudah dibuka secara resmi oleh Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia masa itu. Sejak dibukanya Islamic Center Padang Panjang tersebut maka kemudian mjd sentra aktivitas dan ibadah bagi umat Islam di Sumatera Barat. Masjid tersebut mjd kebanggaan bagi warga Padang Panjang.

Sesudah berpengalaman sejak tahun 1990-an, sekarang ini AA Gallery semakin percaya diri untuk mendapatkan pesanan kerajinan kuningan dari bogor. Dengan modal pengalaman puluhan tahun berkarya kerajinan logam, AA Gallery bertambah mengerti teknik untuk membuat kerajinan logam yang ber-quality dan sesuai yang diharapkan oleh semua pelanggan. Berhubungan dengan harga, AA Gallery berprinsip tidak masalah laba sedikit yang urgen pelanggan terpuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar