Jumat, 03 Januari 2020

Bisnis Seni Ukir Tembaga Melayani Prospek Kabupaten Kendal

Bisnis Seni Ukir Tembaga Melayani Prospek Kabupaten Kendal . Perkampungan Tumang, Boyolali-Jateng berlokasi diapit kaki pegunungan Merapi dan Merbabu yang termahsyur itu. Perkampungan tersebut dikenal sebagai sentra perajin seni kuningan. Keindahan ukir kerajinan berbahan logam tembaga telah menyatu pd orang Tumang, Boyolali-Jateng. Beberapa keluarga Boyolali-Jateng membangun kerja rumahan kerajinan logam buat ditawarkan ke banyak konsumen. Ketrampilan menempa logam didapati secara turun-temurun dari nenek moyangnya. Tidak sedikit yang menyampaikan bahwa orang Tumang mengawali kerja kerajinannya dg hanya memproduksi alat keperluan rumah tangga misalnya dandang, wajan, baskom, and lainnya akan tetapi kini telah bertolak ke kerajinan logam tembaga buat kebutuhan eksterior hotel, gedung, and lainnya.





Kerajinan ukir tembaga and kuningan di perkampungan Tumang, Boyolali-Jateng, sekarang, mulai menggeliat dg naiknya pesanan, baik pesanan lokal ataupun internasional. Usaha kerajinan ukir kuningan terus berkembang tak terkendali. Banyak pesanan datang dari banyak daerah di Negeri Kita and manca negara. Orderan kerajinan logam kuningan semakin begitu signifikan ini sebab oleh banyak faktor, diantaranya adalah hadirnya teknologi dunia maya. Dg hadirnya teknologi internet maka akan menolong para industri kerajinan logam buat mengenalkan produknya ke semua daerah and berbagai negara. Teknologi internet begitu menolong para industri kerajinan logam. Salah satu industri kerajinan logam yang tertolong adalah AA Gallery. Masa Ini AA Gallery dapat mengenalkan produk kerajinan tembaga ke pagaralam. Tak hanya tsb saja, AA Gallery juga mengenalkan produk kerajinan tembaga ke sabang.


Contoh Kerajinan Logam adalah kerajinan kaligrafi, robyong, kerajinan relief, lampu stand, lampu dinding, ornamen masjid, bak mandi, and lain-lain. Pembeli juga dapat memesan kerajinan kuningan sesuai dg kemauannya. Mereka dapat memiliki design pribadi kemudian AA Gallery yang memproduksinya.


Mgkn saja banyak yang menanyakan harga kerajinan kuningan tsb. Harga kerajinan kuningan begitu bervariasi akan tetapi AA Gallery akan berusaha menawarkan harga yang sesuai. Harga kerajinan kuningan disebabkan oleh banyak faktor. Berikut ini ini adalah beberapa faktor yang mempengaruhi harga kerajinan tembaga : kualiti bahan kerajinan, size kerajinan tembaga ( bertambah besar size kerajinan tembaga semestinya harganya bertambah tinggi sebab bahan yang dimanfaatkan bertambah banyak, demikian sebaliknya bertambah mungil semestinya harganya semakin murah sebab bahan yang dimanfaatkan semakin sedikit), level kesulitan produksi ( bertambah sulit maka bertambah tinggi harganya, demikian sebaliknya bertambah tak sulit, harganya juga menjadi murah), kuantitas ( bertambah banyak pesanan semestinya semakin murah), jika pesanan dari daerah lain di luar Tumang semestinya otomatis ditambah biaya kirim.

Problem para pengusaha kerajinan kuningan tidak sedikit. Kondisi ekonomi yang tidak stabil dapat memengaruhi jumlah pesanan. Harga bahan juga memengaruhi harga kerajinan kuningan. Ketika harga lempengan logam mahal maka harga kerajinan kuningan juga mahal. Permasalahan lainnya, pengusaha Cepogo masih pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga akan berdampak pada harga kerajinan tembaga. Namun selama pelanggan dapat mendapat harga yang telah ditentukan pengrajin tembaga maka pengusaha tembaga dapat eksis meski minim untung. Oleh sebab tsb, pebisnis kerajinan tembaga terus-menerus berharap stabilitas ekonomi terus-menerus stabil sehingga tidak mengganggu kerja kerja kerajinan kuningan.

Sebagai pebisnis kerajinan kuningan harus kreatif and harus memantau selera konsumen. Masa ini AA Gallery tidak hanya mendapat pesanan kerajinan kuningan yang dibutuhkan buat kebutuhan interior rumah tetapi telah merambah pd produksi kubah masjid. Mengingat kubah masjid pada umumnya berukuran besar maka nilai projek kubah masjid juga terbilang besar. Tentang ukiran kubah dapat menyesuaikan keinginan pelanggan.

Pd bulan Ferbuari 2018 yang lalu, Islamic Center Padang Panjang telah dibuka. Salah satu hal yang menyenangkan adalah AA Gallery mendapat kepercayaan buat memproduksi and memasang kubah masjid tembaga pd Masjid di Padang Panjang tsb. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery buat tidak hanya satu sahaja akan tetapi begitu banyak.

Islamic Center Padang Panjang tsb telah diresmikan oleh ketua MPR Indonesia pada waktu itu. Semenjak diresmikannya Islamic Center Padang Panjang tsb maka selanjutnya menjadi sentra aktivitas and ibadah buat umat Islam di Sumatera Barat. Masjid tsb menjadi kebanggaan bagi khalayak Sumatera Barat.

Sesudah memiliki pengalaman semenjak thn 1990-an, kini AA Gallery bertambah percaya diri untuk mendapat pesanan kerajinan tembaga dari sukabumi. Berbekal pengalaman berpuluh tahun thn membuat seni kuningan, AA Gallery bertambah mengetahui cara guna memproduksi seni kuningan yang berkualiti and cocok yang diharapkan oleh semua pelanggan. Mengenai harga, AA Gallery berprinsip walau laba sedikit yang penting pelanggan puas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar